Eksistensi Honda Jazz Dengan Karya Dan Prestasi

Komitmen Menjaga Kualitas

Rabu, 27/02/2013

Jakarta – Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia 9 tahun lalu, tepatnya pada 19 Februari 2004. Kehadiran Honda Jazz langsung mendapatkan sambutan hangat dari konsumen, khususnya anak muda karena Honda Jazz sebagai kendaraan jenis hatchback atau sedan buntung telah memberikan inspirasi sebagai kendaraan yang sporty.

Tidak hanya itu, desain Honda Jazz juga mengakomodir karakter anak muda yang energik, dinamis, smart, inovatif, trendy dan sporty yang diwujudkan performance dengan kabin luas, nyaman dan fleksibel, bertenaga, hemat bahan bakar sekaligus menghasilkan emisi bersih dengan standar EURO-4 compliance dan kecanggihan fitur keselamatan dalam berkendara.

Presiden Director PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida mengatakan, kehadiran Honda Jazz di Indonesia di tahun 2004 telah memicu tren baru untuk sebuah mobil hatchback di pasar otomotif secara nasional, “Diperkenalkan sebagai sebuah mobil compact yang sporty, bertenaga dan hemat bahan bakar, Honda Jazz langsung diterima sangat baik oleh kosumen di Indonesia dari tahun ke tahun dan berhasil menjadi pemimpin pasar di kelasnya, “katanya.

Tercatat sudah 198 ribu konsumen Indonesia telah menyatakan puas dengan kehadiran Honda Jazz sejak kali pertama di luncurkan. Kepuasan pelanggan juga menggambarkan penjualannya yang tiap tahun selalu meningkat, dimana saat ini telah mencapai 198 ribu unit di seluruh Indonesia.

Angka penjualan tersebut, sekaligus membuat sejarah sebagai model hatchback dengan penjualan yang tertinggi di Tanah Air. Besarnya minat masyarakat terhadap Honda Jazz, HPM menyakini tahun 2013 ini penjualan akan menembus 200 ribu unit. Dimana penjualan di Indonesia melengkapi pencapaian Honda Jazz di seluruh dunia yang secara total telah meraih penjualan lebih dari 4 juta unit.

Berbekal pengalaman dalam memahami konsumen dengan segmen anak muda, PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai pemegang merek dan produsen kendaraan Honda Jazz terus melakukan inovasi tidak henti untuk memberikan kepuasan pelanggan dan menggali potensi pasar yang ada. Alhasil, berkat komitmennya menjad kepercayaan konsymen dan kualitas yang terbaik. Honda Jazz telah menguasai pangsa pasar kendaraan hatchback di dalam negeri mencapai 45% atau sebanyak 2.337 unit dari total penjualan Honda selama Januari 2013 sebanyak 5.746 unit.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonenesia (Gaikindo) menyebutkan penjualan Honda Jazz melampaui penjualan kendaraan sekelasnya, seperti Toyota Yaris sebanyak 1.529 unit, Suzuki Swift 343 unit, All New Rio 238 unit, Ford Fiesta 234 unit dan New Aveo 182 unit. Kesuksesan penjualan Honda Jazz, telah menjadi tulang punggung produk Honda dan juga menjadi kebanggaan karena merupakan model kendaraan hatchback yang diproduksi di Indonesia.

Menjadi Terdepan

Direktur Marketing and After Sales Service PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, Honda Jazz telah memantapkan posisinya sebagai yang terdepan di kelas hatchback dalam performa, fitur yang inovatif, hingga utilitas yang tinggi dan sekaligus membedakannya dengan model dari merek lain dalam kelas yang sama, sehingga selalu menjadi pilihan utama konsumen, “Dari generasi ke generasi, kami tidak kenal kompromi dalam hal mempertahankan standar kualitas dan inovasi yang dihadirkan pada Honda Jazz, termasuk model baru New Honda Jazz,”tegasnya.

Menurutnya, para konsumen Honda Jazz layak mendapatkan kendaraan hatchback yang terbaik dan tidak mengenal kompromi untuk bicara kualitas. Asal tahu saja, eksistensi Honda Jazz hingga saat ini, tidak bisa lepas dari inovasi yang dilakukannya dari waktu ke waktu. Antara lain pada tahun 2004, produk Jazz hadir dengan mesin tipe i-DSI dengan mesin berkapasitas 1,5 liter yang hemat bahan bakar. Kemudian mesin VTEC yang lebih bertenaga namun juga hemat bahan bakar diperkenalkan pada 23 Juni 2005. Setelah itu, Jazz memperkenalkan edisi spesial Jazz “Rocks” pada tahun 2006 dengan fitur audio lebih lengkap dan yang pertama di kelasnya menggunakan koneksi USB.

Honda Jazz generasi kedua diluncurkan pada tahun 2008 dengan tampilan serba baru serta dilengkapi fitur terbaru dan terdepan di kelasnya. Terakhir, Januari 2013 lalu, Honda sekali lagi melakukan inovasi produknya dengan menampilkan New Honda Jazz yang menawarkan “Triple Value” melalui tiga varian yang terdiri dari tipe RS yang sporty, tipe S yang “advanced” dan sebuah tipe baru yaitu tipe A yang dinamis dan memiliki harga lebih terjangkau.

Segudang Prestasi

Tidak hanya itu, eksistensi Honda Jazz juga dibuktikan dengan segudang prestasi yang ditorehkan, diantaranya menjadi pelopor ajang balap One Make Race di Indonesia lewat Honda Jazz Speed Challenge sejak 2006 hingga sekarang. Melalui ajang balap Honda Jazz Speed Challenge, Honda Jazz menjadi satu-satunya model yang konsisten mengisi kegiatan balap Nasional. Saat ini, Honda Jazz Speed Challenge sudah menjadi salah satu agenda balap Nasional setiap tahunnya yang melahirkan para pembalap muda berbakat.

Selain itu Honda Jazz juga mengikuti Kejuaraan Nasional (Indonesian Super Production) sejak 2006 hingga sekarang. Di ajang ini, Honda Jazz telah menunjukkan dominasinya dengan menjadi juara umum selama tujuh musim berturut-turut di Kejuaraan Nasional (Indonesian Super Production).

Honda Jazz juga banyak digunakan para pembalap independen di ajang balap Slalom dan juga sudah menghasilkan banyak prestasi dari ajang tersebut. Disamping itu, Honda Jazz menjadi mobil yang digemari oleh kaum muda untuk dimodifikasi lewat ajang Honda Jazz Tuning Contest yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2005. Sejak pertama kali diadakan, Honda Jazz Tuning Contest telah diadakan sebanyak 8 kali dengan total jumlah peserta mencapai 763 dari seluruh Indonesia.