Komitmen BNI Jaga Kelestarian Lingkungan

Sabtu, 09/02/2013

PT Bank Negara Indonesia Tbk berusaha menjelaskan kepada segenap nasabah dan masyarakat luas bahwa praktek bisnis yang berkelanjutan (sustainable business) akan membawa arah yang lebih baik dan bertanggungjawab terhadap lingkungan dan alam.

Pada tahun ini, Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyiapkan 2 juta bibit pohon, meningkat dua kali lipat dari jumlah bibit pohon yang dikembangkan tahun 2012. Ini sejalan dengan langkah pemerintah dalam menghijaukan bumi melalui program penanaman 1 miliar pohon per tahun.

Sebagai pembukanya, diawal tahun ini BNI menyediakan 200.000 bibit pohon untuk kegiatan penghijauan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Cianjur Jawa Barat. Penyerahan bibit pohon kepada masyarakat di sekitar taman nasional tersebut dilakukan secara simbolis oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Sekretaris Perusahaan BNI Tribuana Tunggadewi menuturkan, dengan menyiapkan 2 juta bibit pohon pada 2013 sebagai salah satu bentuk gerakan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) merupakan komitmen BNI dalam menjaga kelestarian lingkungan. Perbankan yang menerapkan bisnis berkelanjutan baik untuk kepentingan internal maupun eksternal, akan memperoleh laba dalam jangka panjang sehingga menjadi bank yang lebih baik.

"Keterlibatan dalam penghijauan ini merupakan strategi penting dalam membangun sustainable banking atau green banking. Isu green banking ini terus menghangat, bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia," ujarnya.

Hadir dalam penyerahan secara simbolis bibit pohon bagi masyarakat di taman nasional tersebut, antara lain Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Wakil Direktur Utama BNI Felia Salim, dan Ketua Paguyuban Budiasi Mayor Jenderal TNI Doni Monardo.

Sepanjang 2012, BNI telah menanam 1,29 juta pohon untuk menghijaukan Indonesia yang dilakukan secara bertahap.