Duet Sun Life-Khazanah Akuisisi CIMB Aviva

NERACA

Jakarta - Sun Life Financial Inc. (Sun Life) dan Khazanah Nasional Berhad (Khazanah) menjalin kemitraan strategis dengan membeli 98% saham atau senilai RM1,8 miliar CIMB Aviva Assurance Berhad. Kevin Strain, Presiden Sun Life Financial Asia, mengatakan Sun Life dan Khazanah masing-masing membayar RM900 juta berkaitan dengan transaksi tersebut, yang meliputi perjanjian baru bancassurance eksklusif yang berlaku untuk 20 tahun dengan CIMB Bank.

Mengenai kepemilikan saham, Sun Life dan Khazanah masing-masing membeli 49% saham Aviva International Holdings Limited dan CIMB Group Holdings Berhad (CIMB Group). Namun, CIMB Group tetap mempertahankan dua persen sahamnya. “Transaksi ini meliputi hak eksklusif mendistribusikan produk-produk asuransi, yang sejalan dengan strategi kami dalam memperluas jaringan di Asia,” kata Kevin, melalui keterangan tertulis yang diterima Neraca, Kamis (24/1).

Distribusi produk-produk asuransi ini, lanjut dia, termasuk produk takaful melalui jaringan CIMB Bank di seluruh Malaysia. Jaringan ini terdiri dari 312 cabang di seluruh negeri dan delapan juta nasabah. Melalui Khazanah dan CIMB, Sun Life memiliki mitra yang sangat kuat dengan platform distribusi yang luas.

“Kombinasi pengalaman asuransi global Sun Life, keahlian strategis dan keuangan Khazanah sebagai investor di kawasan serta keberadaan CIMB sebagai bank yang kuat, akan memberikan nilai yang sangat positif,” ujarnya.

Sementara Managing Director Khazanah, Tan Sri Dato’ Azman bin Hj Mokhtar, mengungkapkan kerja sama ini merupakan investasi penting bagi Khazanah. Hal itu bukan saja menandai kesempatan untuk berinvestasi dalam aset dalam sektor yang bertumbuh, namun juga membawa kemitraan komersial yang unik di antara tiga mitra yang kuat, yakni Sun Life, Khazanah, dan CIMB.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan mitra-mitra bancassurance baru yang telah kami pilih setelah proses seleksi yang panjang. Bancassurance tetap menjadi komponen utama dalam proposisi manajeman kekayaan kami dan kami yakin bahwa perjanjian bancassurance yang lebih baik dan potensi sinergi regional,” ungkapnya. Pengajuan akuisisi oleh Sun Life dan Khazanah tunduk pada pengesahan regulator di Kanada dan Malaysia. Transaksi ini diharapkan dapat selesai pada semester I 2013 mendatang. [ardi]

BERITA TERKAIT

Pemerintah Serap Rp22 Triliun dari Lelang SUN

      NERACA   Jakarta - Pemerintah menyerap dana Rp22,05 triliun dari lelang tujuh seri surat utang negara (SUN)…

CIMB Niaga Maksimalkan Potensi Bisnis Wealth Management

    NERACA   Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus memaksimalkan potensi bisnis wealth management seiring…

Hartadinata Akuisisi Perusahaan E-Commerce

Kembangkan ekspansi bisnisnya, PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) pada tanggal 15 Juli 2019 menandatangani akta perjanjian penyertaan modal yang pada…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Pemerintah Serap Rp22 Triliun dari Lelang SUN

      NERACA   Jakarta - Pemerintah menyerap dana Rp22,05 triliun dari lelang tujuh seri surat utang negara (SUN)…

IMF Desak Negara-negara Hindari Kebijakan Perdagangan Terdistorsi

    NERACA   Jakarta - Ketegangan perdagangan sejauh ini tidak secara signifikan mempengaruhi ketidakseimbangan neraca berjalan global, tetapi membebani…

BI Yakin Arus Modal Asing Tetap Deras - Suku Bunga Acuan Turun

      NERACA   Jakarta - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meyakini aliran modal asing akan tetap masuk…