Bangun Jiwa Wirausaha Mahasiswa - Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)

Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), berikan bantuan modal usaha kepada 70 mahasiswa di lingkungan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh dengan perincian modal usaha sebesar Rp8 juta/orang. Bantuan ini dimaksudkan untuk membangun jiwa wirausaha bagi setiap lulusan perguruan tinggi di masa mendatang.

Selain aktivitas kewirausahaan (Entrepreneurial Activity) yang relatif masih rendah, sebagian besar lulusan Perguruan Tinggi cenderung lebih sebagai pencari kerja (job seeker) daripada pencipta lapangan pekerjaan (job creator). Hal ini disebabkan oleh sistem pembelajaran yang diterapkan di berbagai perguruan tinggi saat ini lebih terfokus pada bagaimana menyiapkan para mahasiswa yang cepat lulus dan mendapatkan pekerjaan, bukannya lulusan yang siap menciptakan pekerjaan.

Untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dan meningkatkan aktivitas kewirausahaan agar para lulusan perguruan tinggi lebih menjadi pencipta lapangan kerja, Direktorat Pendidikan Tinggi mengembangkan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis IPTEKS kepada para mahasiswa agar menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global.

Dalam rangka keberlanjutan, program ini juga bertujuan mengembangkan kelembagaan pada perguruan tinggi yang dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan. Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan pendidikan tinggi yang pada kenyataannya menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun.

Rektor Unsyiah Samsul Rizal di Banda Aceh menuturkan, PMW bertujuan membentuk karakter mahasiswa yang memiliki motivasi untuk mampu menghidupkan dirinya sendiri dan orang lain, bukan bukan hanya mengandalkan sebagai pekerja di pemerintahan setelah menamatkan studi di perguruan tinggi.

"Belum lama ini, sebanyak 70 mahasiswa di lingkungan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh mendapat bantuan modal usaha sebesar Rp8 juta/orang. Bantuan modal usaha untuk mahasiswa tersebut merupakan bagian dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)," kata dia.

Sementara itu, bantuan modal usaha yang di salurkan untuk mahasiswa ini merupakan bagian dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang dicanangkan untuk membangun jiwa wirausaha bagi setiap lulusan perguruan tinggi di masa mendatang. Melalui bantuan dana tersebut, mahasiswa penerima manfaat diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya dalam berbisnis dan bersaing dengan wirausaha lainnya.

Nah, agar mahasiswa mandiri dalam berwirausaha dan mampu menjadi pembuka lapangan kerja baru di masa mendatang, menurut Samsul, modal awal untuk menjadi seorang pelaku usaha antara lain adalah ketelitian dan mampu memanfaatkan peluang yang ada terhadap usaha yang digeluti oleh setiap wirausahawan."Kami yakin dengan membaca peluang yang akan mampu bersaing dengan produk lainnya yang ada di pasaran," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Penyakit Kesehatan Jiwa dalam Perlindungan BPJS

Kesehatan jiwa masih dipandang sebelah mata. Masyarakat masih menganggap remeh dan mengabaikan penyakit ini. Akibatnya, mereka enggan memeriksakannya secara medis.…

1000 Wanita Dilatih Wirausaha Tanaman Herbal - Berdayakan Kaum Perempuan

Di era pesatnya pertumbuhan ekonomi digital saat ini, geliat roda ekonomi terus bergerak cepat sehingga menuntut masyarakatnya harus melek digital.…

Defisit Transaksi Berjalan Melebar - Oleh : Edy Mulyadi, Direktur Program Centre for Economic and Democracy Studies (CEDeS)

Defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) Indonesia masih tetap mengkhawatirkan. Sampai semester pertama 2018, defisit itu sudah mencapai US$8,03 miliar.…

BERITA LAINNYA DI PENDIDIKAN

Film "Prasangka" Juarai Lomba Film Pendek Koperasi

Tiga film pendek terbaik berhasil memenangkan Lomba Film Pendek Koperasi yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM Oktober 2018.  Ketiga film…

Pegawai Kemenkop dan UKM Lakukan Aksi Galang Dana Untuk Korban Bencana

Pegawai Kementerian Koperasi dan UKM melakukan aksi penggalangan dana bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.…

Presiden Setujui Pendirian Universitas Persis

      Presiden Joko Widodo menyetujui pendirian Universitas Persis sebagai bagian dari upaya pembangunan sumber daya manusia (SDM) agar…