Sepanjang Tahun 2012, - Industri Makanan dan Minuman Tumbuh di Atas Target


NERACA
Jakarta - Pertumbuhan ekonomi yang tetap stabil dan daya beli masyarakat yang cukup baik membuat konsumsi makanan dan minuman di Indonesia mengalami peningkatan tajam. Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) memprediksi pertumbuhan industri mamin akan mencapai 8,2%, tetapi kenyataannya pertumbuhan industri mamin telah mencapai 12,75%.
“Awalnya kita hanya menargetkan pertumbuhan berkisar 8,2% mengingat angka tersebut diperoleh pada kuartal III/2012. Akan tetapi pertumbuhan industri makanan justru telah mencapai 12,75%. Angka ini diluar ekspektasi para pengusaha," kata Ketua Umum Gapmmi Adhi Lukman di Jakarta, Senin (4/2).  
Menurut dia, investasi di industri mamin juga meningkat tajam, baik investasi lokal mau asing. Hal ini juga menjadi peningkatan pencapaian pertumbuhan industri mamin. Data Kementerian Perindustrian memperlihatkan penanaman modal dalam negeri di industri makanan pada tahun lalu tercatat senilai Rp11,2 triliun, naik 40% dibandingkan periode yang sama pada 2011 yakni senilai Rp7,9 triliun.
Adapun, total nilai investasi asing di industri tersebut pada tahun lalu naik 61,4% dari US$1,1 miliar pada 2011 menjadi US$1,7 miliar yang menjadi kontributor ketiga terbesar penanaman modal di bidang manufaktur. "Peningkatan kebutuhan masyarakat seiring dengan kenaikan jumlah penduduk juga menjadi salah satu faktor pendorong meningkatnya produksi," ujarnya.
Namun demikian, pihaknya menargetkan industri makanan pada tahun ini hanya tumbuh 8%. Hal ini akibat banyaknya kendala yang dihadapi seperti penaikan upah buruh, tarif dasar listrik, dan gas yang dapat meningkatkan biaya produksi.
Adhi berharap pemerintah dapat segera memperbaiki infrastruktur dan sarana transportasi agar pengusaha dapat menutupi kenaikan biaya produksi dengan mengurangi biaya logistik ke berbagai daerah di Tanah Air.
Peran Penting
Sementara Dirjen Agro Industri Kementerian Perindustrian, Benny Wahyudi menjelaskan bahwa industri makanan dan minuman termasuk tembakau memiliki peranan penting dalam pembangunan sektor industri terutama terhadap produk domestik bruto (PDB) industri nonmigas dibanding subsektor lainnya mencapai 35,73%.
Ia  mengungkap, selain industri makanan dan minuman maka industri alat angkut, mesin dan peralatan juga memberikan sumbangan cukup tinggi sebesar 228,12%, industri pupuk, kimia dan barang dari karet sebesar 12,27%.
Kemudian tekstil, barang kulit dan alas kaki yang mencapai 9,20%, barang kayu dan hasil hutan lainnya 4,80%, kertas dan barang cetakan 3,91%, semen dan barang galian bukan logal 3,38% dan logam dasar besi dan baja sekitar 1,91%.  
Kondisi ini juga, lanjut Benny, didukung pula oleh pangsa pasar yang besar dengan pertumbuhan yang tinggi. Pada 2009 laju pertumbuhan mencapai 11,22%. Namun pada 2010 merosot hanya 2,78%, dan pada 2011 kembali meningkat mencapai 9,19%.
Benny Wahyudi mengatakan, pertumbuhan kumulatif industri makanan, minuman, dan tembakau pada kuartal kedua 2012 sebesar 7,03% mengalami kenaikan dibanding laju pertumbuhan kumulatif triwulan kedua pada 2011 hanya 6,93%. Kalau dilihat dari penerimaan devisa sektor industri nonmigas melalui ekspor, industri makanan dan minuman mampu memberikan sumbangan yang cukup berarti. “Pada 2011 nilai ekspor makanan dan minuman sebesar US$13,73 miliar  naik dibanding periode sama 2010 hanya US$9,26 miliar,” katanya.
Impor tinggi
Meski demikian, lanjut dia, impor makanan dan minuman masih cukup besar mencapai US$1,94 miliar pada 2011, dan masih adanya ketergantungan terhadap bahan baku impor yang cukup besar diantaranya, gandum 5,6 juta ton, gula 2,7 juta ton dan biji kedelai dua juta ton. “Selain itu juga, Indonesia masih mengimpor lebih dari 70% bahan baku untuk industri pengolahan susu,” ujarnya.
Dia menambahkan, pangsa pasar produk makanan dan minuman yang cukup besar tersebut akan mendorong tumbuhnya permintaan bahan tambahan pangan. “Saat ini saja lebih dari 30% kebutuhan bahan tambahan pangan (BTP) masih impor. Untuk itu kami mengundang investor untu menanamkan investasinya dibidang indusgtri BTP di Indonensia,” katanya.
Menurut dia, sejumlah bahan tambahan pangan mulai dari pewarna, pemanis buatan, pengawet, penyedap dan pengawet rasa dan aroma, antioksidan, antikempal, pengatur keasaman, pemutih, dn pematang tepung, pengemulsi hingga pengental masih diimpor dari Eropa, Amerika Serikat dan China. Oleh karena itu pengembangan industri ke depan harus fokus kepada penguatan seluruh rantai nilai agar tercipta pembangunan industri yang berkelanjutan dengan struktur industri yang kuat serta menghasilkan nilai tambah yang tinggi,” katanya.

BERITA TERKAIT

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…

BERITA LAINNYA DI Industri

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…