Ini Dia Ekspor RI ke AS

NERACA - Amerika Serikat (AS) adalah negara target ekspor non-migas ketiga terbesar, setelah China dan Jepang. Nilai ekspor non-migas Indonesia ke AS dari Januari sampai November 2012 adalah US$ 13,4 miliar. Nilai tersebut turun dari periode yang sama, setahun sebelumnya, yaitu US$ 14,4 miliar.

Pada 2011, nilai ekspor Indonesia ke AS adalah US$ 19,1 miliar, sementara nilai impor Indonesia dari AS adalah US$ 7,4 miliar. Dengan demikian, Indonesia mendapatkan surplus perdagangan US$ 11,7 miliar. Tetapi kalau dilihat dari perdagangan sektor jasa, AS memiliki surplus perdagangan jasa senilai $ 1,3 miliar.

Terdapat lima kategori ekspor terbesar Indonesia ke AS pada tahun 2011, yaitu karet senilai $ 3,6 miliar, pakaian knit senilai $ 2,8 miliar, pakaian kain senilai $ 2,2 miliar, mesin listrik senilai $ 1,8 miliar, dan bahan bakar mineral (minyak) senilai $ 847 juta.

Jika dilihat dari jenis komoditas yang diekspor, untuk komoditas pertanian, nilai ekspor Indonesia pada tahun 2011 adalah US$ 4,3 miliar. Beberapa komoditas pertanian utama yang diekspor ke AS adalah karet, minyak tropis, kopi, rempah-rempah, dan cokelat.

Sementara, beberapa kategori utama yang diimpor Indonesia dari AS pada tahun 2011 adalah pesawat senilai US$ 1,2 miliar, bibit dan buah (terutama kedelai) senilai US$ 869 juta, benang kapas dan fabrik senilai US$ 522 juta, dan sereal (gandum dan jagung) senilai US$ 398 juta.

Di sektor pertanian, komoditas-komoditas utama yang diimpor Indonesia dari Amerika adalah kedelai, kapas, makanan ternak, gandum, dan produk susu.

Nilai investasi saham AS di Indonesia adalah US$ 11,6 miliar, yang terkonsentrasi di sektor pertambangan. Sedangkan nilai invetasi Indonesia di AS kalah jauh, yaitu hanya US$ 155 juta.

BERITA TERKAIT

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…