Gaya Minimalis Masih Paling Diminati - Properti 2013

Tak banyak berubah dari tahun-tahun sebelumnya, model minimalis, masih begitu digemari hingga tahun depan, baik gaya minimalis modern maupun minimalis klasik. Model ini digemari karena mampu memberi kesan dinamis, segar, dan bahkan terkesan modern pada rumah.

NERACA

Ya, minat masyarakat memiilh rumah, baik membeli yang baru, maupun merehab rumah yang lama, masih bertahan pada gaya minimalis di 2013 mendatang.Itulah yang ungkapkan Direktur Century 21 Ali Hanafiah Lijaya kepada Neraca belum lama ini. “Dilihat dari modelnya, saya kira masih tak banyak beranjak dari tahun ini dan tahun lalu, yaitu corak minimalis, baik minimalis klasik maupun minimalis modern,” kata Ali Hanafiah. Menurut dia, model atau corak minimalis memang tak dipengaruhi oleh harga atau kondisi ekonomi, tapi lebih banyak karena trennya memang demikian. Bahkan, kata dia, model minimalis boleh jadi tak lekang oleh waktu.

Ali memperkirakan, tingkat kebutuhan rumah tahun depan memang ada peningkatan, tapi jumlahnya tak sebanyak 2010 dan 2012. Penurunan tngkat penjualan rumah itu, menurut Ali, juga dipengaruhi krisis ekonomi di Eropa dan AS yang berimbas ke Indonesia. Yang justru mendongkrak adalah rumah hunian kelas menengah ke bawah, baik tipe 36, 45, dan 72, Jumlahnya cukup signifikan. Apalagi, kebutuhan yang besar belum diimbangi penawaran yang cukup. Banyaknya permintaan rumah kelas menengah ke bawah itu juga ditunjang bunga kredit pemilihan rumah (KPR) yang rendah.

Hal senada juga dilontarkan Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda. Dia berpendapat, siklus kejayaan dunia properti sudah terjadi tahun ini, dan menurun di tahun depan. Artinya, penjualan rumah menengah ke bawah justru yang meningkat. “Hunian untuk menengah atas sudah berjaya dari 2009 hingga 2012,” tuturnya.

Selain oleh suku bunga, fluktuasi harga rumah juga banyak dipengaruhi harga tanah, harga barang-barang properti, perizinan, dan pajak. Dari prospeknya, pada 2013 pesatnya tingkat hunian terbanyak di kawasan Bintaro dan Bekasi di pinggiran Jakarta, namun dibelit pajak dan harga tanah yang tinggi.

Dalam catatan Neraca, bunga KPR saat ini yang cukup rendah berkisar di angka 7,29% fixe rate selama dua tahun. Itu sebabnya, penerbit bunga KPR sebesar itu, yaitu Bank Jabar Banten (BJB) mematok permintaan KPR di tahun depan hingga Rp 3,54 triliun.

Kelas Apartemen

Bagaimana dengan animo pembelian rumah strata title, yaitu model rumah susun atau apartemen? Memang ada dua pendapat. Pertama, muncul dari kalangan pengembang rumah susun. Biasanya, rumah susun dibangun di wilayah perkotaan. Dengan demikian, orang akan dimudahkan dari akses transportasi yang memudahkan orang menjangkau tempat kerja.

“Karena lokasinya yang strategis, membeli unit apartemen tentu merupakan investasi yang menguntungkan, karena harganya terus melambung,” kata Marketing Manager PT Duta Paramindo Sejahtera, CY Andreas.

Sebagai tempat maupun sebagai investasi, model apartemen tentu menguntungkan, apalagi jika itu adalah apartemen bersubsidi yang harganya sedikit lebih miring dari apartemen kelas menengah ke atas. Bahkan, apartemen bersubsidi itu sudah memeiliki fasilitas penunjang yang tak kalah dengan apartemen kelas atas. Misalnya, terdapat kolam renang, pusat pertokoan, kuliner, sarana olahraga, maupun konter anjungan tunai mandiri (ATM).

