Tips Membuka Usha Penjualan Spare Part Motor

Kalau ditilik dari penjualan sepeda motor yang cukup menjanjikan. Maka peluang membuka usaha penjualan sparepart juga pastinya sangat menjanjikan. Pasalnya, dalam beberapa setelah membeli sepeda motor pastinya ada spare part yang rusak dan perlu diganti.

Untuk itu, tidak salah jika banyak kalangan yang melirik kondisi ini sebagi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Namun, jangan salah, meski terlihat simpel, membuka usaha tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Nah, jika Anda ingin menggeluti bisnis di bidang ini, perhatikan hal-hal berikut agar usaha Anda mampu bertahan di tengah sengitnya persaingan.

Pertama, Anda harus mengetahui seluk beluk spare part. Soal spare part dan variasi motor secara umum dibagi menjadi dua kategori. Genuine Part yaitu sparepart motor yg merupakan rekomendasi dari vendor sepeda motor dgn Label Merk Genuine Part seperti Honda Genuine Part, Yamaha Genuine Part, Suzuki Genuine Part dan lain sebagainya. Atau Spare part diluar dari produk Genuine part seperti merk GP-1, Indopart, Aspira, Federal dan lain sebagainya.

Lalu, tetapkan harga yang mampu bersaing degan yang lain. Maklum, masayarakat Indonesia terkenal dengan penyuka harga murah. Soal kualitas, diletakkan di nomor sekian. Maka dari itu, cari distributor yang juga memberi harga miring.

Setelah itu, pilih lokasi usaha yang strategis. Lokasi usaha memang sangat menentukan tingginya penjualan pengusaha spare part motor. Kalau salah dalam menentukan lokasi usaha, jangan berharap usaha yang Anda jalani akan sukses.

Terakhir, beri pelayanan pemasangan sparepart ke sepeda motor. Untuk itu, Anda juga harus bekerjasama dengan mekanik andal. Karena, biasanya pemilik kendaraan tidak mau repot membeli sparepart di suatu tempat, dan memasangnya di tempat lain. (ahm)

BERITA TERKAIT

Waralaba Diklaim Gerbang Generasi Muda Mulai Usaha

Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar mengatakan, sekarang ini banyak anak muda yang ingin mandari secara ekonomi. Salah…

Tahun 2019, Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Aplikasikan Tekhnologi

Pemanfaatan teknologi digital untuk bisnis, khususnya skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sudah menjadi sebuah keharusan. Sebab itu, upaya…

Pesatnya Perkembangan Pasar Modern dan Digitalisasi, Sarinah Tetap Bina UMKM

BUMN ritel PT Sarinah (Persero) menyatakan yakin bisa tetap eksis di tengah pesatnya perkembangan dunia digital. Untuk itu, Sarinah tetap…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Waralaba Diklaim Gerbang Generasi Muda Mulai Usaha

Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar mengatakan, sekarang ini banyak anak muda yang ingin mandari secara ekonomi. Salah…

Tahun 2019, Pemerintah Targetkan 8 Juta UMKM Aplikasikan Tekhnologi

Pemanfaatan teknologi digital untuk bisnis, khususnya skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sudah menjadi sebuah keharusan. Sebab itu, upaya…

Pesatnya Perkembangan Pasar Modern dan Digitalisasi, Sarinah Tetap Bina UMKM

BUMN ritel PT Sarinah (Persero) menyatakan yakin bisa tetap eksis di tengah pesatnya perkembangan dunia digital. Untuk itu, Sarinah tetap…