Banyak Peluang Usaha Lain untuk Digeluti

BERKAH PENJUALAN MOTOR

Sabtu, 09/02/2013

Saat ini, pengguna sepeda motor begitu tinggi. Maklum, penjualan tahun lalu saja sudah lebih dari 4 juta unit. Asal tahu saja, dengan banyaknya sepeda motor yang berseliweran di jalan-jalan, maka tentu saja itu menjadi peluang usaha bagi masyarakat yang memiliki jiwa pengusaha.

Tak tanggung-tanggung, aksi membuka usaha itu akan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru ditengah sulitnya orang-orang mencari pekerjaan. Dengan demikian, selain berusaha dengan penghasilan tinggi, si empunya usaha juga telah membantu pemerintah menjalankan programnya, yakni mengurangi angka pengangguran.

Nah, bagi Anda yang ingin menggeluti usaha di yang berkaitan dengan kuda besi, tinggal pilih apa bidang apa yang cocok dan mampu dijalani. Pikirkan pula pasar serta permodalan yang Anda miliki, jika sudah seperti itu, keuntungan besar adalah sebuah keniscayaan untuk didapat. Adapun bidang usaha berkaitan dengan sepeda motor yang dapat dijalankan, antara lain:

Usaha Pencucian Sepeda Motor

Jika ingin yang simpel, usaha pencucian sepeda motor sangat pas bagi Anda yang tidak ingin repot mengelola usaha. Selain itu, biaya yang dihabiskan untuk modal investasi di usaha ini tidaklah besar. Namun, yang jelas peluangnya sangat terbuka lebar walaupun persaingan begitu ketat.

Nah, tinggal bagaimana strategi serta pelayanan yang Anda berikan. Maklum, yang namanya usaha di bidang jasa kepuasan pelanggan adalah nomor satu. Jadi, Anda harus pintar-pintar mengatur strategi menarik pelanggan.

Usaha Tambal Ban dan Ganti Oli

Jika Anda memilki kompresor dan sedikit skill, seperti kemampuan menambal ban motor dan mengganti oli, usaha ini pasti cocok untuk Anda. Membuka usaha seperti ini juga tak membutuhkan biaya investasi yang besar. Maklum, sebagai langkah awal, sebuah kios yang tidak terlalu besar bisa jadi modal awal.

Tentu saja, Anda harus memilki keahlian seperti yang telah disebutkan di atas tadi. Yakni, mampu menambal ban, ganti ban dan ganti oli. Namun, jika tidak, Anda dapat bekerja sama dengan orang yang memilki skill tersebut.

Ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan, semakin banyaknya jumlah kendaraan roda dua ini maka peluang usaha dibidang ini semakin bagus karena minimal setahun sekali orang akan mengganti ban luar dan banyak sekali kemungkinan terjadi kempes ban karena bocor.

Usaha Bengkel Motor

Usaha lainnya yang patut Anda coba adalah usaha bengkel motor. Mengingat penjualan kendaraan roda dua yang sangat tinggi merupaka sebuah peluang yang dapat dibaca dengan kasat mata. Tetapi, untuk membuka bengkel Anda harus dibekali kemampuan memperbaiki atau setidaknya memiliki pengetahuan seputar sepeda motor.

Ya, seiring berjalannya waktu dan seiiring bertambanya usia kendaraan, maka banyak bagian-bagian motor yang perlu diperbaiki atau diganti. Dengan kata lain, semakin banyaknya jumlah kendaraan roda dua ini maka peluang usaha untuk membuka bengkel semakin besar. (ahm)