free hit counter

Kemenkeu: Bagian PBB Pemerintah Pusat Rp.2,91 T

Senin, 10/12/2012

NERACA

Jakarta - Menteri Keuangan menetapkan alokasi definitif pajak bumi dan bangunan (PBB) bagian pemerintah pusat yang dibagikan kepada seluruh kabupaten dan kota tahun anggaran 2012 sebesar Rp2,91 triliun. Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Marwanto Harjowirjono menyebutkan, alokasi PBB untuk kabupaten/kota itu ditetapkan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 191/PMK.07/2012.

Alokasi definitif PBB bagian pemerintah pusat yang dibagikan kepada seluruh kabupaten dan kota tahun anggaran 2012 didasarkan atas prognosa realisasi penerimaan PBB tahun anggaran 2012. “Rincian jumlah Rp2,91 triliun itu terdiri atas alokasi definitif PBB bagian pemerintah pusat yang dibagikan secara merata kepada seluruh kabupaten dan kota sebesar Rp1,89 triliun,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Neraca, akhir pekan kemarin.

Sementara itu, alokasi definitif PBB bagian pemerintah pusat yang dibagikan sebagai insentif kepada kabupaten dan kota yang realisasi penerimaan PBB sektor pedesaan dan perkotaan pada tahun anggaran sebelumnya mencapai/melampaui rencana penerimaan yang ditetapkan adalah sebesar Rp1,02 triliun.

Rincian alokasi definitif PBB bagian pemerintah pusat yang dibagikan kepada seluruh kabupaten dan kota tahun anggaran 2012 itu tercantum dalam lampiran PMK tersebut. Misalnya, untuk Provinsi DKI Jakarta sebesar Rp108,39 miliar terdiri atas bagian secara merata Rp19,28 miliar dan insentif sebesar Rp89,11 miliar.Next