Eksistensi Honda Jazz Karena Inovasi Tiada Henti - Tetap Sporty dan Trendi

Pasar penjualan kendaraan jenis hatchback atau sedan buntung makin sengit lantaran tiap tahunnya selalu tumbuh. Mengingat pasarnya yang menjanjikan, banyak para agen tunggal pemegang merek (ATPM) berlomba-lomba merilis produk baru ini dengan pasar yang dibidik anak muda. Oleh karena itu, bila tahun lalu pasar sedan tanpa ekor ini diproyeksikan bakal tumbuh 15%, maka ditahun 2013 ini pertumbuhannya makin agresif.

Menyadari persaingan segmen hatchback makin sengit, PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai pemegang merek dan produsen kendaraan merek Honda terus berbenah diri dan melakukan inovasi tanpa batas untuk produk Honda Jazz. Apalagi, keberhasilan Honda memasarkan Honda Jazz untuk pertama kalinya di tahun 2004 mendapatkan sambutan hangat dari konsumen, khususnya anak muda.

Kini memasuki usia ke-9, sejak kali pertama diluncurkan. Honda Jazz telah memuaskan 198 ribu konsumen di Indonesia. Sementara penjualan Honda Jazz sejak diluncurkan  hingga saat ini telah mencapai sekitar 198 ribu unit di seluruh Indonesia dan sekaligus membuat sejarah sebagai model hatchback dengan penjualan yang tertinggi di Tanah Air. Besarnya minat masyarakat terhadap Honda Jazz, HPM menyakini tahun 2013 ini penjualan akan menembus 200 ribu unit. Dimana penjualan di Indonesia melengkapi pencapaian Honda Jazz di seluruh dunia yang secara total telah meraih penjualan lebih dari 4 juta unit.

Eksistensi Honda Jazz hingga saat ini, tidak bisa lepas dari inovasi yang dilakukannya dari waktu ke waktu. Antara lain pada tahun 2004, produk Jazz hadir dengan mesin tipe i-DSI dengan mesin berkapasitas 1,5 liter yang hemat bahan bakar. Kemudian mesin VTEC yang lebih bertenaga namun juga hemat bahan bakar diperkenalkan pada 23 Juni 2005. Setelah itu, Jazz memperkenalkan edisi spesial Jazz “Rocks” pada tahun 2006 dengan fitur audio lebih lengkap dan yang pertama di kelasnya menggunakan koneksi USB.

Honda Jazz generasi kedua diluncurkan pada tahun 2008 dengan tampilan serba baru serta dilengkapi fitur terbaru dan terdepan di kelasnya. Terakhir, Januari 2013 lalu, Honda sekali lagi melakukan inovasi produknya dengan menampilkan New Honda Jazz yang menawarkan “Triple Value” melalui tiga varian yang terdiri dari tipe RS yang sporty, tipe S yang “advanced” dan sebuah tipe baru yaitu tipe A yang dinamis dan memiliki harga lebih terjangkau.

Menjadi Trend Center

Presiden Director PT Honda Prospect Motor, Tomoki Uchida mengatakan, kehadiran Honda Jazz di Indonesia di tahun 2004 telah memicu tren baru untuk sebuah mobil hatchback di pasar otomotif secara nasional, “Diperkenalkan sebagai sebuah mobil compact yang sporty, bertenaga dan hemat bahan bakar, Honda Jazz langsung diterima sangat baik oleh kosumen di Indonesia dari tahun ke tahun dan berhasil menjadi pemimpin pasar di kelasnya, “katanya.

Kekokohan Honda Jazz memimpin pasar kendaraan hatchback, dipicu oleh komitmen dan konsistensi Honda menjaga kepercayaan konsumen untuk selalu memberikan kualitas yang terbaik, inovatif dan modern. Alhasil, berkat itu semua Honda Jazz telah menguasai pangsa pasar kendaraan hatchback di dalam negeri mencapai 45% atau sebanyak 2.337 unit dari total penjualan Honda selama Januari 2013 sebanyak 5.746 unit.

Kesuksesan penjualan Honda Jazz, telah menjadi tulang punggung produk Honda dan juga menjadi kebanggaan karena merupakan model kendaraan hatchback yang diproduksi di Indonesia.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonenesia (Gaikindo) menyebutkan penjualan Honda Jazz melampaui penjualan kendaraan sekelasnya, seperti Toyota Yaris sebanyak 1.529 unit, Suzuki Swift 343 unit, All New Rio 238 unit, Ford Fiesta 234 unit dan New Aveo 182 unit.

Kata Direktur Marketing and After Sales Service PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, Honda Jazz telah memantapkan posisinya sebagai yang terdepan di kelas hatchback dalam performa, fitur yang inovatif, hingga utilitas yang tinggi dan sekaligus membedakannya dengan model dari merek lain dalam kelas yang sama, sehingga selalu menjadi pilihan utama konsumen, “Dari generasi ke generasi, kami tidak kenal kompromi dalam hal mempertahankan standar kualitas dan inovasi yang dihadirkan pada Honda Jazz, termasuk model baru New Honda Jazz,”tegasnya.

Menurutnya, para konsumen Honda Jazz layak mendapatkan kendaraan hatchback yang terbaik dan tidak mengenal kompromi untuk bicara kualitas. Keberhasilan Honda Jazz menjadi leader market menjadi sebuah prestasi dan juga tantangan untuk tetap bisa bertahan di segmen ini atau sebaliknya bakal disalip dengan kompetitornya.

