Wisata Penantang Adrenalin - Bermain Airsoft Gun

Airsoft gun kini tidak hanya menjadi hobi dan olahraga yang mampu mensimulasikan kegiatanmiliteratau kepolisian dengan menggunakanreplikasenjata api. Tetapi, bermain airsoft gun kini menjadi ajang wisata yang sangat menantang.

NERACA

Ya, airsoft gun kini menjadi tujuan wisata untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman-teman yang sangat mengasikan. Permainan airsoft gun sendiri awalnya dimulai diJepangpada tahun1970-an, dimana kepemilikan senjata api sangat sulit atau tidak mungkin untuk didapatkan karena ketatnya peraturan. Kemudian para pencinta senjata lalu mencari alternatif yang legal untuk melakukan hobi mereka. Dan sekarang kegiatan airsoft paling populer di Jepang,Tiongkok,Hong Kong,Taiwan,Macau,Korea Selatan, dan juga menyebar keFilipinadanIndonesia.

Meski di sebagaian negara olahraga ini tetap dikatakan illegal, namun olahraga ini tetap berkembang pesat. Permainan airsoft gun juga sudah mulai populer diAmerika UtaradanEropa, khususnya di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Austria, Swiss, Perancis, Spanyol, Polandia, Portugal, Swedia, Finlandia, Norwegia,Italia,Belgia(yang didatangi pemain dariBelanda karena di negara mereka airsoft ilegal),Denmark, danChili, dan semakin menyebar didukung dengan komunitas Internet yang aktif.

Meski berbahaya, namun dengan perlengkapan keamanannya, wisata olahraga ini bisa dikatakan aman.Airsoft gun diciptakan untuk memenuhi hasrat pecinta senjata (positif) untuk mengalami pengalaman menembakkan senjata yang relatif aman untuk pengguna individu dan pengaplikasian strategi pertempuran dalam permainan perang-perangan/skirmish (war game) jika dalam suatu komunitas. Setiap komunitas yang baik dan bertanggung jawab selalu memiliki kode etik tersendiri, namun memiliki kesamaan prinsip demi keamanan dan kelangsungan hobi ini sendiri. Hobi ini termasuk hobi unik yang berbeda dengan hobi-hobi lainnya. Karena menggunakan alat permainan dan aksesoris lainnya yang merupakan replika dari senjata sebenarnya.

Dalam memainkan airsoft gun, permainan harus dilakukan dengan bijak, jika tidak bijak dalam memperlakukannya akan dapat merugikan orang lain dan pelaku hobi ini sendiri. Karena itu jika ada seseorang atau sekelompok orang yang tidak mematuhi kode etik penggunaan airsoft gun, mereka layak untuk tidak dianggap atau dikucilkan dari lingkup dunia hobiairsoft gun nasional maupun internasional.

Biasanya, dalam permainan airsoft gun sendiri biasanya dalam suatu peperangan terdiri dari 2 tim, masing-masing bermusuhan.Sebelum bermain, kedua tim ini diberitahukan peraturan pertandingan. Selain beolahraga, dalam bermain airsoft gun, pemain pun diajarkan untuk sportif, pemainnya terkena tembak harus mengakui bahwa tertembak dan kalah. Namun, sebelum pertandingan, pemain diwajibkan untuk menggunakan alat pelindung seperti body protector, helm hingga kacamata.

Semua peralatan tersebut wajib digunakan guna menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Meski tidak menyebabkan kematian, bermain airsoft gun bisa menyebabkan sakit, bentol bahkan luka berdarah bila terkena tembakan. Peluru airsoftgun sendiri terbuat dari plastik. Para pemain biasanya bermain ditempat ruko-ruko atau hutan-hutan kecil.

Tantangan dari permainan ini sendiri ialah bagaimana setiap tim menyiapkan strategi terbaiknya untuk mengalahkan tim musuh, tentunya dengan menembak satu demi satu lawan kita. Disini kita hars pandai-pandai melihat pergerakan tim musuh, gerakan kita pun harus lincah guna terhindar dari tembakan tim lawan.

Berikut ini, beberapa lokasi penyedia wisata airsoft gun. Pertama, Battle City, Lokasinya berada dibelakang Apartemen Laguna Pluit, Jakarta Utara. Tempat selanjutnya adalah Parlot, Lokasinya ITC Permata Hijau (Parking Lot), lalu LT 5, Squadron–72, Area 81, HALIOS dan masih banyak tempat lainnya. Yang tidak memiliki unit pun tidak perlu khawatir, beberapa tempat bahkan menyewakan unit, perlengkapan sampai arena bermainnya, harganya pun cukup murah dimulai dari Rp70rb/2 jam.

BERITA TERKAIT

SMF Salurkan Rp2,3 Miliar untuk Pembiayaan Destinasi Wisata

  NERACA Jakarta - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) (SMF) menandatangani perjanjian kerjasama pemberian pembiayaan homestay dengan Badan Usaha Milik Desa (BumDes) di…

Manfaat Menjelajahi di Kawasan Wisata Alam

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa alam memiliki metode untuk menyembuhkan fisik ataupun batin. Itulah sebabnya mengapa destinasi wisata alam…

Vietnam Jadi Sorotan dalam Peta Wisata Kawasan

Oleh: Mohammad Anthoni Forum pariwisata negara-negara Asia Tenggara (ASEAN Tourism Forum/ATF) tahun 2019 yang mengangkat tema "ASEAN - The Power…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Perayaan Imlek di Palu Tidak akan Semeriah Tahun Lalu

Perayaan Tahun Baru Imlek bagi warga keturunan China di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah tidak akan dilakukan secara meriah seperti…

Hotel Berkonsep Ramah Lingkungan Kian Diminati Turis

Di rumahnya di Amerika Serikat, Kerrie Springer bangga menjadi orang yang sadar melestarikan lingkungan. Jadi ketika dia memesan akomodasi satu…

Rencana Penutupan TN Komodo Perlu Dibahas Banyak Pihak

Rencana penutupan sementara Taman Nasional (TN) Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengundang perhatian banyak pihak. Pelaku industri pariwisata pun…