2013, BNI Buka 3 Perwakilan di Timur Tengah

NERACA

Jeddah - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mengaku akan segera membuka kantor perwakilannya di tiga kota penting di Arab Saudi, yaitu Jeddah, Mekkah dan Madinah, untuk mempermudah arus keuangan dan kenyamanan finansial jemaah ibadah haji dan umrah.

"Kami sudah menjajagi pembukaan kantor cabang di Arab Saudi. Insya Allah dalam waktu dekat sudah bisa beroperasi," kata Direktur Utama BNI, Gatot M Suwondo, di sela-sela Forum Bisnis Indonesia-Arab Saudi di Jeddah, Senin, yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Gatot, pembukaan kantor cabang penuh tersebut menindaklanjuti MoU pemerintah Indonesia dan Arab Saudi yang ditandatangani di Bali 11 April 2012. Artikel 24 MoU tersebut berbunyi kedua belah pihak menyambut baik persetujuan pemerintah Saudi Arabia untuk pembukaan cabang BNI di Arab Saudi.

Dengan demikian, akan melengkapi kantor cabang luar negeri yang ada di Singapura, Tokyo, Hong Kong, London dan New York, serta cabang pembantu di Osaka. Menurut Senior Wakil Presiden BNI A Firman Wibowo, pembukaan kantor cabang itu akan mempermudahkan transaksi keuangan bagi 1,3 juta pekerja, jemaah haji 300 ribu per tahunn, dan jemaah umrah 750 ribu per tahun.

"Untuk memudahkan pekerja kirim uang, yang untuk jemaah haji cukup bawa kartu ATM saja tidak perlu banyak bawa uang tunai, dan TKI pulang cukup bawa ATM,” terang Firman. Sedangkan untuk pengusaha akan mempermudah trade financing bisnis, arus ekspor impor, karena pengusaha Indonesia banyak ekspor makanan, agribisnis, perikanan, dan teksil.

Gatot Suwando juga mengungkapkan, ada perputaran uang yang sangat besar. Sebanyak US$500 juta-US$600 juta setiap tahun, yang berputar untuk akomodasi hotel, makanan, oleh-oleh dan dilanjutkan perdagangan.

"BNI ingin menjadi Jembatan investasi pengusaha Indonesia dan Arab Saudi," kata Gatot. Perseroan, lanjut dia, sudah menjajaki lokasi kantornya. Tinggal menunggu izin otoritas keuangan Arab Saudi. Dia pun mengaku sudah mendapat dukungan dari Kementerian Agama, Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan. [ardi/ant]

BERITA TERKAIT

Kemenkop Gandeng BNI dan Perumnas Bangun Perumahan ASN

Kemenkop Gandeng BNI dan Perumnas Bangun Perumahan ASN NERACA  Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Bank BNI dan Perumnas…

Memberikan Kepastian Hukum - Kajian Regulasi Zakat Saham Tengah Digodok

NERACA Jakarta – Berinvestasi memburu cuan sambil bersedekah, saat ini tengah menjadi tren di industri keuangan dan termasuk di pasar…

PENGEMBANGAN BNI CORPORATE UNIVERSITY

Direktur Kepatuhan BNI Endang Hidayatullah (kanan) berbincang dengan Pemimpin Divisi BNI Corporate University Wicaksono Sarwo Edi (kiri) dalam BNI Media…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Kredit Bank DKI Tumbuh 27,9%

      NERACA   Jakarta – Sepanjang 2018, Bank DKI mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 27,95 dari semula sebesar Rp27,1…

BI Tahan Suku Bunga Acuan

      NERACA   Jakarta – Bank Indonesia (BI) menahan suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate…

Bunga The Fed Diyakini Hanya Naik Sekali

      NERACA   Jakarta - Bank Indonesia mengubah proyeksinya untuk kenaikan suku bunga acuan The Federal Reserve, Bank…