CIMB Niaga Resmikan “Rumah Baca Harapan”

NERACA

Semarang - PT Bank CIMB Niaga Tbk konsisten dalam melaksanakan tanggung jawab sosialnya (Social Responsibility/SR), khususnya di bidang pendidikan. Salah satu wujudnya, adalah dukungan terhadap pendirian Rumah Baca Harapan di Kelurahan Tambakrejo, Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah, yang diresmikan baru-baru ini. Rumah Baca Harapan di Semarang ini menjadi Rumah Baca Harapan ke-11 yang telah hadir di Tanah Air.

Rumah Baca Harapan merupakan program khusus di bidang pendidikan yang diprakarsai oleh sekumpulan anak muda penerima dan alumni penerima beasiswa CIMB Niaga serta melibatkan juga karyawan/ti CIMB Niaga dalam bentuk pengumpulan buku-buku pengetahuan melalui program Sejuta Buku.

Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak di daerah terpencil yang masih membutuhkan pendidikan yang memadai. Ke-11 Rumah Baca Harapan yang didukung sepenuhnya oleh CIMB Niaga tersebut, kini tersebar di tujuh provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, Sumatera Utara, Riau, dan Sulawesi Selatan.

Gatot Subagio, Corporate Communications Head CIMB Niaga mengatakan, pendirian Rumah Baca Harapan menjadi salah satu wujud komitmen CIMB Niaga untuk terus mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia.

Selain bantuan materiil (bantuan dana, buku melalui program Sejuta Buku maupun prasarana belajar), CIMB Niaga juga memberikan dukungan dalam bentuk pemberian materi pembelajaran kepada anak-anak di Rumah Baca Harapan. Selanjutnya, kegiatan pengumpulan buku melalui Program Sejuta Buku dan pendistribusian buku ke Rumah-rumah baca akan menjadi program tetap SR CIMB Niaga di tahun-tahun mendatang.

“Keterlibatan penerima maupun alumni penerima beasiswa serta karyawan/ti CIMB Niaga dalam program ini menunjukkan bagaimana CIMB Niaga secara konsisten mengembangkan dunia pendidikan melalui program-program yang berkesinambungan dan tepat sasaran,” kata Gatot di Semarang, Jawa Tengah, kemarin.

Sementara itu, Hendriyadi, alumni penerima beasiswa CIMB Niaga tahun 2007 yang merupakan salah satu pencetus program Rumah Baca Harapan mengungkapkan, Rumah Baca Harapan merupakan program utama dari proyek Sahabat Pulau, hasil sinergi dari penerima beasiswa dan alumni penerima beasiswa CIMB Niaga.

“Melalui sinergi dengan CIMB Niaga, kami berharap program Rumah Baca Harapan bisa terus melebarkan sayap, hingga menjangkau 33 provinsi di Indonesia dalam waktu dua tahun ke depan. Rumah Baca Harapan menjadi wadah untuk mendampingi anak-anak Indonesia untuk lebih berani bermimpi, dan menjadi pengembangan educreativepreneur (konsep yang memadukan pendidikan untuk pelestarian kebudayaan lokal serta memperkenalkan wirausaha kreatif secara dini) untuk anak Indonesia yang lebih baik,” terang Hendriyadi.

Program ini juga sekaligus bagian dari kegiatan Ikatan Alumni Penerima Beasiswa CIMB Niaga (“ILUNI CIMB Niaga”) yang mendapat dukungan dari CIMB Niaga. Selain Rumah Baca Harapan, kegiatan ILUNI CIMB Niaga lainnya adalah Super 50 Days, yaitu pendampingan usaha yang dilaksanakan penerima beasiswa terhadap pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Pendampingan yang dilakukan antara lain dengan mengajarkan ilmu marketing, manajemen, akuntansi, dan teknik informatika, sebagai pembekalan agar usaha mereka menjadi lebih maju dan berkembang. “Beragam program dan kegiatan yang telah dilakukan ini, diharapkan dapat terus membantu pengembangan dunia pendidikan di Tanah Air, sebagai bagian dari tanggung jawab sosial kami,” tutup Gatot. [rin]

BERITA TERKAIT

Pemkot Palembang Perluas Jaringan Gas Rumah Tangga

Pemkot Palembang Perluas Jaringan Gas Rumah Tangga NERACA Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memperluas jaringan gas bumi untuk rumah…

CIMB Niaga Terbitkan Sukuk Rp 600 Miliar - Dukung Pembiayaan Syariah

NERACA Jakarta – Perkuat modal dalam rangka menunjang ekspansi bisnisnya di pembiayaan syariah, PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) menerbitkan…

BTN Jalin Kerjasama dengan KOI - Program Satu Juta Rumah

      NERACA   Jakarta - Sejalan dengan komitmen menyukseskan Program Satu Juta Rumah dan mendukung kesejahteraan para atlet…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Dorong Penetrasi Asuransi, Insurance Day Digelar di 18 kota

      NERACA   Jakarta - Dewan Asuransi Indonesia (DAI) menyelenggarakan peringatan hari asuransi atau Insurance Day 2018. Perayaan…

Pertumbuhan Kredit Tahun Depan akan Melambat

      NERACA   Jakarta – Kalangan industri perbankan memperkirakan bahwa pertumbuhan kredit pada 2019 akan melambat dari 13…

OJK Ikut Bangun 1.000 Unit Hunian Sementara

    NERACA   Palu - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan industri jasa keuangan siap membangun 1.000 unit hunian sementara…