Menyongsong Era Indonesia Emas

Pesta Wirausaha 2013

Sabtu, 16/02/2013

Beberapa tahun terakhir ini geliat para wirausahawan ditanahair makin terasa. Kita dapat lihat dari mulai banyaknya event entrepreneurship, dari berbagai pelatihan, seminar, pameran, talkshow dan berbagai acara bertema kewirausahaan lainnya yang diselenggarakan di berbagai daerah.

NERACA

Pesta Wirausaha 2013 yang diselenggarakan pada tanggal 8-10 Februari 2013 di JIExpo Kemayoran Jakarta dengan menampilkan sejumlah sosok penting dalam dunia entrepreneurship Indonesia seperti Gubernur DKI JakartaJoko Widodo, motivator Jamil Azzaini, penulis dan public speaker Tung Desem Waringin, entrepreneur sosial Saptuari, mantan birokrat dan pengusaha Jusuf Kalla, CEO United Balimuda Group Heppy Trenggono, ulama sekaligus pengusaha muslim Yusuf Mansur.

Acara yang diselenggarakan kali ke 7 ini ditargetkan menjaring 19 ribu orang pengunjung selama 3 hari berturut-turut.

Target jumlah pengunjung sebanyak 15 ribu orang sementara target untuk jumlah peserta seminar ditetapkan sebesar 4 ribu orang. Jumlahnya tidak main-main mengingat skala event ini memang termasuk besar dan sudah banyak dikenal. Meski secara umum ditujukan bagi ajang berkumpul dan menimba ilmu para entrepreneur muda dan kaum profesional yang ingin bertambah maju, para siswa sekolah menengah dan mahasiswa diperbolehkan masuk untuk turut belajar dari dini mengenai entrepreneurship. Karena seperti yang telah kita ketahui bersama, belajar entrepreneurship tidak mengenal usia.

TDA sendiri membuka 240 stand. Pengunjung dapat langsung masuk ke stand tersebut dan belajar menjadi seorang wirausaha baru. Acara ini sendiri merupakan acara besar pesta wirausaha yang kegiatan dilakukan dengan nonprofit tetapi bersifat sosial. Menjalani usaha secara mandiri atau menjadi entrepreneur yang sukses kini merupakan salah satu pilihan yang amat layak dijelajahi. Kabar baiknya, kini ada sejumlah komunitas wirausaha yang dengan senang hati saling berbagi kepada mereka yang juga berminat menjadi entrepreneur yang sukses.

Ketua Panitia Pesta Wirausaha 2013 Teguh Wibawanto Mengatakan, wirausahawan dalam negeri diharapkan mampu memanfaatkan potensi Indonesia yang saat ini memiliki pertumbuhan ekonomi tinggi di dunia. "Saat ini kita negara ekonomi terbesar ke-3 di dunia dan tahun 2025 diperkirakan terkaya nomor 7 di dunia. Tetapi yang menjadi pertanyaan apakah ekonomi kita itu didominasi asing atau kita yang menjalankan," ujarnya.

Acara akbar ini secara umum terbagi dalam seminar, pameran dan penghargaan bisnis. Selain sesi seminar yang diadakan, ajang ini juga menyediakan ruang pameran bisnis bagi para peserta dan pengunjung untuk mengambil inspirasi atau mencari mitra bisnis dan sebagainya. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi atas kerja keras yang telah dilakukan oleh para pemangku kepentingan dalam dunia wirausaha Indonesia yang selama ini dipandang sudah banyak menjadi figur inspiratif bagi orang lain untuk mengikuti jejak mereka menjadi entrepreneur sukses.

Komunitas TDA yang telah menyebar hingga 27 kota ditanahair ini dikenal sebagai komunitas yang lekat dengan dunia entrepreneurship. Organisasi yang didirikan sejak tahun 2006 oleh Badroni Yuzirman bersama 7 rekannya ini bertujuan membentuk lebih banyak lagi entrepreneur berhasil dan ulet yang diharapkan akan menyumbang secara positif bagi kemajuan masyarakat secara luas.

Dalam repport-nya terkini bertajukUnleashing Indonesia’s Potential, lembaga konsultan terkemuka dunia, McKinsey mempredikasi pada tahun 2030, kekuatan ekonomi Indonesia akan menjadi nomer 7 di dunia (melibas ekonomi Jerman dan Inggris). Saat itu akan ada 135 juta penduduk kelas menengah dengan daya beli yang kuat. Adapun salah satu misi komunitas TDA adalah menumbuhkan semangat kewirausahaan dan membentuk 10.000 pengusaha miliarder tangguh dan sukses hingga tahun 2018 nanti.

Secara periodik, setiap KMB ini melakukan pertemuan. Dalam sesi-sesi pertemuan inilah, sesama anggota tadi saling berbagi, saling memberi masukan, dan saling menyemangati. Dalam sesi-sesi inilah, virus entrepreneurship di-injeksikan secara masif dan penuh ketekunan.

Dalam ajang ini, kita pun bisa sekalian bergabung menjadi anggota komunitas ini. Juga saling menjalin silaturahmi dengan banyak orang dengan minat yang sama, menjadi wirausaha sukses, barokah dan berjiwa mulia juga diharapkan wirausahawan dalam negeri mampu memanfaatkan potensi Indonesia yang saat ini memiliki pertumbuhan ekonomi tinggi di dunia. (bias)