Cerdas Memilih Perangkat Pemutar Musik

Sabtu, 29/12/2012

Kadangkala, memilih perangkat pemutar musik bukanlah hal yang mudah, karena kini sudah begitu banyak teknologi yang disematkan pada pemutar musik. Untuk itu, banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memilih atau membeli perangkat pemutar musik. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah perangkat pemutar musik.

Kompatibilitas dengan Komputer

Kompatibilitas dengan tipe komputer yang kita miliki sangatlah penting, mengingat akan ada beberapa hal yang harus kita lakukan dengan perangkat itu. Penghubung MP3 Player yang sangat umum saat ini adalah USB. Jika kita pengguna komputer dengan sistem operasi Windows, tak perlu khawatir karena semua perangkat pemutar dapat diajak bekerja sama. USB MC memungkinkan MP3 player kita terhubung dengan komputer tanpa harus memasang software tertentu.

Baca juga: Mendapatkan Musik Legal di Lenovo MUSZIK A319

Media Penyimpanan

Media penyimpanan dalam MP3 Player juga harus diperhatikan. Ada beberapa media penyimpanan yang biasa digunakan dalam MP3 Player. Hard Drive adalah media penyimpanan dengan kapasitas terbesar. Kapasitas yang tersedia antara 3GB hingga 100GB. Akan tetapi, kapasitas memori yang lebih besar bisa memuat lagu yang lebih banyak. Ini cocok sekali dengan kita yang menyukai banyak aliran musik sehingga kita butuh lebih banyak tempat untuk menyimpan lagu-lagu kita.

Baterai

Penting sekali untuk kita mengetahui kualitas baterai pada barang yang ingin dibeli. Sesuaikan juga dengan kebutuhan kita. Misalnya jika anda butuhMP3 playerselama perjalanan ke kantor yang mencapai 3 jam, carilahMP3 playerdengan daya kekuatan baterai yang baik. Sekarang ini, ada banyak pemutar musik yang bisa tahan sampai lebih dari 6 jam. Tapi, semuanya tetap balik lagi ke bagaimana kita memakainya. Volume yang lebih besar akan menghabiskan baterai yang lebih banyak.

Baca juga: Cerdas Meletakkan, Hindari Kerusakan Ponsel

Layar

Yang tenar saat ini adalah layar OLED. Sayangnya, layar jenis ini memboroskan baterai dan ketajaman gambar masih kurang bagus dibanding layar LCD. Layar MP3 Player dengan media Hard Drive biasanya berukuran 2,5 inci sementara layar dengan media Flash berukuran sekitar 1,5 inci. Bagi kita yang hanya memanfaatkan MP3 Player sekedar sebagai pemutar musik saja, kita bisa memilih MP3 Player tanpa layar atau dengan layar selebar satu baris.

Kualitas

Bicara soal kualitas biasanya tidak akan lari darimerk. terdapat banyak sekali merk yang bisa dipilih, tentunya dengan harga yang bervariasi. Misalnya produk apple yang harganya selangit, tapi memang sangat bagus. Jika kita tertahan padabudget, sebaiknya carireview tentang produk yang akan dibeli. Agar kita tidak menyesal di kemudian hari. Perhatikan juga kualitas suara. Tapi ini biasanya lebih keheadphone atauearphone.

Baca juga: Jam Tahan Banting, Teman Dengarkan Musik - Casio G-Shock GBA-400