Permainan Warna Dekorasi

Para desain interior masih mengandalkan permainan warna-warna agar rumah dan ruangan yang ada tampak semarak, dan mampu member semangat hidup bagi yang akan tinggal di sana.

Merah

Jika menyukai warna merah, kini warna merahnya mulai bergeser ke aral yang lebih lembut, misalnya merah muda atau merah mawar, dan merah semangka. Trend tahun ini tidak lagi memilih warna merah menyala, tapi yang menjurus feminine atau lembut.

Orange

Orange tahun ini diyakini masih seperti tahun lalu. Orange tahun ini bertema peach terang. Warna orange juga dapat memberikan kesan ruangan yang cerah dan berenergi. Warna kombinasi dari kuning dan merah ini mudah dipadupadankan dengan bahan kayu atau kaca.

Kuning

Jika warna kuning yang menjadi pilihan untuk mengganti warna rumah saat ini, trendnya adalah kuning tua atau matang dan gelap, misalnya warna mustard. Warna ini dapat memunculkan kesan dan suasana terang, luas dan bersahabat. Para penggiat interior mudah menyandingkan warna kuning dengan bahan lain, baik keramik, batu alam, maupun kayu dan aluminium.

Hijau

Hu-abuan. Warna itu memancarkan suasna teduh dan tenang dalam rumah kita. Segar dan seolah menyatu dengan tetumbuhan di taman. Warna hijau bisa bersinergi kusen warna putih atau abu-abu.

Biru

Ada banyak varian dari biru. Misalnya biru keputihan, biru mendekati abu-abu, biru dongker yang gelap, biru kehijauan, biru langit, dan biru laut. Jika biru yang akan menjadi warna utama, paduannya bisa menjurus kea rah biru indigo keabu-abuan. Namun tahun ini warna biru yang banyak digemari adalah biru terang hingga biru pastel yang lembut. Sama seperti hijau, suasana menjadi teduh.

Netral (dingin)

Warna-warna netral itu memang kesannya dingin. Tapi hal itu ini sangat bernuansa modern dan bisa dengan mudah digunakan dalam ruangan yang berkesan minimalis. Namun warna netral yang menjadi utama adalah yang bernuansa terang hampir putih, karena terasa ringan dan lembut. Jika ingin berkesan modern, gunakan warna-warna yang lebih, terutama di ruang tamu dan muka.

Ungu

Sama seperti biru, varian dari ungu cukup beragam, dari yang tua hingga yang transparan. Ungu merupakan kombinasi atau campuran dari warna biru dan merah. Tergantung warna merah atau birulah yang lebih dominan. Warna ungu tahun ini kelihatannya cenderung ke gelap kehitaman. Warna corak itu ditengarai sebagai warna yang membawa suasana mewah. Jika digabungkan dengan warna putih dan interior yang klasik untuk mendapatkan kesan feminin dan glamour. Corak warna ungu yang lainnya bukannya tabu dipilih. Misalnya ungu yang tipis lembut atau jenis pastel.

Natural (hangat)

Warna-warna natural ini sangat dipengaruhi warna-warna dari alam seperti warna pasir, tanah. Warna-warna ini memberikan nuansa yang lebih tenang dan damai di rumah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal teman-teman bisa menggabungkannya dengan warna putih.

Yang ikut menentukan kini adalah jenis cat yang kita pilih. Agar mudah perawatannya dan tak mudah kotor, tentu lebih baik jika memakai cat yang tahan air. Misalnya terkena air hujan tak mudah rontok dan kusam. Jika terkena percikan noda, dengan mudah dapat dibersihkan tanpa takut catnya tergores atau mengelupas. (saksono)

BERITA TERKAIT

Konsolidasi Hotel BUMN Masih Dicari Skemanya

Konsolidasi Hotel BUMN Masih Dicari Skemanya NERACA Jakarta - PT Hotel Indonesia Natour (Persero) mengungkapkan saat ini masih terus dicari…

Empat Solusi Tambah Kuota Rumah Subsidi 2020

Empat Solusi Tambah Kuota Rumah Subsidi 2020 NERACA Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang properti mengusulkan empat…

Tahun Pascapemilu, Kinerja Properti Apartemen Masih Tertekan

Tahun Pascapemilu, Kinerja Properti Apartemen Masih Tertekan   NERACA Jakarta - Senior Associate Director Colliers International Indonesia (konsultan properti) Ferry Salanto…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

“Omnibus Law” dan “OSS” Diharapkan Percepat Pembangunan Hunian

“Omnibus Law” dan “OSS” Diharapkan Percepat Pembangunan Hunian   NERACA Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin harap Rancangan Undang-undang (RUU)…

Konsep ”Co-Living” Mulai Digemari Milenial di Tengah Lesunya Properti

Konsep ”Co-Living” Mulai Digemari Milenial di Tengah Lesunya Properti  NERACA Jakarta - Sektor properti diperkirakan banyak pengamat sedang dalam kondisi…

Asosiasi Pengembang Sebut Corona Bisa Pengaruhi Properti

Asosiasi Pengembang Sebut Corona Bisa Pengaruhi Properti   NERACA Jakarta - Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Real Estate Indonesia atau…