Siasat Atasi Borosnya Baterei Smartphone

Salah satu masalah yang seringkali ditemukan pada adalah cepatnya baterai habis saat digunakan, terkadang baterei tidak cukup untuk menunjang penggunaan smartphone untuk rutinitas sehari-hari. Hal itu disebabkan banyak faktor, mulai dari kinerja smartphone yang begitu hebatnya, sistem yang semakin rumit hingga transaksi data yang aktif demi memastikan pengguna tetap mendapatkan update dari internet secara real time. Berikut ini berapa hal yang wajib untuk diperhatikan untuk memaksimalkan penggunaan smartphone.

Pilih Operator yang Tepat

Operator yang kita gunakan secara tidak langsung berperan akan ketahanan baterei. Usahakan untuk memilih operator yang memiliki jaringan paling stabil di area kita. Hal tersebut bisa terindikasi dari kuatnya sinyal yang di tampilkan indikator. Operator yang memiliki jaringan yang buruk akan memaksa ponsel untuk mencari sinyal yang berujung pada banyaknya daya yang digunakan.

Ubah Jaringan ke 2G

Ketika tidak membutuhkan koneksi berkecepatan tinggi, sebaiknya ubah jaringan 3G ke 2G. kita akan tetap mendapatkan update seperti email atau push notification lain di jaringan ini, namun transfer rate yang rendah pada jaringan 2G tentu saja membutuhkan pasokan daya yang lebih sedikit. Dan lagi jaringan 2G biasanya relatif lebih stabil dibanding 3G.

Matikan Aplikasi yang Berjalan di Background

Seringkali pengguna keluar dari aplikasi yang digunakan hanya dengan menekan tombol end call. Cara ini sejatinya tidak benar-benar menghentikan aplikasi. Artinya ruang pada memori RAM masih aktif digunakan demikian pula prosesor yang bekerja lebih keras, dan kedua hal tersebut tentu membutuhkan daya yang lebih besar.

Gunakan Pouch

Pouch bawaan ataupun buatan pihak ketiga yang didesain khusus untukBlackBerrybiasanya dilengkapi magnet yang akan membuat smartphone masuk ke mode standby yang juga akan mematikan layar. Perlu diketahui, layar merupakan salah satu sektor yang paling banyak memakan daya baterai.

Atur Kecerahan Layar

Daya besar yang digunakan untuk layar adalah untuk menghidupkan backlight layar yang mempengaruhi tingkat kecerahan (brightness). Dan semakin tinggi tingkat brightness, semakin tinggi pula daya yang dikonsumsi. Untuk itu sebaiknya atur tingkat brightness layar ke level yang rendah namun tetap nyaman untuk melihat gambar yang tertampil di layar.

Manfaatkan Fitur Auto On-Off

Kalau smartphone Anda mempunyai fasilitas auto on/off seperti Blackberry memungkinkan Untukmengatur hidup atau mati pada waktu yang diinginkan. Selain dapat digunakan agar tidak mengganggu waktu istirahat, fitur ini juga mampu mematikan daya saat tidak diperlukan misalnya di tengah malam. Pengaturan juga memisahkan antara weekdays (senin-jumat) dan weekend (sabtu-minggu) untuk memudahkan pengguna yang memiliki waktu istirahat berbeda pada kedua waktu tersebut.

Gunakan Theme Bawaan

Banyak dari pengguna menggunakan theme yang unik untuk membedakan tampilan smartphone miliknya. Namun, penggunaan theme dengan wallpaper animatif sebenarnya meningkatkan pekerjaan ponsel dan tentunya membuat ponsel mengkonsumsi daya lebih besar. Jadi sebaiknya gunakan theme bawaan atau yang lebih sederhana.

Sesuaikan Pengaturan Profil

Kita juga bisa melakukan beberapa penyesuaian pada profil yang digunakan untuk mengurangi konsumsi baterai.Pertama, Kita bisa menyesuaikan volume suara nada dering agar tidak terlalu keras namun tetap terdengar.

Matikan Fungsi yang Tidak Dibutuhkan

Beberapa fungsi terkadang dibiarkan aktif meski sedang tidak dibutuhkan. Misalnya wifi, jika fungsi ini diaktifkan secara berkala akan melakukan pemindaian (scanning) untuk menemukan jaringan wifi yang tersedia dan hal tersebut tentunya menggunakan daya baterai. Wifi bisa di matikan melalui pilihan manage connection. Selain itu perhatikan juga fasilitas bluetooth, jangan aktifkan saat tidak digunakan.

BERITA TERKAIT

Pemkot Palembang Gencarkan Program Kotaku Atasi Kawasan Kumuh

Pemkot Palembang Gencarkan Program Kotaku Atasi Kawasan Kumuh NERACA Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sumatera Selatan pada 2019 berupaya…

Bawang Putih Impor untuk Atasi Kelangkaan Pasokan

NERACA Jakarta – Sejumlah pedagang di Jawa Timur mengatakan keberadaan komoditas bawang putih yang diimpor pemerintah dari China dinilai telah…

Atasi Kesemrawutan Lalu Lintas, Dishub Sukabumi Siapkan Kantung Parkir

Atasi Kesemrawutan Lalu Lintas, Dishub Sukabumi Siapkan Kantung Parkir  NERACA Sukabumi - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi akan menyiapkan kantung-kantung…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Canon Resmi Perkenalkan Printer Terbarunya

Canon melalui PT Datascrip selaku distributor resmi di Indonesia resmi memperkenalkan deretan printer terbaru untuk pasar Tanah Air. Kali ini,…

Bocoran Spesifikasi Xiomi Mi CC9 dan Mi CC9e

Dalam waktu dekat Xiaomi bakal memperkenalkan smartphone produk teranyarnya Mi CC9 dan Mi CC9e. Bocorannya, Mi CC9  bakal mengusung kamera…

HTSnet Sediakan layanan Internet Murah Untuk UKM

PT Hawk Teknologi Solusi (HTSnet)  menyediakan layanan internet Turbo Fiber yang ditujukan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat membantu…