free hit counter

Teknologi UHT, Cara Cerdas Menjaga Kesegaran Susu

Rabu, 23/01/2013

NERACA

Jakarta – Mengkonsumsi susu segar sangat penting untuk meningkatkan asupan gizi dalam tubuh. Namun dalam mengkonsumsi susu, dituntut juga untuk tahu bagaimana memilih mana susu yang segar secara alami dan susu segera dengan bahan pengawet. Pasalnya, sikap keteledoran dalam sembarang mengkonsumsi susu dan terlebih dengan bahan pengawet bisa mengakibatkan keracunan. Alih-alih bisa meningkatkan asupan gizi dan tambah sehat dengan mengkonsumsi susu, malah sebaliknya masuk rumah sakit.

Tentu kondisi tersebut, harus di hindari. Lalu bagaimana caranya, disini masyarakat dituntut untuk aware dan jeli memilah dan memilih susu segar yang alami dan susu dengan bahan pengawet. Hal ini sangat berasalan, lantaran pesatnya perkembangan industri susu dan banyaknya jenis susu yang beredar di pasaran di Indonesia memaksa orang tua sering dihadapkan pada dilema dalam pemilihan susu yang tepat. Untuk itu, orang tua perlu mengetahui bagaimana cara memilih susu yang tepat untuk tumbuh kembang anak.

Susu merupakan minuman dengan kandungan gizi tinggi, karena itu sangat mudah dirusak mikroorganisme. Maka susu yang baik adalah yang mengandung sedikit bakteri, tidak mengandung spora mikroba patogen, tapi rasanya tetap enak.

Direktur Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center, Purwiyatno Hadi mengatakan, kini cara efektif menjaga keberlangsungan susu alami adalah dengan proses teknologi strelisasi Ultra High Temperature (UHT), “Dengan teknologi UHT, cara efektif membunuh mikroba maupun bakteri berbahaya yang diolah dengan susu pemahasan sangat tinggi tanpa merubah mutu dan kandungan gizi yanga ada dalam susu,”katanya.Next