MNC Kantongi Laba Bersih Tumbuh 51% di 2012

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC) mengalami peningkatan laba bersih sekitar 51% sepanjang tahun 2012 atau menjadi Rp1,61 triliun dari tahun sebelumnya sebesar Rp1,07 triliun, “Pencapaian kinerja di tahun 2012 tidak terlepas dari kuatnya kinerja pada kuartal keempat yang mengkompensasi kinerja kuartal ketiga yang relatif rendah akibat adanya penundaan pembukuan penerimaan iklan setelah Ramadhan, “kata CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo di Jakarta kemarin.

Kata Hary Tanoe, pihaknya tidak hanya berhasil menjalankan rencana operasional dan melampaui target keuangan, tetapi juga berhasil meningkatkan dividen payout ratio menjadi 45% pada rapat umum pemegang saham tahunan.

Dia menilai, kondisi perekonomian Indonesia yang dinilai bertumbuh postif ke depan akan mendorong kinerja industri media menjadi lebih baik di tahun ini Dia menegaskan, pencapaian kinerja perseroan tersebut tidak ada hubungannya dengan mundurnya dia dari partai politik Nasional Demokrat (Nasdem). "Hanya saja kedua kejadian tersebut secara insidensial berlangsung hari ini,”paparnya.

Pihaknya mencatat, margin laba bersih perseroan meningkat menjadi 26% dari posisi 2011 yang hanya 20%. Mayoritas pendapatan perseroan sepanjang tahun lalu masih berasal dari iklan yakni Rp5,37 triliun atau 88% dari total pendapatan perseroan.

Pendapatan konsolidasi pada tahun 2012 tercatat naik sekitar 13% menjadi Rp6,09 triliun dibandingkan Rp5,39 triliun pada tahun lalu dan EBITDA mengalami peningkatan sebesar 38%.

Lanjutnya, salah satu strategi perseroan, yaitu memproduksi konten secara berkesinambungan. "Program acara kami semakin kuat setiap tahun dan rata-rata pangsa pemirsa untuk tiga stasiun TV kami di tahun 2012 adalah 38% pada saat prime time untuk all demographics,” jelasnya.

Dengan adanya dukungan program tersebut, MNCTV dapat meningkatkan pangsa pasar menjadi 15% pada tahun 2012 dari 10,4% pada tahun 2011. "Penyiaran televisi tetap menjadi platform media terbaik untuk menarik pangsa pemirsa yang lebih besar dari para pemasang iklan." ujarnya. (lia)

BERITA TERKAIT

Mata Uang Digital Di Indonesia Mulai Tumbuh

  NERACA   Jakarta - Pakar keuangan dari Skipjack Corporation Profesor Dr Mike Irvan melihat mata uang digital mulai tumbuh…

Rambah Bisnis Air Bersih - RAJA Siapkan Dana Akuisisi US$ 1,6 Juta

NERACA Jakarta – Kembangkan ekspansi bisnis di tahun depan, PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) menambah lini bisnis baru di sektor…

Reksadana Pendapatan Tetap Tumbuh 2,80%

NERACA Jakarta – Performance kinerja rata-rata reksadana pendapatan tetap sepanjang bulan November kemarin masih positif. Berdasarkan data Infovesta Utama, kinerja…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Kebanjiran Proyek Infrastruktur - Cashflow Waskita Beton Akhir Tahun Positif

NERACA Jakarta – Jelang tutup tahun yang tinggal menghitung hari, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) diproyeksikan mencatatkan cashflow operasional…

Ramaikan Harbolnas - Bukalapak Targetkan Transaksi Rp 1,6 Triliun

NERACA Jakarta - Meriahkan hari belanja online nasional (Harbolnas) di akhir tahun ini, Bukalapak yang selalu berpatisipasi selalu menghadirkan banyak…

Sentul City Bukukan Penjualan Rp 813 Miliar

NERACA Bogor – Emtien properti, PT Sentul City Tbk (BKSL) berhasil mencatatkan kinerja positif di kuartak tiga 2018. Dimana perseroan…