DPK CIMB Syariah Hampir 70% di 2012

Ada Bonus Bagi Hasil

Selasa, 26/02/2013

NERACA

Jakarta - Guna meningkatkan perolehan dana pihak ketiga (DPK), khususnya produk tabungan, Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk menyediakan beragam produk, program maupun layanan unggulan ke masyarakat. Selama periode 31 Desember 2011-31 Desember 2012, strategi tersebut mampu meningkatkan perolehan total DPK CIMB Niaga Syariah sebesar 68,83% dan khusus produk tabungan syariah, tumbuh sebesar 57,41% (year on year/yoy). Sementara jumlah rekening tabungan CIMB Niaga Syariah juga mengalami pertumbuhan sebesar 58,99% yoy.

U Saefudin Noer, Head of Sharia Banking CIMB Niaga mengungkapkan, selain produk unggulan, strategi lainnya yang dilakukan perseroan adalah dengan memanfaatkan jaringan layanan Syariah atau office channeling CIMB Niaga yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia. Per Februari 2013, jaringan CIMB Niaga Syariah terdiri dari 27 Kantor Cabang Syariah (KCS), 1 Kantor Cabang Syariah Pembantu (KCPS), dan 545 Office Channeling.

“Khusus untuk produk tabungan unggulan, kami mempunyai Tabungan iB X-Tra. Sebuah tabungan yang diperuntukkan bagi masyarakat yang menginginkan kenyamanan dalam bertransaksi perbankan, pembayaran tagihan, kemudahan belanja dengan kartu debit, akses nasional maupun regional hingga bebas biaya tarik tunai melalui ATM Bersama, ATM Jaringan Prima, dan ATM CIMB Group di seluruh negara tentu dengan syarat dan ketentuan berlaku,” kata Saefudin di Jakarta, Senin.

Menurut Saefudin, sepanjang 2012, Tabungan iB X-Tra telah menyelenggarakan beragam program yang mampu menarik minat masyarakat untuk menyimpan dananya di Tabungan iB X-Tra, sebagai hasil kerjasama yang baik dengan Tim Produk CIMB Niaga melalui Dual Banking Leverage Model (DBLM). Program unggulan Tabungan iB X-Tra antara lain program iB Berkah, berupa pemberian hadiah langsung kepada nasabah baru maupun existing yang membuka produk Tabungan iB X-tra untuk pembukaan rekening baru dan top up dana sesuai dengan ketentuan program.

Selain itu, ada juga program bonus bagi hasil, serta program iB Ayo Berkurban, yaitu kerja sama CIMB Niaga Syariah dengan sejumlah Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk pembayaran pembelian hewan qurban, termasuk proses penyembelihannya hingga pendistribusian yang dilakukan oleh LAZ tersebut.

Saefudin menambahkan, CIMB Niaga Syariah juga mempunyai tabungan berjangka (Tabungan iB Mapan) dengan hadiah langsung gadget terbaru, dan tabungan khusus anak, iB Junior dengan hadiah langsung Spongebob. “Kami berterima kasih kepada masyarakat yang menaruh kepercayaan kepada CIMB Niaga Syariah dengan menyimpan dananya di produk-produk unggulan kami,” ungkapnya.

Program unggulan di 2013

Saefudin melanjutkan, pencapaian tahun 2012 akan dilanjutkan di tahun ini. Untuk itu, CIMB Niaga Syariah telah merencanakan berbagai program menarik di tahun 2013 dengan terus meningkatkan kerja sama dengan Tim Produk CIMB Niaga, yang selaras dengan salah satu strategi pertumbuhan CIMB Niaga, yaitu meningkatkan Tabungan dan Giro Syariah (CASA).

Pada 2013, Tabungan iB X-Tra telah merencanakan sejumlah program menarik. Selain tetap melanjutkan program iB Berkah dan iB Ayo Berkurban, Tabungan iB X-tra menyelenggarakan Festival Star X-Tra, yaitu hujan hadiah uang tunai terbesar tanpa diundi dengan total hadiah Rp20 miliar.

Nasabah Tabungan iB X-Tra juga bisa memanfaatkan beragam jalur distribusi elektronik (branchless banking), seperti Go Mobile (mobile banking), CIMB Clicks (internet banking),Self Service Terminal (SST), Cash Deposit Machine (CDM), Phone Banking 14041 dan 500 800, hingga ATM yang memiliki keunggulan sebagaimana yang dimiliki oleh CIMB Niaga dan CIMB Group.

Sementara untuk tabungan berjangka iB Mapan, kini tersedia program iB Mapan Haji Plus & Umrah, serta program iB Mapan Hadiah Langsung Umrah, disamping melanjutkan program tahun lalu berhadiah gadget terbaru. Untuk produk tabungan anak, tersedia iB Junior berhadiah langsung Spongebob.

Dengan beragam program menarik serta melihat kondisi perekonomian Indonesia di 2013 yang diperkirakan relatif stabil, Saefudin tetap optimistis penghimpunan DPK CIMB Niaga Syariah, “Khususnya untuk produk tabungan, masih bisa meningkat,” tutup Saefudin. [rin]