Program Kit for Kids CIMB Niaga Sasar NTT

Kamis, 07/02/2013

NERACA

Kupang - PT Bank CIMB Niaga Tbk menyelenggarakan kegiatan Kit for Kids pertama tahun ini di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Terpilihnya Kupang menjadi bukti dan komitmen CIMB Niaga untuk terus mengembangkan dunia pendidikan secara merata di berbagai wilayah di Tanah Air, khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Kit for Kids adalah kegiatan rutin tahunan CIMB Niaga untuk mengenalkan dan mengajarkan anak-anak untuk menabung sejak dini, serta berbagi kepada sesama. Kit for Kids ini dilaksanakan setiap Rabu di minggu pertama setiap bulannya.

Hal ini sejalan dengan himbauan Bank Indonesia (BI) kepada perbankan nasional, untuk lebih aktif mensosialisasikan gerakan menabung di masyarakat melalui program hari RaBu (Rajin Menabung). Melalui kegiatan ini, diharapkan para orangtua menjadi lebih terbuka wawasannya akan pentingnya menanamkan kesadaran menabung sejak dini kepada anak-anaknya.

Sementara, bagi anak-anak sendiri, hal ini dapat meningkatkan pemahaman akan prinsip menabung melalui beragam aktifitas yang bermanfaat dan menyenangkan. L Wulan Tumbelaka, Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga mengungkapkan, selain kegiatan menabung, Kit for Kids juga diisi dengan beragam kegiatan yang mengajarkan anak-anak untuk lebih mengenal dan peduli kepada lingkungan sekitarnya, termasuk berbagi kepada yang lebih membutuhkan.

Beragam aktivitas tersebut seperti bercocok tanam yang merupakan analogi dari menabung, yaitu merawat dan memelihara agar dapat tumbuh dan memperoleh hasil yang optimal. Dengan demikian, anak-anak menjadi lebih mengenal tanaman dan proses penanamannya, serta peduli kepada lingkungan sekitar.

“Sangat penting untuk menanamkan semua itu kepada anak-anak sejak dini, karena hal itu yang akan dijadikan pegangan mereka kelak besar nanti, sebagai generasi muda penerus bangsa yang berperan aktif dalam pembangunan perekonomian bangsa,” kata Wulan di Kupang, NTT, Rabu (6/2).

Kegiatan Kit for Kids ini menjadi bagian dari program “Ayo Menabung & Berbagi” tahun 2013, setelah sukesnya penyelenggaraan kegiatan yang sama pada 2011 dan 2012. Di Kupang, kegiatan Kit for Kids diselenggarakan di SD Negeri Naikoten 1, Kupang.

Kampanye E-Banking Financial Literacy

Wulan menambahkan , tahun ini program “Ayo Menabung & Berbagi” bakal diisi sesuatu yang baru, yaitu program edukasi perbankan kepada anak-anak dalam bentuk permainan melalui format media digital. Program yang dikenal dengan nama Electronic Banking (e-Banking) Financial Literacy ini, akan disertakan dalam program Kit for Kids mulai Maret 2013.

Wulan menjelaskan, nantinya setiap anak akan berkesempatan mencoba permainan yang disiapkan dalam laptop. Melalui aktivitas yang menyenangkan, interaktif dan menggunakan social media yang cukup digemari anak-anak, diharapkan pemahaman atas produk dan layanan perbankan dapat lebih mudah diterima anak-anak.

E-Banking Financial Literacy CIMB Niaga yang bertajuk “Pintar Bersama CIMB Niaga” mendukung implementasi branchless banking khususnya dalam hal kemudahan, keamanan, manfaat, kecepatan dan keakuratan dalam bertransaksi perbankan bersama CIMB Niaga, sehingga stakeholders memiliki kepercayaan untuk mendapatkan nilai manfaat lebih.

“Kami berharap, anak-anak menjadi lebih bersemangat mengenal produk dan layanan perbankan melalui e-Banking Financial Literacy ini, sehingga ke depan akan semakin banyak lagi masyarakat yang memaksimalkan jasa perbankan,” tutup Wulan. [rin]