Kemenparekraf Dorong Pelajar Promosikan Pariwisata Indonesia

Kemenparekraf dorong generasi muda terutama para pelajar di sekolah-sekolah untuk menjadi penulis pariwisata guna memupuk kecintaan terhadap tanah air dan menarik wisman untuk bertandang ke Indonesia.

NERACA

Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Sekali lagi pariwisata terbukti tahan terhadap krisis global. Di tengah ketidak pastian perekonomian global, pertumbuhan pariwisata Indonesia mencapai 5,16% melebihi angka pariwisata global yang tumbuh 4%.

Berangkat dari hal tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong generasi muda terutama para pelajar di sekolah-sekolah untuk menjadi penulis pariwisata (travel writer). "Menjadi penulis pariwisata itu membanggakan. Kami mengharapkan agar kaum muda mulai mengenal dan menyukai profesi ini," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar di Jakarta, Selasa.

Ia menambahkan, profesi penulis pariwisata juga merupakan profesi yang mulia lantaran di dalamnya tersurat rasa cinta tanah air serta menularkan rasa tersebut kepada publik yang lebih luas. Penulis pariwisata sekaligus menjadi agen promosi pariwisata suatu negara yang potensial mendorong lebih banyak turis untuk datang.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia selama Januari hingga Desember 2012 melalui seluruh pintu masuk mencapai 8.044.462 wisman.Angka tersebut menunjukan pertumbuhan sebesar 5,16% dibandingkan periode yang sama di tahun 2011 yang berjumlah 7.649.731 wisman.

Guna meningkatkan aktivitas dan aksi positif pelajar dalam hal menulis, serta menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya pariwisata Indonesia sejak dini dan memupuk rasa cinta tanah air, Kemenparenkraf setiap tahun menggelar Lomba Karya Tulis Bidang Pariwisata bagi peserta didik untuk memotivasi para siswa menulis soal pariwisata. Bagi pelajar yang memenangkan lomba karya tulis tersebut mendapatkan piagam penghargaan dari menteri Parekraf, uang tunai, bahkan setiap pemenang mendapatkan dua tiket untuk akomodasi dan perjalanan untuk berlibur.

Menurut Sapta, dinegara-negara maju, travel writer menjadi profesi yang diminati para profesional. Sedangkan di Indonesia, profesi itu bisa berkembang dengan baik lantaran di tanah air banyak destinasi wisata menarik yang bisa digali dan diekspresikan dalam bentuk tulisan.

Bagaimana tidak? Kekayaan alam dan budaya merupakan komponen penting dalam pariwisata di Indonesia. Alam Indonesia memiliki kombinasi iklim tropis, 17.508 pulau yang 6.000 di antaranya tidak dihuni, serta garis pantai terpanjang ketiga di dunia setelah Kanada dan Uni Eropa. Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar dan berpenduduk terbanyak di dunia. Pantai-pantai di Bali, tempat menyelam di Bunaken, Gunung Rinjani di Lombok, dan berbagai taman nasional di Sumatera merupakan contoh tujuan wisata alam di Indonesia.

Tempat-tempat wisata itu didukung dengan warisan budaya yang kaya yang mencerminkan sejarah dan keberagaman etnis Indonesia yang dinamis dengan 719 bahasa daerah yang dituturkan di seluruh kepulauan tersebut. Candi Prambanan dan Borobudur, Toraja, Yogyakarta, Minangkabau, dan Bali merupakan contoh tujuan wisata budaya di Indonesia.

Disisi lain dirinya juga berharap para pelajar dan generasi muda umumnya dapat mengenal negerinya dengan lebih baik sehingga memilih berlibur di destinasi dalam negeri sebelum memutuskan untuk berlibur di luar negeri.

Related posts