“Saya sempat menyesal mengapa tak membeli apartemen yang dekat dengan rumah kontrakan saya ini, karena ternyata manfaat dan harga jualnya sangat bagus,” ujar Tyas, tokoh LSM yang mengaku sudah bertahun-tahun mengontak di kawasan Rawajati, Pancoran, Jaksel. Rupanya dia baru saja diberi tahu sejawatnya yang sudah lebih dulu membeli satu unit apartemen di bilangan Kalibata.

“Baru dua tiga tahun, harga jualnya nyaris naik dua kali lipat,” ujarnya. Padahal, dengan punya apartemen tersebut, tuturnya, bisa menjamu tamu yang menginap dengan fasilitas rumah dan kamar yang layak.

Sebaliknya, Ali Hanafiah tak optimistis dengan perkembangan rumah susun atau apartemen. Yang rusunami, sebutan bagi apartemen bersubsidi, kini harganya sudah melangit. Itu sebabnya tidak lagi disebut rusunami, tapi anami (apartemen sederhana kepemilikan). “Dibanding rusunami atau anami, rumah minimalis I pinggir masih tetap diminati, karena harganya bisa lebih murah,” tutur Ali.

Yang terang, untuk mengambil kredit rumah atau apartemen, sama seperti kredit kendaraan, uang mukanya minimal 30% dari nilai kreditnya. Makin besar uang muka, makin kecil pula cicilannya tiap bulan. Bagi keluarga muda atau yang belum memiliki rumah sendiri, siapkan sejumlah persyaratan bila ingin pindah ke perumahan maupun apartemen: fotokopi KTP, KK, keterangan kerja dan besaran gaji bagi yang karyawan, atau rekening koran dan neraca keuangan perusahaan jika menjadi pengusaha. (saksono)

DAFTAR SUKU BUNGA KPR

No.

Nama Bank

Rate KPR

1.

BPD Riau Kepri

7,1%

2.

BPD Jateng

7,13%

3.

HSBC

Floating 8,75 %

4.

BRI

Fixed 7,50 % (2 th) / Floating 10,25 %

5.

BTN

Fixed 7,49 % (2 th) / Floating 11,08 %

6.

Bank Mandiri

Fixe Fixed 8,8 % (1 th) / Floating 11,10 %

7.

Bank Jabar-Banten

7,29% fixed 2 th/Floating, 914%

8.

BNI

Fixed 9,9 % (1 th)/ Floating 11,00 %

9.

BCA

Floating 9,5 %

10.

ANZ Panin Bank

Fixed 7,99 % (2 th) / Floating 10,68 %

*Diolah dari berbagai sumber, agar update, cek ke bank di atas

BERITA TERKAIT

Nusantara Properti Masuk Efek Syariah

NERACA Jakarta –Resmi mencatatkan saham perdananya di pasar modal, PT Nusantara Properti Internasional Tbk (NATO) masuk dalam kategori efek syariah…

Pollux Properti Gelar Topping Off Apartemen Meisterstadt Batam

Pollux Properti Gelar Topping Off Apartemen Meisterstadt Batam NERACA Batam - Pengembang properti PT Pollux Barelang Megasuperblok– perusahaan kolaborasi antara…

Pollux Properti Gelar Topping Off Apartemen Meisterstadt Batam

Pollux Properti Gelar Topping Off Apartemen Meisterstadt Batam NERACA Batam - Pengembang properti PT Pollux Barelang Megasuperblok– perusahaan kolaborasi antara…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Banten Jadi Pilihan Bagi Penglaju Mencari Rumah

Banten Jadi Pilihan Bagi Penglaju Mencari Rumah NERACA Jakarta - Riset Indonesia Property Watch (IPW) mengungkapkan sebagai daerah yang berbatasan…

SouthCity Bangun Apartemen Berkonsep

SouthCity Bangun Apartemen Berkonsep "Coliving" Jaring Milenial NERACA Tangerang Selatan - SouthCity pengembang superblok di kawasan Pondok Cabe Tangerang Selatan…

Pollux Properti Gelar Topping Off Apartemen Meisterstadt Batam

Pollux Properti Gelar Topping Off Apartemen Meisterstadt Batam NERACA Batam - Pengembang properti PT Pollux Barelang Megasuperblok– perusahaan kolaborasi antara…