BNI Tularkan Semangat Monozukuri di Indonesia

NERACA

Jakarta - PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI menularkan semangat masyarakat Jepang dalam membangun sebuah konsep dan desain hingga menjadi produk jadi atau disebut nilai-nilai Monozukuri kepada pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia.

Pelaku bisnis Indonesia diharapkan dapat memahami semangat yang unik dari masyarakat Jepang dalam membangun komitmen dan memproduksi sebuah produk yang terkandung dalam Monozukuri ini. Alih pengetahuan terkait Monozukuri tersebut disampaikan oleh Ihee Hosotsuji dari Eirakuya, Jepang di Jakarta, Kamis (7/2).

Hosotsuji memaparkan semangat Monozukuri tersebut kepada sekitar 50 pelaku bisnis Indonesia, termasuk para mitra binaan BNI. Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Keuangan BNI, Yap Tjay Soen. Beberapa peserta seminar yang hadir berasal dari perwakilan Matsushita, Panasonic, dan Jetro.

Yap mengungkapkan, pengetahuan tentang nilai-nilai Monozukuri ini diharapkan dapat membangun semangat entrepreneurship para pelaku bisnis yang diundang dalam seminar tersebut, termasuk mitra BNI yang berkembang melalui dukungan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Salah satu nilai Monozukuri yang dapat diadopsi pelaku usaha bisnis Indonesia adalah sustainabilitas dalam menghasilkan produk lokal bertaraf global. “Monozukuri ini kami harapkan dapat memberikan pengetahuan kepada mitra binaan PKBL BNI mengenai konsep sebuah produk, sehingga pada akhirnya dapat memberikan nilai tambah bagi produk tersebut,” ujar Yap.

Jepang merupakan mitra perdagangan yang penting bagi Indonesia. Mengingat besarnya kerja sama ekonomi kedua negara, hingga akhir 2012, BNI sudah bekerjasama dengan 46 bank regional Jepang (Japan Regional Bank/ JRB). Kerja sama itu merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara BNI dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC) yang telah ditandatangani sebelumnya oleh Direktur Utama BNI, Gatot Mudiantoro Suwondo dan Gubernur JBIC, Mr. Hiroshi Okuda di Tokyo pada 28 Juli 2011.

Dengan kerja sama itu, BNI tidak hanya menyediakan jasa layanan perbankan bagi investor Jepang yang menanamkan modalnya di Indonesia. BNI juga membantu menyediakan informasi mengenai iklim investasi di Indonesia, mulai dari potensi ekonomi makro, peraturan investasi, hingga masalah ketenaga kerjaan bagi investor, terutama yang menjadi nasabah JRB.

BNI juga akan mendukung penyelenggaraan seminar di beberapa kota strategis di Indonesia yang diselenggarakan oleh JRB dan entitas Jepang bagi para nasabahnya yang akan menanamkan modalnya ke Indonesia. Ini dilakukan guna mewujudkan “business matching” antara pelaku bisnis Indonesia dengan investor Jepang. [kam]

BERITA TERKAIT

Ini Jurus Wujudkan Indonesia Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian terus berupaya mewujudkan visi Indonesia untuk menjadi kiblat fesyen muslim dunia pada tahun 2020. Peluang…

Chevrolet Colorado Centennial Ludes Terjual di Indonesia

Chevrolet Indonesia mengumumkan bahwa Colorado Centennial Edition yang tersedia sebanyak 25 unit telah habis terjual, setelah kendaraan pickup khas Amerika…

Honor 7A Resmi Masuk di Pasar Indonesia

Honor secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu memboyong Honor 7A yang ditujukan…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Bank SulutGo Ajukan Izin Terbitkan Kartu Debit

  NERACA   Manado - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Utara dan Gorontalo (SulutGo) mengajukan permohonan izin kepada Bank…

Rasio Kredit Macet Di Sulteng Aman

    NERACA   Palu - Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah Miyono mengatakan rasio kredit macet atau…

Sinergi Pesantren dengan Pembiayaan Ultra Mikro

      NERACA   Jakarta - Pemerintah mendorong sinergi pondok pesantren dengan program pembiayaan Ultra Mikro yang diyakini dapat…