PT Trikomsel Oke Tbk - Mundulang Untung Dari Gaya Hidup Konsumen

NERACA

Jakarta – Menyambut natal dan tahun baru, biasanya penjualan handpone atau seluler mengalami peningkatan. Pasalnya, sebagian orang bakal mendapatkan dana tunjangan hari raya yang kemudian akan digunakan untuk mengganti handphone baru. Hal ini sangat beralasan,karena handphone sudah menjadi lifestyle masyarakat Indonesia.

Setidaknya momentum inilah yang dimanfaatkan, PT Trikomsel Oke Tbk sebagai distributor handphone untuk menggenjot penjualan. Bahkan, kedepan perseroan akan mengubah strategi perusahaan dalam penjualan produk aksesoris handset untuk 2013 karena permintaan yang terus meningkat.

Direktur Komersial Trikomsel Oke, Evy Soenarjo mengatakan, permintaan handset bakal meningkat dan bisnis inilah yang akan ditingkatkan, “Strategi dengan menjual produk aksesoris handset pada tahun depan akan meningkatkan penjualan. Untuk aksesoris handset, kontribusi penjualannya masih rendah terhadap pendapatan usaha,” katanya di Jakarta, Kamis (6/12).

Menurutnya, bisnis aksesoris handset lebih cepat dibandingkan dengan bisnis handset karena berkaitan dengan gaya hidup konsumen, “Untuk meningkatkan penjualan handset, kami telah mengisi jaringan ritel perusahaan dengan produk-produk aksesoris yang sedang tren di pasar. Hingga akhir tahun ini perusahaan menargetkan 950 toko di seluruh Indonesia,” paparnya.

Kemudian pada tahun depan, lanjut Evy, ruang-ruang display OkeShop akan terisi dengan berbagai macam produk-produk aksesoris, “Kami akan menjual aksesoris dengan menyasar segmen konsumen kelas menengah ke atas. Segmen tersebut mempunyai daya beli yang tinggi terhadap produk aksesoris handset," ujarnya.

Dia menambahkan, strategi ulang terhadap bisnis aksesoris ini tidak menambah biaya operasional perusahaan, “Perusahaan tidak membeli atau impor produk aksesoris secara langsung, tetapi bekerja sama dengan vendor-vendor produk aksesoris,” tandasnya.

Targetkan Rp 1,5 Miliar

Asal tahu saja, PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO) menargetkan pendapatan hingga Rp1,5 miliar pada tahun ini. Oleh karena itu, perseroan terus menambah gerai baru dan rencananya, pendapatan tersebut diperoleh dari toko Samsung Experiental Shop yang telah membuka gerai ke empatnya di tahun ini.

Kata Evy Soenarjo mengatakan, pendapatan Rp1,5 miliar yang diperoleh dari nilai transaksi Samsung Experiental Shop, “Samsung memberikan kontribusi terbesar dari pendapatan Trikomsel, dengan pertumbuhan mencapai 30% dan  diharapkan mampu meningkatkan penjualan saat ini,"ungkapnya.

Dia menambahkan hingga akhir tahun ini penjualan ponsel mengalami peningkatan hingga 20% dibandingkan bulan sebelumnya, “Pada November dan Desember ini kita mengalami peningkatan hingga 20%, apalagi ini akhir tahun kan orang-orang dapat bonus, biasanya dibeliin handphone,”ungkapnya.

Hingga akhir tahun ini perseroan bakal membuka kurang dari 10 gerai dan jumlah gerai TRIO sendiri hingga saat ini mencapai 1.100 gerai. Pembukaan gerai sendiri lambat karena serah terima dari mal sendiri yang telat, sehingga pembukaan gerai juga mengalami keterlambatan.

Tahun depan, perseroan berencana membuka 150 gerai. Pembukaan gerai tersebut untuk Trikomsel dan Global. Evy menuturkan, untuk pembukaan satu gerai toko mengeluarkan biaya hingga Rp1 miliar. Namun pembukaan gerai tersebut tergantung dari lokasi dan principal partner,Setiap pembukaan gerai nilai investasi sekira Rp500 juta hingga Rp1 triliun, namun hal tersebut tergantung dari kriteria, seperti lokasi yang strategis atau dari partner kita," ungkapnya.

Ekspansi Ke Asia

Selain itu, perusahaan penjual dan distributor seluler ini juga berencana ekspansi bisnisnya hingga Asia. Pemilihan kawasan tersebut karena memiliki tipe pelanggan yang tidak berbeda dengan Indonesia.

Hingga saat ini perseroan telah mempertimbangkan rencana ekspansi tersebut, selain itu perseroan telah melakukan penjajakan tidak saja dari segi branding, tetapi memastikan keunggulannya."Kalau rencana ke luar negeri kita ke Asia dulu, mungkin sekitar Asean, karena kan tipe customer-nya juga tidak berbeda dengan di Indonesia," kata Evy Soenarjo.

Dia menuturkan, namun hingga kini perseroan lebih fokus di Indonesia, selain itu meliat dari pertumbuhan GDP Indonesia yang baik, ditambah dengan kebutuhan handphone di Indonesia juga penting, “Kita fokus dulu sama yang di Indonesia, apalagi bila kita pertumbuhan GDP Indonesia juga semakin bagus, sekarang kan handphone sudah jadi kebutuhan penting, ibaratnya seperti beras,"jelasnya. (bani)

 

 

 

 

BERITA TERKAIT

Dorong Optimalisasi Realisasi APBD

Pemerintah terus mendorong agar terjadinya optimalisasi realisasi penggunaan APBD untuk terus mampu mempercepat pembangunan di Papua agar kesejahteraan masyarakat pun…

Kemudahan Channel Sales CariPro - Beli Rumah Bisa Lewat Gadget Kapan Saja

Genjot pertumbuhan penjualan di tahun 2021, PT Modernland Realty Tbk meluncurkan situs online bertajuk CariPro (www.caripro.co.id) yang merupakan inovasi terbaru…

Unilever Bagikan Dividen Rp 430 Per Saham

NERACA Jakarta- Sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan para investor pemegang saham, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) memutuskan membagikan dividen tahun…

BERITA LAINNYA DI

Dorong Optimalisasi Realisasi APBD

Pemerintah terus mendorong agar terjadinya optimalisasi realisasi penggunaan APBD untuk terus mampu mempercepat pembangunan di Papua agar kesejahteraan masyarakat pun…

Kemudahan Channel Sales CariPro - Beli Rumah Bisa Lewat Gadget Kapan Saja

Genjot pertumbuhan penjualan di tahun 2021, PT Modernland Realty Tbk meluncurkan situs online bertajuk CariPro (www.caripro.co.id) yang merupakan inovasi terbaru…

Unilever Bagikan Dividen Rp 430 Per Saham

NERACA Jakarta- Sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan para investor pemegang saham, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) memutuskan membagikan dividen tahun…