Pesona Garansi Produk Busa

Tidak hanya produk elektronik yang mendapat garansi dari pabrik. Barang-barang furniture pun kini juga memberikan garansi bahwa produk mereka memang berkualitas. Karenanya, kalau kita ingin membeli perabotan, khususnya mebel, cari yang berani memberikan garansi penggantian jika barang itu rusak.

Di dunia permebelan, biasanya garansi diberikan terhadap yang berhubungan dengan jok, busa, dan kerangkanya. Pabrik busa untuk kasur, bahkan ada yang berani memberikan garansi kempes hingga 10 tahun lamanya. Namun, pabrik itu juga memberikan garansi untuk barang sejenis dengan masa yang lebih pendek, misalnya 3-5 tahun untuk busa kelas semi super. Garansi 10 tahun untuk busa super.

Selain busa kasur super dan semi super, masih ada lagi busa kasur rebonded, yaitu busa yang cukup keras, tapi masih ada kekenyalan, hingga cocok digunakan untuk terapi tulang punggung. “Kasur jenis ini cocok untuk rehabilitasi tulang punggung,” tutur Eni Purwanti, seorang manajer pemasaran pabrik busa yang ada di kawasan Tangerang.

Ukuran busa kasur yang standar ada sepuluh ukuran. Yaitu, panjang 200 cm, lebar 180cm (king), 160cm (queen), 145 cm, 120cm, dan 90cm (single bed), serta dengan ketebalan masing-masing 20cm dan 15 cm. Untuk busa kasur super, harganya antara Rp 600 ribu hingga Rp 1.450.000. Busa kasur semi super harga sedikit lebih rendah, yaitu dari Rp 450 ribu hingga Rp 1.100.000.

Sedangkan kasur busa jenis rebonded ada lima ukuran, yaitu pajang standar 200cm dengan lebar 180cm, 160cm, 120cm, 100cm, dan 90cm dengan ketebalan hanya 10cm saja. Harga busa matras ternyata lebih mahal dari kelas super sekalipun. Yaitu dari Rp 900 ribu hingga Rp 1.800.000.

Khusus busa rebonded, selain untuk terapi tulang punggung, juga berfungsi sebagai matras sekolah, matras olah raga, dan matras senam. Busa jenis itu terbuat dari bahan sisa potongan kecil yang dihancurkan dengan proses polimerisasi hingga menjadi gumpalan.

Selain kasur, busa bergaransi juga dipakai untuk furniture jenis kursi dan sofa. Jika sofa itu menggunakan busa super, tentu garansi kekempesannya hingga 10 tahun dan yang busa semisuper hanya 3-5 tahun.

Komponen kasur yang juga digaransi adalah dipan besinya. Satu pabrik bahkan menggaransi dipan itu seumur hidup. Tentu saja dipan besi yang bergaransi itu jauh lebih mahal dari dipan besi tak bergaransi. Tinggal kita percaya atau tidak dengan garansi yang diberikan penjual atau pabrik. Atau berani tidak mencoba kebenaran atas garansi tersebut.

Pabrik kursi kantor juga tak mau ketinggalan memberi garansi atas semua jenis kursi kantor yang mereka produk. Kursi kantor antara lain untuk direktur, ruang rapat, ruang tunggu, kursi operator, kursi kerja, dan kursi pertemuan. Kursi-kursi itu juga ada yang cocok buat di rumah, yaitu ditempatkan di ruang makan, maupun ruang kerja, maupun ruang belajar. Masa garansi kursi kantor dihitung sesuai komponennya. Untuk hidrolik dua tahun. Selebihnya, mekanik, kaki, dan roda masing-masing setahun. (saksono)

BERITA TERKAIT

Bidik Pasar Milenial - Erha Luncurkan E-commerce Produk Kesehatan Kulit

Boomingnya industri e-commerce di dalam negeri, dimanfaatkan Erha sebagai klinik kesehatan kulit untuk mendongkrak penjualan. Apalagi, saat ini belum banyak…

PRODUK UKM TERKENDALA MODAL DAN PEMASARAN

Perajin menyelesaikan proses pengecatan guci hias berbahan baku semen di salah satu tempat produk kerajinan usaha kecil menengah (UKM) Desa…

Gubernur Minta Produk Unggulan Sumsel Dijadikan Hilirisasi

Gubernur Minta Produk Unggulan Sumsel Dijadikan Hilirisasi NERACA Palembang - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru minta masyarakat agar tidak…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

BTN Tingkatkan Literasi Properti Generasi Milenial Kota Malang

BTN Tingkatkan Literasi Properti Generasi Milenial Kota Malang NERACA Malang - PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk berupaya untuk meningkatkan…

Pengurusan Sertifikat Apartemen di DKI Semakin Mudah

Pengurusan Sertifikat Apartemen di DKI Semakin Mudah NERACA Jakarta - CEO Kemang Village Reza Chatab menilai pengurusan sertifikat kepemilikan apartemen…

Pergub Pembinaan Pengelolaan Rusun Menimbulkan Keresahan

Pergub Pembinaan Pengelolaan Rusun Menimbulkan Keresahan NERACA Jakarta - Ahli hukum, Razman Arif Nasution menilai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta…