Honda Jazz Cicipi Manisnya Pasar Otomotif Indonesia - Eksis Sembilan Tahun

Ketatnya persaingan jenis kendaraan hatchback di tanah air, tidak membuat Honda Jazz lari dari para pencintanya, ini bisa kita lihat di usia ke-9 sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia. Selama rentang waktu tersebut, hatchback andalan dari Honda ini terbukti telah memuaskan 198.000 konsumen di Indonesia dan mencatat berbagai pencapaian istimewa, baik dari sisi penjualan, penghargaan maupun berbagai aktivitas yang telah membuktikan keunggulannya.

“Honda Jazz pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tanggal 19 Februari 2004 dan segera mendapat sambutan yang baik dari konsumen di Indonesia dan langsung menjadi market leader di kelas hatchback di Indonesia,” tuturnya Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM.

Meskipun merupakan salah satu model hatchback yang telah paling lama beredar di Indonesia, penjualan Honda Jazz sampai saat ini masih menunjukkan konsistensi yang sangat baik. Terbukti, model terbaru dari Honda Jazz yang diluncurkan pada tanggal 22 Januari 2013 lalu meraih penjualan 2.337 unit sampai dengan akhir bulan Januari 2013, dan langsung menjadi market leader di kelas hatchback.

Secara total, sejak diluncurkan pada tahun 2004 hingga saat ini Honda Jazz telah mencatat penjualan sekitar 198.000 unit di seluruh Indonesia. Penjualan di Indonesia melengkapi pencapaian Honda Jazz di seluruh dunia, yang secara total telah meraih penjualan lebih dari 4 juta unit.

Semenjak diluncurkan di Indonesia tahun 2004, Honda Jazz terus melakukan inovasi dari waktu ke waktu. Antara lain pada tahun 2004, produk Jazz hadir dengan mesin tipe i-DSI dengan mesin berkapasitas 1,5 liter yang hemat bahan bakar. Kemudian mesin VTEC yang lebih bertenaga namun juga hemat bahan bakar diperkenalkan pada tanggal 23 Juni 2005.

Setelah itu, Jazz memperkenalkan edisi spesial Jazz “Rocks” pada tahun 2006 dengan fitur audio lebih lengkap dan yang pertama di kelasnya menggunakan koneksi USB. Honda Jazz generasi kedua diluncurkan pada tahun 2008 dengan tampilan serba baru serta dilengkapi fitur terbaru dan terdepan di kelasnya.

Terakhir, pada bulan Januari 2013 lalu, Honda sekali lagi melakukan inovasi produknya dengan menampilkan New Honda Jazz yang menawarkan “Triple Value” melalui tiga varian yang terdiri dari tipe RS yang sporty, tipe S yang “advanced”, dan sebuah tipe baru yaitu tipe A yang dinamis dan memiliki harga lebih terjangkau.

Prestasi Honda Jazz di Indonesia pun dilengkapi dengan sebanyak 68 penghargaan yang bergengsi di Indonesia, yang diperoleh untuk berbagai kategori seperti mobil terbaik, efisiensi bahan bakar terbaik, pilihan konsumen, kepuasan pelanggan dan sebagainya.

Beberapa kategori penghargaan yang telah diterima Honda Jazz dari sisi produk di antaranya adalah Car of The Year (Auto Bild Award 2004 dan Otomotif Award 2008), Efisiensi bahan bakar terbaik (Autobild Award, 2004-2005), serta Pilihan Konsumen (Auto Bild Award 2004-2005, dan Autocar Award 2007-2012).

Tak kalah penting, Honda Jazz juga telah mendapat pengakuan untuk tingkat kepuasan pelanggan lewat Indonesian Customers Satisfaction Award (ICSA) yang diberikan majalah SWA kepada Honda Jazz selama 6 tahun berturut-turut sejak tahun 2007 sampai 2012. Selain itu, kepuasan konsumen terhadap Honda Jazz juga terbukti dari penghargaan Top Brand yang diberikan majalah Marketing selama 6 tahun berturut-turut sejak tahun 2008 sampai 2013.

“Merupakan sebuah kebanggaan bahwa Honda Jazz telah memberi kepuasan untuk 198 ribu konsumen di Indonesia sejak generasi pertama sampai saat ini. Memasuki usia yang ke-9, Honda Jazz kini hadir dengan semakin matang untuk menjawab kebutuhan dari konsumennya di Indonesia,” tuturnya.

Related posts