Lebih Mengerti Konsumen - Ertiga Wujudkan Kendaraan Keluarga Serbaguna Nan Mewah

Keluarga penting artinya bagi masyarakat Indonesia dan apapun akan dilakukan yang terbaik untuk keluarga, termasuk menghadirkan kendaraan yang nyaman dan aman untuk keluarga. Oleh karena itulah, banyak konsumen lebih memilih kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle) sebagai alat transportasi.

Menjawab kebutuhan konsumen, banyak Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) berlomba-lomba merilis produk baru kendaraan MPV dengan berbagai keunggulan dan fasilitas yang ditawarkan. Hal ini sangat beralasan, karena segmen pasar MPV, khususnya low MPV  masih menjanjikan dan menyimpan potensi pasar yang besar.

Namun mencari mobil keluarga tentunya bukanlah hal sepele yang bisa dilakukan tanpa pertimbangan yang matang. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilihnya. Beberapa pertimbangan yang sangat perlu untuk diperhatikan adalah segi kenyamanan, keamanan dan tentu saja performanya. Luas kabin juga menjadi pertimbangan yang perlu diperhatikan. Kemudian masih banyak lagi pertimbangan dalam memilih mobil kendaraan, seperti akselerasi tenaga, modelnya stylish atau tidak, fasilitas interior dan eksterior,  konsumsi bahan bakar dan harga yang kompetitif.

Selama ini banyak ATPM menawarkan kendaraan MPV, tetapi terkesan monoton dan tidak jauh berbeda dengan produk sebelumnya. Namun kini, konsumen bisa merasakan sendiri keunggulan kendaraan low MPV dengan performance setara sedan. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen tunggal pemegang merek Suzuki menghadirkan Ertiga sebagai kendaraan keluarga dengan keunggulan setara sedan. Artinya, kenyamanan berkendaraan yang selama ini ada di sedan dengan harga mahal, ternyata juga ada di Ertiga dengan harga murah tetapi bukan murahan.

Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales, Davi J. Tuilan mengatakan, Ertiga adalah kendaraan low MPV yang stylish, modern dan mewah. Dimana Ertiga ditujukan terutama bagi keluarga muda yang sedang menuju ke puncak sukses dalam karirnya, “Untuk membedakan Suzuki Ertiga dengan pesaingnya, maka Suzuki Ertiga diposisikan sebagai mobil keluarga yang stylish, nyaman dan mewah setara sedan dengan harga yang lebih terjangkau,”ungkapnya.

Dia menambahkan, Suzuki selalu senantiasa berusaha memberikan lebih dari harapan para konsumennya, “Kami telah mempelajari apa yang diinginkan konsumen Indonesia akan sebuah low MPV. Itu sebabnya kami dengan bangga mempersembahkan MPV terbaru kami, Suzuki Ertiga, ke pasar otomotif Indonesia,”ujarnya.

Menurutnya, Ertiga adalah low MPV dengan kemewahan, kenyamanan dan performa setara sedan, “Kami yakin bahwa model baru dari Suzuki ini akan menjadi produk otomotif yang tepat bagi keluarga Indonesia yang menginginkan MPV yang stylish sekaligus mewah dengan harga yang terjangkau,”tandasnya.

Selain itu, dirinya juga menyakini Ertiga akan mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia yang tidak punya pilihan lain yang lebih baik di kelas low MPV ini.

Keunggulan Ertiga

Klaim Ertiga sebagai kendaraan low MPV dengan performance sedan, bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, fitur yang ditampilkan cukup lengkap dengan dukungan desain eksterior yang anggun, stylish, dan diklaim hemat bahan bakar.

Komposisi style dinamis Suzuki Ertiga menunjukkan bahwa kendaraan ini adalah kendaraan penumpang. Konstruksi yang kuat mengekspresikan keamanan bagi penumpangnya. Tampak muka yang masiv dengan desain yang lebih besar dan mengekspresikan kesan yang kuat sebagai compact car, serta lampu depan yang memberikan kesan mewah. "Ertiga dapat mewujudkan kebutuhan akan kendaraan serba guna yang bisa memuat banyak penumpang dengan desain ruangan yang sangat lega, mewah dan canggih," kata Chief Desainer Vehicle Line II Suzuki Motor Corporation (SMC) Hisanori Matsushima.

Melongok ruang interior Ertiga, hadir dengan pengaturan seat arrangement atau pengaturan kursi yang sangat efisien, sehingga memudahkan proses melipat kursi untuk baris kedua dan ketiga. Pada, kursi baris kedua selain bisa di geser maju dan mundur sejauh 240 mm juga terdapat sandaran lengan. Fitur tersebut tidak dimiliki pesaingnya misal Avanza atau Xenia.

