Android Diperkirakan Masih Rajai Pasar di 2013

NERACA

Jakarta - Ponsel berbasis sistem operasi Android masih akan merajai pasar hingga 2013 mendatang. Namun, pangsa pasar ponsel Android tahun mendatang akan menurun dibandingkan tahun ini. IMarket Analyst Client Devices IDC Indonesia international Data Corporation (IDC), Darwin Lie memperkirakan, pangsa pasar Android saat ini sebesar 56%. "Diprediksikan di tahun 2013 mendatang android akan menurun dengan market share sebesar 53%,” kata dia di Jakarta, Senin.

Ponsel pintar berbasis Android ini masih akan menguasai pasar ponsel di Indonesia sebab sudah ada vendor-vendor bermain dengan harga yang murah. Darwin menjelaskan, harga masih menjadi urutan pertama bagi konsumen Indonesia dalam membeli sebuah ponsel setelah desain dan sistem operasi. Kisaran harga ponsel Android yang dibanderol dengan harga US$ 100 hingga US$ 200 atau sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta, membuat ponsel dengan sistem operasi ini diburu konsumen Indonesia.

Market share ponsel berbasis Android ini mengalahkan market share Blackberry dan iOS, Pangsa pasar Blackberry di kuartal III 2012 sebesar 37% dan iOS sebesar 3%. Total pengiriman ponsel di Indonesia sendiri pada kuartal III 2012 mencapai kisaran dua juta unit, yakni sebesar 12,67% dari total pengapalan ponsel yang mencapai 15,5 juta. Meskipun smartphone sudah semakin dikenal dan digunakan masyarakat Indonesia, namun pengguna featurephone masih tinggi di Indonesia. "Untuk tahun 2013 mendatang, kami prediksi 84% dari total pengapalan masih menggunakan featurephone," tandas Darwin.

Dalam kesempatan yang sama, Darwin juga mengungkapkan kalau komputer tablet menjadi gadget yang sangat diminati penggila teknologi di Indonesia. Bagaimana tidak? Berdasarkan riset International Data Corporation (IDC), pertumbuhan tablet setiap kuartal pada 2012 mencapai 100%.

Dengan pertumbuhan ini, IDC menyatakan, komputer tablet sebagai gadget tablet yang paling pesat pertumbuhannya."Di kuartal III 2012, pengapalan tablet hampir mencapai satu juta unit," kata Darwin.

Berdasarkan ukuran, IDC mencatat komputer tablet yang diminati adalah berukuran 7 inchi ketimbang 10 atau 10.1 inchi. Adapun persentasenya adalah sebesar 60% pengapalan tablet dengan layar 7 inchi.

Atas dasar inilah, Darwin mengatakan, Apple dengan mengeluarkan iPad mini berukuran 7 inci. Menurutnya, munculnya iPad mini semakin membuat tablet dengan layar 7 inchi semakin pesat pertumbuhannya.

Cuma, IDC mencatat, pasar tablet lokal didominasi oleh vendor lokal. Menurutnya, vendor lokal menguasai sekitar 50% pasar komputer tablet. Vendor-vendor lokal tersebut adalah MITO, Cyrus, dan IMO.

Salah satu alasannya adalah faktor harga. Menurut Darwin, harga komputer tablet lokal jauh lebih murah ketimbang lainnya. Misalnya iPad. Pengapalannya pada kuartal III 2012 menurun apabila dibandingkan kuartal II 2012. "iPad pada kuartal III tidak sampai ratusan ribu," ucapnya.

International Data Corporation (IDC) memperkirakan, tiga vendor ponsel di Indonesia akan melesat pada 2013 mendatang. Tiga vendor yang dimaksud adalah Sony, LG dan Lenovo. Darwin beralasan, ketiga vendor ini gencar melakukan perubahan dan promosi yang gencar pada 2012 ini. "Promosi ketiga vendor tersebut gencar untuk memperkenalkan produknya," tandas Darwin.

Darwin mencontohkan Sony. Menurutnya, Sony yang dulu bermain di featurephone, sekarang fokus bermain di smartphone dengan berbagai lini produk yang dikeluarkan. "Terlebih dengan branding image yang baru yakni Sony Xperia," tegasnya.

Sementara LG yang dulunya hanya terkenal sebagai salah satu produsen elektronik di Indonesia, menurutnya, sekarang sudah dikenal sebagai produsen ponsel dengan berbagai lini produk smartphone. Begitu juga dengan Lenovo. Dia bilang sebagai pemain baru ponsel di Indonesia juga melakukan strategi melalui peluncuran ponsel dengan harga terjangkau.

Prediksi Darwin ini berdasarkan data hasil pengapalan ponsel pada kuartal ketiga 2012. Dia mengatakan, ketiga vendor ini mengalami pertumbuhan pesat di Indonesia. Namun, tiga vendor ini tidak masuk dalam lima besar pada kuartal ketiga 2012. Kelima vendor ponsel terbesar di Indonesia berdasarkan data IDC kuartal III 2012 adalah Nokia, Cross, Samsung, MITO, dan Blackberry. Sayangnya, Darwin tidak dapat memberikan informasi seberapa besar unit pengapalan Sony, LG, dan Lenovo pada tahun 2012.

BERITA TERKAIT

Indonesia Kehilangan Pasar Akibat Tertinggal Jajaki Perjanjian

NERACA Jakarta – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menilai bahwa Indonesia banyak kehilangan pangsa pasar (market share) di sejumlah negara akibat…

Bidik Dana di Pasar Rp 2 Triliun - Lagi, Jasa Marga Bakal Terbitkan Obligasi

NERACA Jakarta – Sukses menggalan dana di pasar lewat program dana investasi infrastruktur (Dinfra), memacu PT Jasa Marga (Persero) Tbk…

Perluas Pasar, FWD Life Gandeng K-Link

Dalam rangka perluas penetrasi pasar asuransi, PT FWD Life Indonesia (FWD Life) sebagai salah satu pelopor asuransi jiwa digital di…

BERITA LAINNYA DI BERITA KOMODITAS

Pemerintah Ingin 10 Ribu IKM Masuk Pasar Online

NERACA Jakarta – Kemenperin menargetkan sebanyak 10 ribu pelaku IKM dari berbagai sektor dapat masuk ke pasar online melalui program…

Perjanjian RCEP Dinilai Hanya Lindungi Kepentingan Investor

NERACA Jakarta – Koalisi masyarakat sipil untuk keadilan ekonomi melakukan aksi penolakan terhadap perjanjian RCEP yang sedang dirundingkan oleh Indonesia.…

Bakal Terus Dicari Solusi Masalah Ekspor Sawit

NERACA Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan mengatakan akan mencari solusi masalah kelapa sawit setelah mendengar hasil…