Memahami Konsumen

Belajar dari pengalaman dan upaya terus menjadi yang terdepan di kelasnya, kini Honda Prospect Motor tidak bosan melakukan inovasi dan teranyar kembali meluncurkan generasi terbaru Honda Jazz dengan tampilan yang lebih sporty, performance yang elegan, fasilitas interior dan eksterior yang mewah serta desain body yang aerodinamis.

Keunggulan yang ditawarkan Honda Jazz ini merupakan wujud untuk mengakomodasi konsumennya yang kebanyakan anak muda. Dimana karakter anak muda yang energik, dinamis, smart, inovatif, trendi dan sporty telah diejahwantahkan dalam performance Honda Jazz baru dengan kabin yang luas, nyaman dan fleksibel, bertenaga, hemat bahan bakar sekaligus menghasilkan emisi bersih dengan standar EURO-4 compliance dan kecanggihan fitur keselamatan dalam berkendara.

Karakter Honda Jazz sebagai mobil bergaya muda semakin kuat melalui penyelenggaraan kontes modifikasi Jazz Tuning Contest, yang telah digelar sebanyak 8 kali sejak tahun 2005 dengan jumlah peserta dan kualitas modifikasi yang terus meningkat. Tak ayal, Honda Jazz sangat kuat image dan pecintraannya sebagai kendaraan anak muda hingga keluarga muda karena fleksibel dan mudah beradaptasi sesuai dengan segmen pasar penggunanya.

Selain itu, Honda Jazz yang indentik sebagai kendaraan anak mudah juga ditegaskan dalam sebuah survei yang dilakukan majalah Hai terhadap 2.400 remaja usia 15-19 tahun dari 10 kota besar di Indonesia. Dimana hasil survei menobatkan Honda Jazz sebagai City Car Terfavorit bagi anak muda.

Menurut Jonfis Fandy, penghargaan itu menunjukkan Honda Jazz sangat diminati segmen usia muda dan perseroan berusaha selalu dekat dengan konsumen melalui berbagai kegiatan seperti Jazz Tuning Contest, Honda Jazz Speed Challenge dan berbagai aktivitas lain yang sesuai karakter anak muda, “Kami akan terus berupaya mempertahankan desain Honda Jazz agar tetap sporty, dinamis dan trendi, sehingga sesuai dengan gaya dan selera anak muda,”ungkapnya.

Segudang Prestasi

Yang Muda yang berprestasi, adalah kalimat tepat menggambarkan performance Honda Jazz. Pasalnya, selain sebagai kendaraan favorit anak muda versi Majalah Autocar, Best Young Couple Car versi Indonesia Car Lifestyle Award (ICLA) 2012 dan Indonesia Best Brand Award 2012 untuk kategori City Car. Honda Jazz juga memilik segudang perstasi, selain merajai penjualan pasar hatchbak sejak pertama kali di rilis di Indonesia 9 tahun lalu.

Beberapa kategori penghargaan yang telah diterima Honda Jazz dari sisi produk di antaranya adalah Car of The Year (Auto Bild Award 2004 dan Otomotif Award 2008), Efisiensi bahan bakar terbaik (Autobild Award, 2004-2005), serta Pilihan Konsumen (Auto Bild Award 2004-2005, dan Autocar Award 2007-2012).

Tak kalah penting, Honda Jazz juga telah mendapat pengakuan untuk tingkat kepuasan pelanggan lewat Indonesian Customers Satisfaction Award (ICSA) yang diberikan majalah SWA kepada Honda Jazz selama 6 tahun berturut-turut sejak tahun 2007 sampai 2012. Selain itu, kepuasan konsumen terhadap Honda Jazz juga terbukti dari penghargaan Top Brand yang diberikan majalah Marketing selama 6 tahun berturut-turut sejak tahun 2008 sampai 2013.

Selain itu, Honda Jazz telah terjun di berbagai ajang aktivitas nasional baik dari ajang balapan maupun modifikasi mobil. Tercatat Honda Jazz menjadi pelopor ajang balap One Make Race di Indonesia lewat Honda Jazz Speed Challenge sejak 2006 hingga sekarang. Melalui ajang balap Honda Jazz Speed Challenge, Honda Jazz menjadi satu-satunya model yang konsisten mengisi kegiatan balap nasional dan telah melahirkan para pembalap muda berbakat. Kata Jonfis, Honda Jazz juga ikut kejuaraan nasional (Indonesian Super Production) sejak 2006 hingga sekaran.

Dia mengungkan, di ajang ini, Honda Jazz telah menunjukkan dominasinya dengan menjadi juara umum selama tujuh musim berturut-turut di Kejuaraan Nasional (Indonesian Super Production). Bukan hanya dari dominasi di podium, namun pembalap yang menggunakan Honda Jazz di Indonesian Super Production semakin bertambah jumlahnya, bahkan hampir seluruh pembalap menggunakan Honda Jazz. Selain di kedua ajang tersebut, Honda Jazz juga banyak digunakan para pembalap independen di ajang balap Slalom dan juga sudah menghasilkan banyak prestasi dari ajang tersebut. (Ahmad Nabhani)

BERITA TERKAIT

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…