Disamping itu, desain instrumen panel tidak hanya memberikan kesan sebagai Family Car di dalam kategori MPV tetapi juga mengedepankan rasa nyaman pada saat mengemudi, terlihat lebih sporty, visibilitas prima dan kemudahan dalam penggunaan.

Bagian tengah instrument panel dirancang supaya terlihat lebih elegan dan dinamis. Bentuk kursi penumpang, tinggi kursi, sampai dengan sudut/jarak pandang menjadi salah satu pertimbangan dalam mendesain ruang kabin Ertiga. Hasilnya, tercipta ruang yang lega dimana penumpang dengan ukuran badan yang besar sekalipun bisa duduk nyaman di bangku baris ketiga

Sementara rupa tampilan dashboard terlihat lebih dinamis dan memancarkan kesan sporty ketimbang rivalnya. Untuk tipe menengah (GL) dan atas (GX) peranti audionya mengaplikasi 2 din, AM/FM, 1 CD, MP3/WMA plus koneksi USB. Lalu, kelebihan lain yang juga tidak terdapat pada kompetitor yaitu fitur audio switch control di setir yang biasa terdapat pada mobil kelas premium. Fungsinya, untuk memudahkan pengemudi mengatur volume dan mengganti saluran siaran radio ataupun musik dari CD.

Selain itu, didukung performa NVH (Noise, Vibration, Harshness). Artinya, Ertiga telah dilengkapi dengan perlengkapan anti-bising yang telah lulus uji kebisingan dengan cara mengidentifikasi sumber dan tingkat kebisingan dari luar kendaraan seperti suara roda, suara angin dan lain-lain dimana tes ini dilakukan dengan menggunakan berbagai macam sensor mikrofon.

Ertiga juga sudah dilengkapi dengan perlengkapan anti-getar yang sudah lulus uji dengan cara mengukur getaran dan tingkat guncangan ban dan mesin pada saat dikendarai di berbagai kondisi jalan sehingga tercipta ruang kabin Ertiga yang nyaman dan senyap.

Irit Bahan Bakar

Soal konsumsi bahan bakar, Ertiga bisa diadu iritnya dengan MPV lain kendatipun menggunakan mesin yang besar. Sebagaimana diketahui, Ertiga menggunakan mesin berbahan bakar bensin berkapasitas 1.4L tipe K yang ringan dan kompak. Mesin berkapasitas 1400 cc, DOHC, Multi Point Injection (MPI), VVT (Variable Valve Timing) berfungsi untuk mengontrol Valve Timing secara optimal serta mengurangi gesekan (friction), sehingga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Tenaga yang dikeluarkan sebanyak 96 hp pada 6.000 rpm, dengan torsi puncak 127 Nm di 4.000 rpm.

Oleh sebab itu, dengan fitur yang menarik tidak terlalu mengherankan jika Ertiga dianggap sebagai salah satu juara dalam segment mobil keluarga yang nyaman dan hemat BBM. Karena hal tersebut Ertiga diberi rating yang cukup baik setelah melalui beberapa uji kelayakan.

Kemudian untuk mendukung keselamatan penumpang selagi berkendara, Ertiga mempunyai kelebihan berupa peranti rem ABS plus EBD serta airbags untuk flagship Ertiga. Sementara lawan sekelasnya misal, Avanza Veloz hanya dibekali dengan rem ABS tanpa kelengkapan airbags.

Hal ini mempertegas, meskipun Ertiga menawarkan harga yang kompetitif, bukan berarti model ini minim fitur keamanan penumpang dan berkesan murah. Ertiga sudah mengadopsi beberapa peranti keselamatan penting. Body Ertiga memiliki tingkat rigiditas/kekerasan yang tinggi karena menggunakan High Tensile Steel pada rangka utama (main frame)-nya.

Selain itu, pada masing-masing pintu juga dilengkapi dengan Side Door Impact Beam yang berfungsi untuk menahan penumpang saat terjadi benturan keras dari arah samping untuk semua line-up Ertiga. Suzuki Ertiga menawarkan 8 warna pilihan menarik, yakni serena blue metallic, silky silver metallic, cool black metallic, burgundy red pearl, peral white, graphite grey metallic, dusky brown metallic, dan radian red pearl. Ertiga hadir dalam tiga varian bensin, yakni tipe GA yang dijual Rp 143 juta, tipe GL yang dilabeli harga Rp 153 juta, serta kasta tertinggi varian GX dengan banderol Rp 165 juta on the road Jakarta. (Ahmad Nabhani)

BERITA TERKAIT

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…