Upaya Pemprov Jakarta Alihkan Pengguna Kendaraan Pribadi - Fasilitas WiFi Gratis Busway

Kini Busway TransJakarta tengah mengembangkan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan internet, tujuannya tak lain dan tak bukan agar pengendara mobil pribadi beralih menggunakan moda transportasi masal Pemprov Jakarta itu.

NERACA

Ya, kebutuhan internet untuk mengakses data dengan cepat dan mudah, kini memang telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Dengan internet kita dapat dengan mudah mengirim ataupun menerima informasi. Salah satunya dengan fasilitas WiFi gratis, dengan program ini tentunya kita bisa dengan mudah mengakses internet dimana dan kapan saja, tentunya ditempat-tempat yang sudah dilengkapi oleh WiFi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menyediakan layanan internet nirkabel gratis di beberapa lintasan busway TransJakarta dengan menggunakanwireless fidelity(WiFi) atauhotspot. Layanan internet gratis sangat bermanfaat bagi para penumpang Busway TransJakarta untuk sekedarbrowsingatauchattingselagi menunggu busway TransJakarta mengantarnya sampai tujuan.

September tahun lalu, program WiFi gratis ini diluncurkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Di halte Bundaran Hotel Indonesia, layanan Wi-Fi gratis juga masih berfungsi dengan baik. Kecepatan unduh mencapai 3,8 megabita per detik dan kecepatan unggah 1,4 megabita per detik.Tidak hanya di busway TransJakarta, sebelumnya fasilitas WiFi atau Hotspot gratis telah disediakan di bus kota Kopaja.

Anggaran yang digunakan untuk penyediaan layanan ini diperoleh dari kompensasi melalui kerja sama DKI dengan perusahaan penyedia layananfiber optic, pemerintah pun sedang menggandeng 3 perusahaan penyedia layananfiber optic. Ketiga perusahaan tersebut wajib menyediakan 2 buahcoreyang bisa dimanfaatkan untuk layanan publik. Selain itu Unit Pengelola Transjakarta Busway juga bekerjasama dengan IForte menyediakan Wi-Fi di 3 (tiga) halte yaitu Halte Ragunan, GOR Sumantri dan Cawang UKI. Nama jaringannya Free_wifi_Iforte, pengguna harus melakukan login terlebih dahulu dengan username : Busway dan password : Iforte.

Berikut ini adalah daftar Halte busway yang sudah tersedia Wi-Fi gratis adalah, Koridor 1 (Blok M - Kota) yaituHalte Monumen Nasional, Halte Bank Indonesia, Halte Sarinah, Halte Hotel Indonesia, Halte Tosari, Halte Dukuh Atas, HalteSetiabudi, Halte Karet, Halte Bendungan Hilir, Halte Polda, Halte Gelora Bung Karno dan Halte Bundaran Senayan. Pada Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit) yaitu, Halte Gatot Subroto LIPI, Halte Semanggi, Halte Senayan JCC, Halte Slipi Petamburan, Halte Slipi Kemanggisan, Halte Pancoran Tugu, Halte Pancoran Barat, Halte Tegal Parang, Halte Kuningan barat dan Halte Gatot Subroto Jamsostek.

Wifi Taman Kota

Sebelumnya, fasilitas internet gratis melaluiWiFiatau hotspot sudah tersedia di Monas, Taman Menteng, taman Ayodya. Selain di halte Transjakarta koridor I, layanan ini dapat dinikmati di halte Transjakarta koridor IX rute Pinang Ranti-Pluit. Penumpang dapat mencari jaringan WiFi dengan nama jaringan DKI_FreeHotSpot_nama halte. Bandwidthnya cukup besar sehingga cukup nyaman untuk video streaming.

Cara mengakses Wi-Fi cukup mudah karena pengguna tidak perlu memasukkanpassword.Radius sinyal Wi-Fi yang dipancarkan pun tidak terlalu jauh, yakni hanya 20-30 meter. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga ingin membuat Jakarta berkonsep Smart City. Akses Internet gratis ini pun sudah tersedia di berbagai taman kota di Jakarta. serta di taman kota, seperti Taman Suropati, Taman Langsat, dan Taman Situ Lembang.Diharapkan free Wi-Fi ini dapat menambah kenyamanan penumpang ketika menunggu bus di halte dan para pengunjung taman-taman kota.

Berikut ini taman-taman kota yang memiliki WiFi gratis antara lain adalah, Taman Suropati, Taman Langsat, Taman Ayodya, Taman Menteng, dan Taman Situ Lembang. Taman lainnya yakni Taman Lapangan Banteng, Taman Bumi Perkemahan Ragunan, Taman Tebet, dan Taman Cattleya. Tentunya dengan fasilitas WiFi ini akan memudahkan banyak orang untuk mengakses internet dengan mudah. Karena zaman sekarang sudah banyak fasilitas WiFi publik di luar negeri yang tersedia gratis. Contohnya di hotel, lobby, airport, cafe, restaurant dan sebagainya, sebaiknya pemerintah pun ikut menyediakannya.

BERITA TERKAIT

Indonesia Sulit Realisasikan Tarif Tol Gratis

NERACA   Jakarta – Masa pemilihan presiden memunculkan wacana-wacana baru yang dilontarkan oleh calon presiden. Salah satu wacana yang dilontarkan…

Pakar Imbau Tim Seleksi Lelang Jabatan Pemprov Jabar Teliti

Pakar Imbau Tim Seleksi Lelang Jabatan Pemprov Jabar Teliti NERACA Bandung - Pakar Ilmu Pemerintahan Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Asep…

Pemprov Jabar Dorong Lembaga Jasa Keuangan Masuk Desa

Pemprov Jabar Dorong Lembaga Jasa Keuangan Masuk Desa NERACA Bandung - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil mengatakan…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Tahun Politik, Serangan Siber Intai Jaringan Telekomunikasi

Industri telekomunikasi seringkali menjadi sasaran empuk para peretas untuk melancarkan serangan siber karena perusahaan umumnya memiliki pusat data (data center)…

Pemerataan Kecepatan Internet, Pemerintah Bangun Satelit Satria

Pemerintah  sedang mengupayakan satelit multifungsi yang akan selesai dibangun pada 2023 mendatang untuk meratakan internet cepat di Indonesia. Direktur Utama …

Samsung Galaxy S10 Bakal Rilis Maret

Informasi mengenai flagship terbaru Samsung, Galaxy S10, semakin banyak beredar di ranah maya. Kali ini muncul informasi baru tentang waktu…