Tanda Stroke yang Harus Dikenali

Sabtu, 02/02/2013

Stroke ibarat sebuah angin kencang yang melanda otak, datang tiba-tiba dan banyak menimbulkan kerusakan. Tetapi dengan penanganan yang cepat dan tepat, akibat lanjutan yang ditimbulkan oleh stroke dapat dikurangi.

Stroke sendiri, diakibatkan karena adanya sumbatan pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah di otak. Jika terjadi kondisi tersebut bagian otak yang teraliri darah tidak akan mendapat suplai darah sehingga fungsinya terganggu. Jika bagian yang terkena tersebut mengatur anggota gerak, maka akan terjadi kelemahan anggota tubuh satu sisi yang terjadi tiba-tiba.Berikut adalah tanda-tanda seseorang terkena stroke.

Penurunan Kesadaran

Kondisi ini lebih sering terjadi pada stroke perdarahan, walaupun pada stroke sumbatan juga dapat terjadi. Adanya perdarahan di kepala akan menyebabkan penurunan kesadaran karena gangguan metabolisme. Demikian juga dengan adanya sumbatan pembuluh darah, fungsi otak akan terganggu dan penurunan kesadaran salah satu tandanya.

Mulut Mencong

Mulut mencong sebenarnya sama mekanismenya dengan kelemahan anggota tubuh, tetapi yang terganggu adalah bagian yang mengatur saraf wajah. Dapat diamati secara tiba-tiba munculnya mulut mencong. Tanda ini cukup sensitif untuk mengenali stroke, dan bisa jadi menjadi satu-satunya tanda yang tidak dapat disangkal oleh penderita stroke.

Bicara Cadel

Kesulitan untuk bicara bisa jadi menjadi gejala yang muncul. Kesulitan ini muncul terutama jika mengucapakan huruf ”R” yang menjadi “L”.

Tanda-tanda tersebut adalah tanda yang mudah dikenal oleh orang awam. Jika muncul tanda-tanda tersebut segeralah bawa penderita ke dokter terdekat agar penanganan terbaik dapat diperoleh.