Mengenal Beberapa Tujuan Wisata Syariah Indonesia

Diharapkan dengan dikembangkannya wisata syariah di Indonesia akan membuat orang Islam merasa nyaman dan tidak takut wisatanya melanggar aturan syariat Islam.

NERACA

Wisata syariah sesungguhnya telah menjadi trend di sebagian negara, sebut saja di Malaysia bahkan Thailand, Singapura, Korea, Jepang, Taiwan dan China sudah lebih dahulu memulai. Sementara Indonesia, yang penduduknya mayoritas beragama Islam, baru merancang dan meresmikan akhir Desember tahun lalu lewat kementrian pariwisata.

Secara garis besar, kriteria wisata syariah atau secara international biasa disebut Islamic Tourism ini masih dalam pembahasan, intinya menjadikan wisata yang tidak ada kemungkaran dan maksiat, kemusyrikan dilokasi obyek wisata, tersedia mushola dan toilet basah yang bersih , tersedia resto dan cafe halal di hotel, tersedia hiburan yang tidak pornografi, bila ada kolam rengan wanita dan pria dipisah, massage sesama jenis, fitnes terpisah.Bila dilihat, Indonesia sendiri sebenarnya sudah memiliki ini sebelumnya.

Dari data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), populasi muslim dunia sebanyak 1,8 milyar atau 28% total populasi dunia. Dan wisatawan muslim sudah berkontribusi sekitar sekitar US$ 126 milyar pada 2011 silam. Sedikitnya ada 9 destinasi wisata yang saat ini mempunyai potensi untuk dipromosikan sebagai destinasi Wisata Syariah, yaitu Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Makasar, Lombok.

Di Jakarta sendiri nampaknya Masjid Istiqlal akan menjadi jangkarnya, masjid yang terletak di pusat ibukota Jakarta. Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar diAsia Tenggara. Masjid ini menjadi salah satu daya tarikwisatayang terkenal di Jakarta.

Tak jauh dari kawasan Jakarta, tepatnya di Depokterdapat juga masjid dengan daya tarik luar biasa. Ya, masjid Dian Al Mahri atau lebih dikenal dengan namaMasjid Kubah Emas begitu memesona, karena kubahnya terbuat dari emas.Selain itu karena luasnya area yang ada dan bebas diakses untuk umum, sehingga tempat ini sering menjadi tujuan liburan keluarga atau hanya sekedar dijadikan tempat beristirahat.

Bila dilihat dari sisi kuliner, wisata kuliner halal bukan suatu yang susah di Indonesia ini, selain mayoritas penduduk Indonesia muslim, berbegai resto terkenal di Indonesia ini pun menyuguhkan kuliner dan santapan yang sangat menarik untuk dicoba dan yang pasti halal. Kota Padang dikenal sebagai kotatujuan wisata kuliner stategis di wilayah Sumatera Barat Barat.

Contoh yang umumnya saja, Rumah Makan Padang, sebagian besar Restoran atau Rumah Makan Padang di Indonesia sudah tersertifikasi dengan logo halal. Namun tidak putus dirumah makan padang saja, mayoritas rumah makan di Indonesia sudah tersertifikasi halal. Karena itulah, bukan suatu hal yang tidak mungkin bila Indonesia menjadi tujuan wisata kuliner halal atau menjadi tujuan wisata syariah dunia.

Berbagai tempat berziarah pun banyak terdapat di Indonesia ini. Salah satunya adalah tempat ziarah makam para Wali Songo yang namanya sudah tersohor dan mendunia dalam mengajarkan dan menyebarkan agama Islam. Seperti makam Makam Sunan Ampelberada di Kota Surabaya, Jawa Timur, tepatnya di Jalan Nyamplungan, Kota Gresik memiliki keistimewaan memiliki dua makam anggota Wali Songo, yaituSunan Giridan Syekh Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik), Sunan Drajat menyiarkan agama Islam di sekitar wilayah Lamongan. Setelah beliau meninggal, Sunan Drajat dimakamkan di daerah Paciran, Lamongan, Jawa Timur.

Namun tidak hanya tempat berziarah saja, berbagai pagelaran seni hingga pameran fesyen syariah kiranya harus terus digalakan pemerinta guna suksesnya wisata syariah ini.

BERITA TERKAIT

Lagi, Indonesia Infrastructure Week Digelar - Dorong Pemerataan Infrastrukur

NERACA Jakarta – Geliat pembangunan infrastruktur terus digenjot pemerintah dalam menunjang pertumbuhan ekonomi. Apalagi, infrastruktur dipandang sebagai fondasi yang perlu…

Menteri Luar Negeri - Masa Depan Indonesia Tergantung Pengelolaan Laut

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Masa Depan Indonesia Tergantung Pengelolaan Laut Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa…

Peringkat Daya Saing Indonesia Diurutan ke 45

    NERACA   Jakarta - Indeks Daya Saing Global atau Global Competitiveness Index 4.0 dengan metodologi baru edisi 2018…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Bali Masih Jadi Wajah Pariwisata RI

Maklum adalah kata pertama yang muncul saat kaki mendaratkan kaki ke Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Maklum dengan antrean keluar…

Tsunami Hancurkan Pesona Bawah Laut Indonesia

Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah dilanda gempa dan tsunami pada Jumat (28/9). Bencana alam itu menyebabkan banyak…

Museum Pasifika, Objek Wisata Kelas Dunia di Jantung Nusa Dua

Belum lama ini, kabar menggembirakan datang dari Museum Pasifika yang menerima penghargaan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Perancis,…