Changhong Fokuskan Penjualan Smart TV

NERACA

Jakarta - Smart TV menjadi trend produk teknologi komunikasi dan entertainment yang berkembang sangat pesat belakangan ini. Para produsen pun berlomba-lomba untuk memproduksi Smart TV yang terus mendapat respons positif dari masyarakat. Changhong, sebagai produsen elektronika terbesar di China tak mau ketinggalan. Melalui produk terbarunya Smart TV seri A7000, Changhong optimistis dapat menggebrak pasar Indonesia.

“Potensi perkembangan Smart TV bagi Changhong di Indonesia sangat besar. Untuk produk terbaru ini, kami menargetkan penjualan sebesar 200.000 unit di tahun 2013,” kata Presiden Direktur Changhong Indonesia, Washington Feng, usai peluncuran Smart TV Changhong seri A7000, di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, bukan tanpa alasan Changhong Indonesia menetapkan target penjualan tersebut. Ada beberapa alasan mengapa pasar Smart TV bakal sangat bergairah di Indonesia. “Pertama karena adanya kebutuhan masa depan akan sebuah televisi canggih yang tidak hanya menjalankan fungsinya sebagai alat penyedia hiburan visual, tapi juga mampu menyediakan fitur-fitur andalan lain,” jelas Washington.

Dia menambahkan, kebutuhan masyarakat terhadap sebuah televisi terus mengadopsi perkembangan teknologi. Teknologi televisi secara mendasar diawali dengan kemampuan sederhananya yakni menyajikan visualisasi dan mampu mengubah-ubah channel program televisi. Dari teknologi tersebut, TV pun terus berevolusi yang kemudian memiliki fungsi-fungsi seperti yang ada di komputer yang dikenal dengan Net TV.

Dewasa ini, sambungnya, teknologi Net TV pun masih berevolusi. Evolusi terbaru ini dinamakan Smart TV.

Direktur Sales Changhong Indonesia, Djonni Sofian menyebut, pada dasarnya, perbedaan antara Smart TV Changhong dengan TV biasa atau sekadar Net TV adalah kemampuan Smart TV Changhong untuk melakukan tiga hal. Ketiga hal penting itu adalah Smart Platform, Smart Control, dan Smart Application.

Djonni menuturkan, Smart TV Changhong dibekali dengan Smart Platform yang memiliki sistem operasi layaknya komputer. Meskipun Smart TV tak memiliki fungsi sekompleks komputer, platform pintar di dalamnya menjadikan TV generasi ini jauh lebih pintar dibanding dengan TV biasa.

Keunggulan TV yang menggunakan Smart Platform, imbuhnya, adalah memiliki kapasitas yang luas untuk mengembangkan fitur teknologi di dalamnya, mampu menjalankan aplikasi, dan bisa diintegrasikan dengan berbagai kegunaan software.

“Platform TV pintar tak hanya mampu menayangkan siaran televisi, file/foto dari CD atau flash disk melainkan juga mampu terhubung dengan internet, baik melalui WiFi ataupun kabel. Dengan Smart TV, kita bisa melakukan aktivitas browsing layaknya pada komputer. Smart TV kebanyakan memakai sistem operasi Android, karena OS yang bersifat open source tersebut sangat cocok ditanamkan di berbagai perangkat elektronik,” papar Djonni.

Menurut Dia, kemunculan Smart TV sendiri banyak didukung oleh suksesnya sistem operasi Android, sehingga teknologi ini juga bisa dihubungkan dengan perangkat ponsel Android yang juga bisa digunakan untuk mengendalikan TV.

Dia juga memaparkan, selain dibekali oleh Smart Platform, Smart TV Changhong juga dibekali dengan Smart Control. Smart Control adalah fungsi kontrol pintar yang membuat kita bisa mengoperasikan TV tanpa perantara atau interface alias alat kontrol. Smart Control membuat televisi generasi ini mampu dioperasikan tanpa menggunakan remote, menyentuh panel, ataupun menyentuh layar TV. Dengan adanya Smart Control ini, pengguna bisa mengoperasikan TV hanya dengan sensor gerakan dan suara.

Melalui sensor gerakan, lanjut Djonni, pengguna bisa menggerakkan tangan di depan layar dengan jarak beberapa meter untuk mengontrol fungsi-fungsi pada televisi. Sementara melalui sensor suara, pengguna cukup memberi perintah sebagai cara bernavigasi untuk memindah saluran TV, berselancar di internet, browsing berita, input teks, dan sebagainya. Bahkan di pengembangan teknologi terbarunya, teknologi Smart Control Changhong sangat memungkinkan untuk saling memberikan interaksi antara manusia dengan mesin.

Hal yang terakhir dari Smart TV Changhong adalah keberadaan Smart Application. Fungsi tambahan yang menjadi bekal pada Smart Application ini, membuat Smart TV Changhong mampu menjalankan berbagai aplikasi dan bermain game tanpa perlu menambahkan perangkat tambahan, seperti playstation, game player, atau alat lain.

BERITA TERKAIT

Targetkan Pendapatan Tumbuh 10% - Duta Pertiwi Genjot Penjualan Domestik

NERACA Jakarta – Tahun ini, PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk (DPNS) menargetkan pendapatan sebesar Rp 115 miliar dengan laba bersih…

Penjualan Ekspor Tumbuh - Sritex Menuai Berkah dari Perang Dagang

NERACA Jakarta – Emiten garmen dan tekstil terintegrasi, PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) atau Sritex menuai berkah dari dampak…

HOKI Taksir Penjualan Semester I Tumbuh 15%

NERACA Jakarta – Meskipun mencatatkan penurunan laba bersih di kuartal pertama 2019 karena telat panen, emiten produsen beras kemasan PT…

BERITA LAINNYA DI BERITA KOMODITAS

Petani Kakao Butuh Kebijakan Jaminan Akses Pasar

NERACA Jakarta – Kalangan petani kakao lokal di berbagai daerah dinilai membutuhkan kebijakan pemerintah yang benar-benar dapat memberikan penjaminan kepada…

Pemerintah Patok Harga Batu Bara Acuan Juni US$81,48/Ton

NERACA Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mematok harga batu bara acuan pada bulan Juni 2019 sebesar…

Dunia Usaha - Industri Hasil Tembakau Disebut Signifikan Sumbang Ekonomi

NERACA Jakarta – Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Abdul Rochim menyampaikan bahwa industri hasil tembakau (IHT) menyumbang perekonomian secara…