Memenangkan Katatnya Persaingan Laundry Kiloan

Sekarang ini, kebutuhan manusia akan pakaian semakin lama semakin bertambah banyak dan rumit. Pasalnya, semakin maju dan berkembangnya sebuah kota, maka masyarakat menjadi semakin sibuk dalam menghadapi pekerjaannya mereka masing-masing. Jangankan urusan mencuci, kadangkala urusan makan pun terlewati akibat banyaknya pekerjaan.

Untuk itu, ide memdirikan usaha rumahan laundry kiloan adalah salah satu bisnis yang potensial untuk dikembangkan. 2010 lalu, mungkin masih sulit untuk menemukan usaha laundry di sekitar kediamaan Anda, tetapi kini usaha laundry sudah mulai menjamur, dan dapat dipastikan bahwa jasa laundry adalah salah satu jasa yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

“Saat ini bisnis laundry tidak hanya dilakukan pebisnis rumahan saja, banyak pebisnis yang telah mengembangkan usaha ini agar lebih besar lagi. Itu menunjukkan tingkat kebutuhan masyarakat akan jasa laundry semakin tinggi,” tegas Muhammad Qudrat Nugraha, praktisi bisnis dari Binus University kapada Neraca, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, membuka bisnis laundry kiloan yang terlihat sangat mudah dijalankan, ternyata cukup rumit. Makanya, walaupun nampak simpel, bukan berati Anda dengan mudah untuk mengembangkannya menjadi sebuah bisnis yang mampu bertahan lama. Untuk itu, jangan pernah menganggap sepele bisnis ini.

Karena, untuk dapat bertahan dan bersaing di tengah membanjirnya bisnis laundry kiloan, adalah mengusahakan agar gerai yang Anda miliki punya layanan dan kualitas cucian yang unggul. Apalagi saat ini, tingkat loyalitas pelanggan untuk katagori laundry kiloan ini cukup rendah. Salah-salah, bisa menyebabkan pelanggan “kabur” ke tempat lain.

Untuk itu, memperhatikan masalah kualitas dan keunggulan jasa yang ditawarkan adalah sebuah keharusan. Terutama dalam hal kualitas dan inovasi. Buktinya, beberapa pelaku usaha di sektor laundry kiloan menyatakan sukses akibat bisnis laundry kiloan miliknya tidak pernah berhenti untuk berinovasi.

Tidak hanya itu, menurutnya, inovasi yang dierapkan ke dalam bisnisnya harus berbeda dengan para pesaing. Misalnya menyediakan pelayanan cuci dengan waktu singkat, menggunakan teknologi terkini untuk sterilisasi air. serta hal-hal lainnya demi meuaskan pelanggan.

Untuk memperoleh kepuasan pelanggan, sebuh bisnis harus memiliki service dan program-program pemasaran yang menarik. Dengan demikian target yang Anda canangkan dengan membuka gerai laundry kiloan tersebut akan tercapai. Intinya, meskipun sekedar laundry kiloan, tetapi jika Anda serius dan menggarapnya secara professional, keuntungan besar sudah menanti Anda di depan.

BERITA TERKAIT

Kampanye Hitam Sawit Dianggap Sebagai Persaingan Dagang

      NERACA   Jakarta – Kampanye negatif Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) asing terhadap industri sawit Indonesia, sudah sangat…

Korelasi Antara e-Commerce & Persaingan Usaha

Korelasi Antara e-Commerce & Persaingan Usaha NERACA Bali – KPPU bersama dengan lembaga pengawas persaingan usaha lainnya di Kawasan Asia…

Persaingan Ketat dalam Pilpres 2019 Terjadi di Enam Provinsi

  Oleh: Stanislaus Riyanta, Kandidat Doktor bidang Kebijakan Publik Fakultas Ilmu Administrasi UI Pilpres 2019 akan diikuti oleh dua pasang…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…

Sruput Dinginnya Usaha Minuman Bubble

Meski tidak seheboh dulu minuman bubble . Tapi usaha ini masih menyimpan potensi. Pemain baru usaha ini juga masih muncul…

Jajaki Gurihnya Usaha Jajan Martabak

Jajanan Martabak merupakan salah satu kudapan yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Disajikan dengan berbagai varian rasa, martabak tak…