BRI Raih Top Brand Award 2013

Kamis, 07/02/2013

NERACA

Jakarta - Berbagai produk PT Bank Rakyat Indonesia Tbk terus mendapat tempat di benak konsumen. Hal itu terlihat dari berbagai penghargaan Top Brand Award 2013 dari Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group dialamatkan kepada berbagai produk BRI.

“Ada lima kategori penghargaan yang diraih BRI, antara lain Deposito BRI peringkat ke-3. Untuk produk tabungan ada Tabungan BRI Britama di peringkat ke-2. Untuk produk Kartu ATM terdapat kartu ATM BRI peringkat ke-3. Untuk kategori Call Center perbankan, Call Center BRI 14017 mendapat peringkat ke-3,” ujar Muhamad Ali, Sekretaris Perusahaan BRI, di Jakarta, Rabu (6/2).

Dia mengatakan, yang paling membanggakan bagi BRI, Tabungan BRI Junio berada di peringkat pertama untuk kategori Tabungan bagi Junior, dengan raihan Top Brand Index (TBI) mencapai 40,1%. “Hal ini sebagai bukti BRI selalu berupaya yang terbaik dalam memenuhi semua kebutuhan nasabahnya dari segala tingkatan usia,” ujar Ali.

Top Brand Award ini diberikan kepada brand yang memenuhi dua kriteria, yaitu memperoleh Top Brand Index (TBI) minimum 10% dan berada dalam top three dalam kategori produknya berdasarkan hasil survei. TBI itu diukur dengan dengan menggunakan tiga parameter, yakni Top of mind awareness (merek yang pertama kali disebut), last used (merek yang terakhir kali digunakan), Future intention (merek yang ingin digunakan). “Artinya, produk Tabungan BRI Junio sudah melekat di benak masyarakat Indonesia,” tambah Ali.

Sementara itu, survei sendiri menggunakan dua metodologi yakni survei dengan target populasi responden general yang melibatkan 2.800 sampel acak dan 1.400 sampel booster dan dilakukan di delapan kota, yaitu Kota Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Pekanbaru dan Balikpapan.

Satu lagi, survei B2B melibatkan 700 perusahaan di Jakarta dan Surabaya dan dilakukan dengan metode stratified random sampling dengan menggunakan business line sebagai strata. Responden B2B yang diwawancarai karyawan yang bekerja di bagian purchasing, general affair (GA) atau bagian IT, yang menentukan pembelian barang atau produk di perusahaan masing-masing. [fb]