Bangun Jiwa Wirausaha Mahasiswa - Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), berikan bantuan modal usaha kepada 70 mahasiswa di lingkungan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh dengan perincian modal usaha sebesar Rp8 juta/orang. Bantuan ini dimaksudkan untuk membangun jiwa wirausaha bagi setiap lulusan perguruan tinggi di masa mendatang.

Selain aktivitas kewirausahaan (Entrepreneurial Activity) yang relatif masih rendah, sebagian besar lulusan Perguruan Tinggi cenderung lebih sebagai pencari kerja (job seeker) daripada pencipta lapangan pekerjaan (job creator). Hal ini disebabkan oleh sistem pembelajaran yang diterapkan di berbagai perguruan tinggi saat ini lebih terfokus pada bagaimana menyiapkan para mahasiswa yang cepat lulus dan mendapatkan pekerjaan, bukannya lulusan yang siap menciptakan pekerjaan.

Untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dan meningkatkan aktivitas kewirausahaan agar para lulusan perguruan tinggi lebih menjadi pencipta lapangan kerja, Direktorat Pendidikan Tinggi mengembangkan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis IPTEKS kepada para mahasiswa agar menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global.

Dalam rangka keberlanjutan, program ini juga bertujuan mengembangkan kelembagaan pada perguruan tinggi yang dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan. Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan pendidikan tinggi yang pada kenyataannya menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

Rektor Unsyiah Samsul Rizal di Banda Aceh menuturkan, PMW bertujuan membentuk karakter mahasiswa yang memiliki motivasi untuk mampu menghidupkan dirinya sendiri dan orang lain, bukan bukan hanya mengandalkan sebagai pekerja di pemerintahan setelah menamatkan studi di perguruan tinggi.

"Belum lama ini, sebanyak 70 mahasiswa di lingkungan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp8 juta/orang. Bantuan modal usaha untuk mahasiswa tersebut merupakan bagian dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)," kata dia.

Sementara itu, bantuan modal usaha yang di salurkan untuk mahasiswa ini merupakan bagian dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang dicanangkan untuk membangun jiwa wirausaha bagi setiap lulusan perguruan tinggi di masa mendatang. Melalui bantuan dana tersebut, mahasiswa penerima manfaat diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya dalam berbisnis dan bersaing dengan wirausaha lainnya.

Nah, agar mahasiswa mandiri dalam berwirausaha dan mampu menjadi pembuka lapangan kerja baru di masa mendatang, menurut Samsul, modal awal untuk menjadi seorang pelaku usaha antara lain adalah ketelitian dan mampu memanfaatkan peluang yang ada terhadap usaha yang digeluti oleh setiap wirausahawan."Kami yakin dengan membaca peluang yang akan mampu bersaing dengan produk lainnya yang ada di pasaran," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Sambut Wacana Junior Program - KSEI Pastikan Tidak Ada Kendala Berarti

NERACA Jakarta – Wacana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membuka akses bagi remaja membuka rekening efek tanpa KTP atau lebih dikenal…

Wagub Jabar Dorong SMK/SMA Buat Program Pendidikan Kewirausahaan

Wagub Jabar Dorong SMK/SMA Buat Program Pendidikan Kewirausahaan NERACA Indramayu - Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum…

Gandeng IKA ITS, BNI Life Tawarkan Program Asuransi

    NERACA   Jakarta - PT BNI Life Insurance (BNI Life) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Ikatan Alumni…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Literasi Kurang Efektif Tangkal Hoaks

    Pakar Saraf dari Institut Pertanian Bogor Berry Juliandi menyampaikan bahwa literasi informasi kurang efektif menangkal penyebaran kabar bohong…

Aborsi Jadi Fenomena Seperti Gunung ES di Kalangan Remaja

    "Saya ditanya oleh bidan, mau melihat anak saya tidak. Saya jawab, tidak. Tapi bidan itu bilang, masa tidak…

Peran Universitas Di Masa Depan

      Anggota komunitas Global University Leaders Forum bertemu di Pertemuan Tahunan Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) 2019…