Tata Motors Siap Berpacu di Pasar Komersial

NERACA

Jakarta - Industri otomotif di Indonesia sangat besar sehingga berbagai produsen otomotif berebut untuk masuk kedalam negeri. Salah satunya adalah PT Tata Motors Indonesia (TMI), Agen Pemegang Merek Tata Motors di Indonesia asal India ini berencana untuk memperkenalkan kendaraan komersial (commercial vehicle) yang dalam jajaran kendaraannya yang akan dipasarkan di Indonesia.

Presiden Direktur PT Tata Motors Indonesia, Biswadev Sengupta menyatakan semakin terpacu untuk membangun bisnisnya di Indonesia setelah melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sangat cemerlang pada tahun 2012 dan prospek yang mengagumkan untuk tahun selanjutnya.

"Hasil riset kami menunjukkan bahwa terdapat peluang besar bagi kami untuk terjun ke dalam pasar kendaraan komersial di Indonesia. Kami memiliki kendaraan komersial yang berkualitas dengan harga yang terjangkau bagi pasar Indonesia. Kami yakin mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap kendaraan komersial,” ungkap Biswadev Sengupta di Jakarta, Rabu (2/1).

Dia mengatakan kendaraan komersial memang sedang dibutuhkan beragam industri Indonesia, mengingat Indonesia tengah menumbuhkan kekuatan ekonominya. Produk kendaraan komersial Tata Motors juga telah teruji di India dan di banyak pasar berkembang dan akan sangat cocok untuk Indonesia.

"Segmen kendaraan komersial berukuran kecil dan mini pick up di Indonesia kini telah berkembang pesat, bahkan merupakan 50 persen dari total pasar. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Tata Motors untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia,khususnya bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Pada semester kedua tahun 2013, kami akan meluncurkan Tata Super Ace, Tata Ace Ex dan Tata Xenon RX. Kami juga akan melengkapi pelayanan kami bagi masyarakat Indonesia dengan menyediakan infrastruktur distribusi dan layanan bagi konsumen kami di sini,” ujarnya.

Biswadev mengatakan Tata Motors memiliki berbagai ragam produk kendaraan komersial, mulai dari 0.5 Ton Mini-Trucks hingga 49 Ton Heavy Trucks yang pasti dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia untuk mendukung perkembangan ekonominya. "Selain itu masih ada berbagai macam solusi transportasi umum dari Tata Motors, mulai dari kendaraan berkapasitas tiga orang hingga bis berkapasitas 70 orang," tambahnya.

“Smart Solutions for Mobility Needs”, Solusi Cerdas untuk Kebutuhan Mobilitas Anda, adalah semboyan Tata Motors. Hal ini direfleksikan pada ratusan jenis kendaraan berbiaya operasional dan perawatan yang rendah dan hemat bahan bakar, serta ramah lingkungan. Pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 lalu, Tata Motors memamerkan sejumlah kendaraan komersialnya,antara lain Tata Xenon Pick-up (Dual Cab), Tata Ace EX, Tata Super Ace dan Tata LPK 2528 Prima Tipper.

Kendaraan “Hijau”

Tata Motors juga menghadirkan solusi kendaraan komersial yang ramah lingkungan dengan jajaran kendaraan berbahan bakar CNG (Compressed Natural Gas) Tata Motors. Teknologi CNG dapat berkontribusi dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Jajaran kendaraan komersial Tata Motors yang telah menggunakan teknologi CNG, antara lain: Tata Ace CNG, Tata Xenon CNG, Tata Magic dan Tata LPO 1623 CNG RE LE CNG Bus.

Seluruh perangkat CNG pada kendaraan Tata Motors merupakan sebuah sistem CNG yang dibuat,dikembangkan, dan diuji langsung secara in-house oleh insinyur Tata Motors. Instalasinya pun dilakukan langsung di pabrik Tata Motors (factory fitted), sehingga lebih presisi, dan menjamin keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Tata Motors adalah perusahaan otomotif terbesar India dengan pendapatan terkonsolidasi sebesar US$ 32.5 milyar di 2011-12. Melalui anak perusahaan dan perusahaan rekanannya, Tata Motors telah beroperasi di Inggris, Korea Selatan, Thailand, Spanyol dan Afrika Selatan. Di antara produk Tata Motors, terdapat juga Jaguar Land Rover, usaha yang terdiri dari dua brand Inggris yang iconic.

Tata Motors juga menjalin usaha patungan dengan Fiat di India. Dengan lebih dari 7,5 juta kendaraan Tata beroperasi di seluruh dunia, Tata Motors menyandang gelar sebagai pabrikan bus dan truk terbesar keempat di dunia. Kini mobil-mobil, bus dan truk produksi Tata Motors dipasarkan di berbagai negara di Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Amerika Selatan.

BERITA TERKAIT

Tingkatkan Pangsa Pasar - Kimia Farma Bakal Akuisisi Phapros

NERACA Jakarta – Kembangkan ekspansi bisnis, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) akan membeli 47.901.860 lembar atau 56,77 dari total saham…

Sikapi Rekomendasi Credit Suisse - Dirut BEI Masih Optimis Pasar Tumbuh Positif

NERACA Jakarta – Di saat banyaknya pelaku pasar menuai kekhawatiran dampak dari perang dagang antara Amerika Serikat dan China terus…

Gaet Pasar Milenial - BTN Syariah Luncurkan Produk KPR Hits

NERACA Jakarta - Menyambut hari ulang tahun unit usaha syariah Bank BTN ke 14 yang jatuh 14 Februari 2019, anak…

BERITA LAINNYA DI INDUSTRI

Sistem 3 in 1 Ditargetkan Jaring 72.000 Peserta

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian terus menggelar program pelatihan industri berbasis kompetensi dengan sistem 3 in 1 (Pelatihan, Sertifikasi, dan…

Sektor Pengolahan - Penyerapan Tenaga Kerja Industri Manufaktur Terus Meningkat

NERACA Jakarta – Industri manufaktur terus menyerap tenaga kerja dalam negeri seiring adanya peningkatan investasi atau ekspansi. Ini menjadi salah…

Kompetensi SDM Industri Logam Bakal Diperkokoh

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian terus mengajak pelaku industri di Indonesia terlibat dalam program pendidikan dan pelatihan vokasi. Langkah ini…