Upaya Pemprov Jakarta Alihkan Pengguna Kendaraan Pribadi - Fasilitas WiFi Gratis Busway

Kini Busway TransJakarta tengah mengembangkan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan internet, tujuannya tak lain dan tak bukan agar pengendara mobil pribadi beralih menggunakan moda transportasi masal Pemprov Jakarta itu.

NERACA

Ya, kebutuhan internet untuk mengakses data dengan cepat dan mudah, kini memang telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Dengan internet kita dapat dengan mudah mengirim ataupun menerima informasi. Salah satunya dengan fasilitas WiFi gratis, dengan program ini tentunya kita bisa dengan mudah mengakses internet dimana dan kapan saja, tentunya ditempat-tempat yang sudah dilengkapi oleh WiFi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyediakan layanan internet nirkabel gratis di beberapa lintasan busway TransJakarta dengan menggunakanwireless fidelity(WiFi) atauhotspot. Layanan internet gratis sangat bermanfaat bagi para penumpang Busway TransJakarta untuk sekedarbrowsingatauchattingselagi menunggu busway TransJakarta mengantarnya sampai tujuan.

September tahun lalu, program WiFi gratis ini diluncurkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Di halte Bundaran Hotel Indonesia, layanan Wi-Fi gratis juga masih berfungsi dengan baik. Kecepatan unduh mencapai 3,8 megabita per detik dan kecepatan unggah 1,4 megabita per detik.Tidak hanya di busway TransJakarta, sebelumnya fasilitas WiFi atau Hotspot gratis telah disediakan di bus kota Kopaja.

Anggaran yang digunakan untuk penyediaan layanan ini diperoleh dari kompensasi melalui kerja sama DKI dengan perusahaan penyedia layananfiber optic, pemerintah pun sedang menggandeng 3 perusahaan penyedia layananfiber optic. Ketiga perusahaan tersebut wajib menyediakan 2 buahcoreyang bisa dimanfaatkan untuk layanan publik. Selain itu Unit Pengelola Transjakarta Busway juga bekerjasama dengan IForte menyediakan Wi-Fi di 3 (tiga) halte yaitu Halte Ragunan, GOR Sumantri dan Cawang UKI. Nama jaringannya Free_wifi_Iforte, pengguna harus melakukan login terlebih dahulu dengan username : Busway dan password : Iforte.

Berikut ini adalah daftar Halte busway yang sudah tersedia Wi-Fi gratis adalah, Koridor 1 (Blok M - Kota) yaituHalte Monumen Nasional, Halte Bank Indonesia, Halte Sarinah, Halte Hotel Indonesia, Halte Tosari, Halte Dukuh Atas, HalteSetiabudi, Halte Karet, Halte Bendungan Hilir, Halte Polda, Halte Gelora Bung Karno dan Halte Bundaran Senayan. Pada Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit) yaitu, Halte Gatot Subroto LIPI, Halte Semanggi, Halte Senayan JCC, Halte Slipi Petamburan, Halte Slipi Kemanggisan, Halte Pancoran Tugu, Halte Pancoran Barat, Halte Tegal Parang, Halte Kuningan barat dan Halte Gatot Subroto Jamsostek.

Wifi Taman Kota

Sebelumnya, fasilitas internet gratis melaluiWiFiatau hotspot sudah tersedia di Monas, Taman Menteng, taman Ayodya. Selain di halte Transjakarta koridor I, layanan ini dapat dinikmati di halte Transjakarta koridor IX rute Pinang Ranti-Pluit. Penumpang dapat mencari jaringan WiFi dengan nama jaringan DKI_FreeHotSpot_nama halte. Bandwidthnya cukup besar sehingga cukup nyaman untuk video streaming.

Cara mengakses Wi-Fi cukup mudah karena pengguna tidak perlu memasukkanpassword.Radius sinyal Wi-Fi yang dipancarkan pun tidak terlalu jauh, yakni hanya 20-30 meter. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga ingin membuat Jakarta berkonsep Smart City. Akses Internet gratis ini pun sudah tersedia di berbagai taman kota di Jakarta. serta di taman kota, seperti Taman Suropati, Taman Langsat, dan Taman Situ Lembang.Diharapkan free Wi-Fi ini dapat menambah kenyamanan penumpang ketika menunggu bus di halte dan para pengunjung taman-taman kota.

Berikut ini taman-taman kota yang memiliki WiFi gratis antara lain adalah, Taman Suropati, Taman Langsat, Taman Ayodya, Taman Menteng, dan Taman Situ Lembang. Taman lainnya yakni Taman Lapangan Banteng, Taman Bumi Perkemahan Ragunan, Taman Tebet, dan Taman Cattleya. Tentunya dengan fasilitas WiFi ini akan memudahkan banyak orang untuk mengakses internet dengan mudah. Karena zaman sekarang sudah banyak fasilitas WiFi publik di luar negeri yang tersedia gratis. Contohnya di hotel, lobby, airport, cafe, restaurant dan sebagainya, sebaiknya pemerintah pun ikut menyediakannya.

BERITA TERKAIT

Dirjen PAS Dikonfirmasi Soal Fasilitas Lapas Sukamiskin

Dirjen PAS Dikonfirmasi Soal Fasilitas Lapas Sukamiskin NERACA Jakarta - Direktur Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh…

Mewujudkan Kendaraan Impian Di GIIAS 2018 - Dukungan Penuh Astra Financial

NERACA Memiliki kendaraan pribadi menjadi impian bagi Zakaria (35) sejak membina rumah tangga 6 tahun silam. Apalagi jumlah keluarganya saat…

Maybank Sediakan Fasilitas Pinjaman Rp3 Triliun untuk AP II

      NERACA   Jakarta - PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) meningkatkan kemitraan strategis dengan PT Angkasa…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Pemerintah Dukung UMKM Tingkatkan Ekspor Lewat E-commerce

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan dukungannya untuk peningkatan ekspor melalui e-Commerce. Menurut Menkominfo Rudiantara, peluang ini terbuka…

Berkat solusi video analytics, AP II Dapat Anugerah Hitachi Transformation Awards

Hitachi Vantara, anak perusahaan Hitachi, Ltd. (TSE: 6501), telah menganugerahkan penghargaan bagi para pemenang dari Hitachi Transformation Awards. Pada Senin…

Ini Dia Spesifikasi Smartphone Infinix HOT S3X

Produk smartphone terbaru Infinix Mobility untuk pasar Indonesia, Infinix HOT S3X, berhasil menciptakan antusiasme yang besar dari pecinta gadget tanah…