Kiat Memulai Usaha Laundry

Kebutuhan masyarakat akan pakaian bersih, belakangan ini banyak dimanfaatkan pengusaha untuk membuka jasa laundry. Apalagi, untuk masyarakat di kota besar seperti Jakarta, dimana kesibukan seringkali membuat mereka tak sempat mencuci pakaian, solusinya mereka menyerahkan pekerjaan itu gerai penyedia jasa laundry.

Kontan, hal itu membuat usaha laundry kian tumbuh pesat. Meski persaingan di sektor ini kini mulai ketat. Tetap saja, peluangnya cukup besar, mengingat pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi manusia selain makan dan tempat tinggal. Nah, jika ingin menekuni bisnis ini ada baiknya Anda terapkan beberapa kiat sukses berbisnis laundry kiloan.

Pertama, pilihlah tempat usaha yang strategis. Ya, memilih tempat yang strategis untuk bisnis laundry sangat berpotensi mendatangkan pelanggan yang banyak. Ada baiknya Anda memilih Lokasi di daerah tempat kos-kosan mahasiswa atau karyawan, selain itu daerah perumahan juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengembangkan usaha laundry.

Kemudian, perhatikan langkah-langkah yang diambil para kompetitor. Gunanya, Anda dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka untuk diterapkan di gerai milik Anda. Baik cara memberikan promo atau diskon kepada pelanggan baru dan lama.

Lalu, hitung pengeluaran yang harus Anda keluarkan. Untuk itu, hitung biaya bulanan dari bisnis ini, baik untuk biaya listrik, air, gaji karyawan dan peralatan lainnya. Hitung berapa lama balik modal dan sebagainya.

Jika Anda belum memiliki modal yang cukup, masih banyak cara untuk menjalani bisnis ini. Tetapi hanya sebagai agent saja, cukup menyediakan tempat, dan selebaran daftar harga. Karena, Anda bisa bekerjasama dengan jasa laundry yang sudah ada dengan persentasi keuntungan bagi hasil atau sesuai degnan ketentuan standar mereka.

BERITA TERKAIT

Dunia Usaha - Kemenperin Dorong Santripreneur Manfaatkan Teknologi Digital

NERACA Bandar Lampung - Direktur Jenderal Industri Kecil dan Aneka, Gati Wibawaningsing mengatakan terus melakukan pembinaan dan pelatihan santri berindustri…

Vivendi Investasi US$ 500 Juta - Global Mediacom Rencanakan IPO Anak Usaha

NERACA Jakarta – Teka teki siapa yang berniat invetasi MNC Group, akhirnya terbuka juga informasi. PT Global Mediacom Tbk (BMTR)…

Pameran Jadi Cara Pemerintah Bantu Pemasaran Produk Usaha Kecil - Promosi Dagang

NERACA Jakarta – Kementerian Perdagangan berkomitmen terus meningkatkan pemasaran produk usaha kecil menengah (UKM), salah satunya melalui keikutsertaan dalam pameran.…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pesatnya Perkembangan Pasar Modern dan Digitalisasi, Sarinah Tetap Bina UMKM

BUMN ritel PT Sarinah (Persero) menyatakan yakin bisa tetap eksis di tengah pesatnya perkembangan dunia digital. Untuk itu, Sarinah tetap…

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…

Sruput Dinginnya Usaha Minuman Bubble

Meski tidak seheboh dulu minuman bubble . Tapi usaha ini masih menyimpan potensi. Pemain baru usaha ini juga masih muncul…