Berkarya dengan Model Sendiri

Rumah adalah ruang pribadi seseorang, sehingga model maupun nuansanya akan sangat berbeda pada masing-masing individu. Karena itu berikan sentuhan pribadi pada rumah sendiri yang akan membuat rumah berbeda dan lebih istimewa dari rumah lainnya.

Sebelum mengecat dinding

Sebelum mengecat atau pewarnaan pada dinding, sebaiknya mulailah dengan memikirkan terlebih dahulu warna kusen, gorden dan permadani, sehingga warna dinding akan menyesuaikan dengan warna material tersebut agar selaras.

Jangan langsung pilih warna cat dari kertas contoh

Cobalah dulu sekaleng kecil warna cat yang disukai, kemudian sapulah di dinding, lihat kombinasi warna dengan ruang. Kalau benar-benar cocok barulah membeli warna cat pilihan tersebut.

Bandingkan warna cat di toko yang lain

ketika sampai pada sebuah toko janganlah langsung membeli cat tersebut. Namun bandingkan warna cat tersebut dengan cat yang senada di toko cat lainnya, karena berbeda merek akan berbeda pula warna catnya. Cobalah cat tersebut sedikit saja di dinding, lihatlah warnanya ketika terkena cahaya matahari di siang maupun sore hari.

Jangan abaikan psikologi warna

Warna mempengaruhi sikap dan emosi. Pilih warna yang sesuai dengan suasanya yang dikehendaki. Misalnya, warna terang akan lebih sesuai dengan ruang keluarga dimana ruangan tersebut merupakan ruang aktivitas keluarga berkumpul

Jangan memaksakan bila warnanya tidak sesuai

Jangan dipaksakan jika warna dengan material yang ada dalam ruangan kurang sesuai. Sesuaikan warna dinding dengan kursi yang ada dalam ruangan.

Sesuaikan titik pusat ruangan

Titik pusat ruangan memiliki tema yang ingin di tonjolkan. Hal ini berkaitan dengan sisi mana yang menjadi pusat perhatian. Sesuaikan warna dinding dengan titik pusat tersebut. Sehingga ketika memandangnya yang pertama dilihat adalah titik pusat tersebut.

Perabot rumah tangga tidak merapat ke dinding

Hal ini akan memudahkan segala aktivitas di dalam rumah. Namun apabila tidak memungkinkan, sebaiknya jangan terlalu banyak perabot di dalam ruangan. Hal ini akan membuat ruangan tampak menjadi sempit.

Hindari perabot yang menghalangi jalan

Berikan ruang untuk melalui ruangan, dengan tidak meletakkan material seperti kursi atau meja di jalan, seolah-olah ruang tidak memiliki akses untuk keluar masuk. Penataan furnitur disusun sedemikian agar ada ruang untuk berlalu lalang.

Jangan sekali-kali membeli barang karena harganya murah

Hal ini membuat ruang akan menjadi dipaksakan dengan barang yang dibeli. Sebaiknya belilah barang yang sesuai dengan ruangan karena akan mempercantik mata yang memandang, bukan karena harganya, namun karena setiap benda yang ada memang pantas berada di ruang tersebut. (saksono)

BERITA TERKAIT

Lemhannas Perlu Bersinergi dengan Media Tangkal Hoaks

Lemhannas Perlu Bersinergi dengan Media Tangkal Hoaks NERACA Jakarta - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI perlu bersinergi dengan media untuk…

OJK Pantau Kesepakatan Jiwasraya dengan Pemegang Polis

      NERACA   Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memantau kesepakatan yang telah dicapai antara PT. Jiwasraya…

BTN Jalin Kerjasama dengan KOI - Program Satu Juta Rumah

      NERACA   Jakarta - Sejalan dengan komitmen menyukseskan Program Satu Juta Rumah dan mendukung kesejahteraan para atlet…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

REI Akan Terus Mendukung Program Sejuta Rumah

  NERACA Bogor - Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) akan tetap komit berjuang bersama pemerintah dalam merealisasikan target Program Sejuta…

Pasar Properti 2018 Diprediksi Masih Lesu

Pasar Properti 2018 Diprediksi Masih Lesu NERACA Jakarta - Pasar properti diprediksi pada tahun ini masih mengalami kelesuan, terutama untuk…

Pasar Properti 2018 Diprediksi Masih Lesu

Pasar Properti 2018 Diprediksi Masih Lesu NERACA Jakarta - Pasar properti diprediksi pada tahun ini masih mengalami kelesuan, terutama untuk…