2012, CIMB Raih Predikat Terbaik di Bursa Singapura

NERACA

Kuala Lumpur - CIMB Securities, unit usaha internasional di bawah CIMB Group yang bergerak di bidang ekuitas, terus meningkatkan kinerja sejak akuisisi oleh GK Goh Securities dan untuk pertama kalinya unit ini menempati posisi teratas di Bursa Efek Singapura.

Carol Fong, CEO CIMB Securities menyatakan, dalam beberapa tahun ini kami berhasil mengembangkan jalur distribusi ekuiti yang sangat baik dan seimbang untuk melayani nasabah ritel maupun nasabah dari kalangan institusi di pasar utama kami di kawasan Asean.

“Kinerja sangat memuaskan sepanjang 2012 ini tidak lepas dari peran CIMB yang turut menangani penawaran umum saham perdana (IPO) sejumlah besar perusahaan termasuk IHH Healthcare Berhad dan Religare Health Trust," ujar dia, melalui keterangan tertulis yang diterima Neraca di Jakarta, Kamis (10/1).

CIMB, kata Carol, terus mendapat pengakuan sebagai salah satu broker terbaik di kawasan Asean, dengan menduduki posisi teratas di Kuala Lumpur dan posisi ketiga di Jakarta pada tahun lalu. Pada tahun yang sama, CIMB Group mengakuisisi unit cash equities dan investment banking RBS untuk kawasan Asia-Pasifik, di luar Jepang.

Dengan demikian, CIMB Group kini beroperasi di 18 negara, terdaftar di 9 bursa efek dan mendirikan badan usaha persekutuan (partnership) di 3 negara lainnya satu firma di Australia yang baru dibentuk dan dua firma lainnya di Hong Kong dan Cina yang saat ini jauh lebih besar dibanding sebelumnya.

CIMB Securities juga meraih penghargaan Top ASEAN SGX-ST Member 2012 dalam ajang SGX Broker Appreciation and Awards Night tanggal 8 Januari lalu di Singapura. Penghargaan diserahkan langsung oleh Magnus Bocker, CEO SGX kepada CIMB Securities dan empat anggota SGX-ST lainnya, sebagai pengakuan atas kontribusi mereka terhadap perkembangan pasar sekuritas SGX sepanjang tahun 2012.

Penganugerahan tersebut menambah daftar prestasi yang diraih CIMB, termasuk penghargaan 2012 StarMine Analyst Awards untuk Australia dan Selandia Baru belum lama ini, di samping penghargaan dari StarMine sebagai salah satu dari 5 broker terbaik di Asia serta sebagai broker dengan analis peraih penghargaan terbanyak di Singapura dilihat dari akurasi informasi dan akurasi estimasi.

Platform baru

Dalam ajang jajak pendapat Asiamoney Poll 2012, CIMB Securities Malaysia menempati posisi puncak sementara Indonesia, Thailand dan Singapura masuk dalam daftar 10 besar. "Prestasi ini menjadi bukti dan pengakuan bahwa CIMB Securities bukan hanya yang terdepan di sektor perbankan investasi tapi juga merupakan perusahaan yang berpotensi untuk terus berkembang sebagai pemain yang layak diperhitungkan, baik di dalam maupun di luar ASEAN, berkat investasi yang kami lakukan,” terangnya.

Usaha di bidang sekuritas tentunya perlu ditunjang pengadaan sumber daya dan teknologi yang tepat. Untuk itu, CIMB akan meluncurkan dan mulai memanfaatkan platform baru untuk perdagangan atau transaksi melalui internet pada Februari 2013 mendatang.

Platform ini dilengkapi dengan fitur yang disempurnakan. Tak hanya itu saja. Pihaknya juga berharap dapat menjadi broker pertama yang memiliki fasilitas "co-location" di SGX untuk dapat menekan latensi fisik dan membantu investor ritel mengakses data pasar dan melakukan pemesanan lebih cepat.

Fasilitas semacam ini diperlukan seiring kian meningkatnya kebutuhan akan akses data pasar yang cepat dan efektif. Untuk nasabah dari kalangan institusi, kami akan segera mengaplikasikan platform perdagangan elektronik yang dilengkapi fungsi algoritma dan akses langsung untuk mendapatkan data pasar," tandas Carol. [rin]

BERITA TERKAIT

Indonesia – Singapura Kerjasama Fasilitas SWAP

      NERACA   Bali - Presiden Joko Widodo menyambut baik kesepakatan bilateral currency swap arrangement (BCSA) antara Bank…

Garuda Raih Fasilitas Kredit US$ 200 Juta - Kerjasama Sinergis BNI

NERACA Bali – Danai pengembangan bisnis, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menandatangani kesepakatan kerjasama fasilitas Stand By Letter of…

Intikeramik Raih Restu Gelar Rights Issue - Danai Bisnis Properti

NERACA Jakarta – Perkuat struktur permodalan dalam menunjang ekspansi bisnisnya, pemegang saham PT Intikeramik Alamasri Industri Tbk (IKAI) merestui rencana…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Sompo Insurance Permudah Proses Klaim Asuransi Kendaraan

  NERACA   Jakarta - PT Sompo Insurance Indonesia (Sompo Insurance) kembali menyuguhkan hasil inovasi layanan klaim Pelanggan melalui peresmian…

10 Poin Hasil Pleno Development Committe IMF-World Bank

      NERACA   Bali - Development Committee (DC), perkumpulan menteri dan pejabat sektor keuangan seluruh dunia, melakukan pertemuan…

Wapres Harap Bank Pembangunan Jadi Investor Jangka Panjang

    NERACA   Bali - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta sejumlah bank pembangunan dunia, seperi Bank Dunia (WB), Bank…