Permintaan Mie Instan Bisa Capai 18 Miliar Bungkus

NERACA

 

Jakarta - Permintaan produk mi instan diprediksi terus menunjukan pertumbuhan di atas dua digit. Peningkatan pembelian mi instan yang meningkat ini didorong oleh tren konsumsi masyarakat yang mulai bergeser ke jenis makanan instan.

Asosiasi Roti, Biskuit dan Mi Instan (Arobim) memperkirakan permintaan mi instan pada tahun 2013 bisa mencapai 18 miliar bungkus. Angka ini menunjukan sinyal meningkat 10% lantaran pada tahun kemarin realisasinya hanya 16,5 miliar bungkus.

"Tahun ini, utilisasi produsen mi instan diproyeksikan mencapai 18 miliar bungkus, naik 10% dari realisasi pada 2012 sebesar 16,5 miliar bungkus. Kenaikan penjualan ditopang tren penggunaan mi instan sebagai makanan pengganti nasi," kata Ketua Umum Arobim, Sribugo Suratmo di Jakarta, Kamis (10/1).

Aktivas masyarakat yang makin padat membuat produk makanan instan, seperti mi instan jadi sasaran untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi. Imbasnya, kata dia, langsung mendorong ke penjualan produk mi instan secara konsisten. Potensi peningkatan permintaan mi instan ke depan juga tergolong besar. Untungnya, produk mi instan domestik bisa mengisi pertumbuhan permintaan mi instan. Pasalnya rata-rata utilisasi pabrik mi instan di Indonesia masih di bawah 80%. "Sehingga masih berpeluang untuk menggenjot produksi bila permintaan terus meningkat," katanya.

Meskipun Indonesia saat ini sebagai pasar mi instan terbesar kedua di dunia dibawah China, pabrikan mi instan tidak merasa cemas terhadap serbuan mi instan impor. Menurut Sribugo, konsumen mi di Indonesia sudah familiar dan loyal dengan rasa mi buatan dalam negeri.

Komponen bahan baku berupa terigu berkontribusi sebesar 80% terhadap biaya produksi industri mi instan di Indonesia. Asosiasi menilai fluktuasi harga bahan baku terutama terigu masih dalam batas yang ditoleransi oleh produsen mi instan. Jika kenaikan biaya bahan baku telah berdampak pada peningkatan biaya produksi, maka produsen mi instan akan menaikkan harga jual sebagai langkah antisipasi terakhir untuk menjaga margin.

Sribugo mengatakan dalam hal ini produsen mi instan juga akan saling melihat strategi kompetitor sebagai patokan menaikkan harga sesuai harga pasar. "Produsen akan berhati-hati dalam menaikkan harga jual, karena berkaitan dengan kepercayaan konsumen," ujar Sribugo. Produsen juga akan memperhitungkan terlebih dahulu besaran harga jual di tingkat distributor, sebelum menaikkan harga jual, sehingga bisa diketahui harga jual kepada konsumen, khususnya di wilayah yang infrastruktur distribusinya masih buruk.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), menurut Sribugo, masih menjadi pemimpin pasar mi instan di Indonesia pada tahun ini, dengan penguasaan pasar mencapai 70%. “ICBP masih menjadi nomor 1 sebagai produsen mi instan yang mempunyai pasar yang besar. Sementara Wings Group dengan produknya Mi Sedap menjadi produsen terbesar kedua, dengan pangsa pasar sekitar 20%-25%,” tandasnya.

Bangun Pabrik di Rusia

Potensi pasar mi instan cukup besar, terlebih beberapa negara banyak yang mengkonsumsi mi instan sebagai pengganti bahan makanan lainnya. Atas dasar potensi tersebut, Indonesia berkesempatan untuk membangun pabrik mi instan di Rusia. Pemerintah Indonesia dipimpin Menko Perekonomian Hatta Rajasa melakukan Sidang Komisi Bersama dengan pemerintah Rusia. Salah satu yang dijajaki adalah pembangunan pabrik mie instant di Rusia.

Hatta Rajasa mengatakan, produksi gandum Rusia yang sangat besar sangat berpotensi untuk digarap oleh industri di Indonesia, khususnya industri mie instant ini. "Di Kazakhstan kita sudah akan membangun pabrik mie instant. Di sini (Rusia) juga begitu, tampaknya Indofood tertarik untuk membangun pabrik Indomie di sini," kata Hatta beberapa waktu lalu di Moscow.

Pembangunan pabrik mie instant di Rusia ini bakal mengurangi impor gandum Indonesia yang nilainya mencapai US$ 3 miliar per tahun. "Nanti mie instant ini akan dipasarkan di sini (Rusia)," cetus Hatta. Selain mie instant, Hatta juga mengatakan, Indonesia ingin agar industrinya bisa mempunyai pabrik berbasis gandum di negeri beruang merah ini karena potensi pasarnya sangat besar dan bisa membuat produk Indonesia mendunia.

BERITA TERKAIT

Konsumen Cerdas Cipakan Pasar yang Adil

NERACA Jakarta – konsumen yang cerdas dapat berperan aktif dalam menciptakan pasar yang adil, transparan, dan berkelanjutan. Konsumen perlu meluangkan…

Sistem TI Pantau Pemanfaatan Kuota BBL

NERACA Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap menyiapkan sistem informasi pemantauan elektronik untuk mengawal…

UMKM Pilar Ekonomi Indonesia

NERACA Surabaya – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan pilar ekonomi Indonesia. Pemerintah akan terus memfasilitasi kemajuan UMKM dengan…

BERITA LAINNYA DI Perdagangan

Konsumen Cerdas Cipakan Pasar yang Adil

NERACA Jakarta – konsumen yang cerdas dapat berperan aktif dalam menciptakan pasar yang adil, transparan, dan berkelanjutan. Konsumen perlu meluangkan…

Sistem TI Pantau Pemanfaatan Kuota BBL

NERACA Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap menyiapkan sistem informasi pemantauan elektronik untuk mengawal…

UMKM Pilar Ekonomi Indonesia

NERACA Surabaya – Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan pilar ekonomi Indonesia. Pemerintah akan terus memfasilitasi kemajuan UMKM dengan…