Balita Memerlukan Gizi Seimbang - Memasuki Masa Pertumbuhan

Masa balita merupakan critical period dimana seorang anak sedang dalam proses pertumbuhan fisik. Sehingga pada periode ini memerlukan perhatian khusus dan serius.

Ini dikarenakan saat lahir, otak anak hanyalah berukuran 25% dari rata-rata otak saat dewasa nanti. Saat usianya mencapai 3 tahun, otak anak akan bertumbuh secara dramatis dengan memproduksi jutaan sel, koneksi atau sinaps di antara sel-sel tersebut. Oleh karena itu, 1365 hari pertama dalam kehidupan anak perlu dioptimalkan untuk daya tangkap dan tumbuh kembang yang lebih baik.

Hal ini dapat dimulai dengan pemberian asupan gizi yang baik, stimulasi yang optimal dan eliminasi faktor-faktor lingkungan yang dapat mengganggu optimalnya tumbuh kembang anak.

Cecep Fathoni, External & Medical Affairs Director Mead Johnson Indonesia mengungkapkan, sesuai misinya untuk menjadi partner ibu dalam menyediakan nutrisi awal terbaik untuk mendukung tumbuh kembang anak, Mead Johnson berkomitmen untuk terus menerus melakukan penelitian dan inovasi dalam bidang nutritional science. Mead Johnson telah memiliki lebih dari 30 studi ilmiah dalam bidang tumbuh kembang anak, salah satunya adalah perkembangan otak anak.

Berbagai studi ilmiah ini dilakukan oleh Mead Johnson untuk mendukung pengembangan produk-produknya untuk memastikan manfaat optimal dari produk-produknya tersebut, dan pihaknya secara konsisten melakukan penelitian dalam hal nutrisi anak dan tahap awal perkembangan dan pertumbuhan otak dan telah menghasilkan lebih dari 30 studi ilmiah. Salah satu studi ilmiahnya adalah mengenai peranan DHA dalam perkembangan otak anak.

Empat studi klinis yang dilakukan terhadap bayi dan anak, dimana terbukti secara klinis bahwa pemberian nutrisi dengan kadar DHA 17mg/100kkal dan ARA 34mg/100kkal pada bayi dan anak meningkatkan kemampuan memecahkan masalah (problem solving)i, meningkatkan kemampuan verbal (verbal IQ)ii, dan meningkatkan mental development index sebanyak tujuh poin pada tiga tahun pertama usia si kecil.

“Terdapat dua tahap utama dalam proses perkembangan otak dalam anak, yaitu tahap produksi sel otak kemudian dilanjutkan oleh tahap transmisi sel otak, yang juga dikenal sebagai proses diferensiasi korteks,” tutur Dr. Dwi Putro Widodo, SpA, Dokter Spesialis Syaraf.

Tahap pertama adalah produksi sel otak yang membentuk koneksi sel-sel otak, dimana pada tahap ini sel-sel otak membentuk sinaps, yaitu penghubung antara dua ujung dari sel-sel otak yang berbeda.

Sebagai jembatan penghubung, sinaps memungkinkan sel-sel otak tersebut untuk saling mengirimkan sinyal atau berkomunikasi. Tahap kedua adalah diferensiasi korteks, dimana komunikasi sel-sel otak

Semakin sering otak distimulasi pada saat tahap ini akan lebih baik, satu sel syaraf otak dapat mencapai 2500 jaringan sel otak. Proses ini berkembang paling pesat pada masa anak-anak dan berlangsung hingga seumur hidup.

Selain faktor genetik dan stimulasi, agar otak anak tumbuh optimal, kebutuhan tubuh anak akan nutrisi khususnya nutrisi yang membantu meningkatkan pertumbuhan otak seperti DHA dan ARA, asam lemak utama yang terdapat di otak dan retina, adalah salah satu nutrisi yang penting untuk otak.

”Agar asupan nutrisi anak tercukupi dengan baik, dibutuhkan kuantitas asupan nutrisi yang sesuai dengan tumbuh kembang dan usia anak, untuk mendukung perkembangan motorik, berbicara, emosional, logika, sosial dan bahasa anak," tuturnya.

BERITA TERKAIT

Pertumbuhan Otomotif Jadi Magnet DFSK Bermain di SUV

Pasar otomotif Indonesia menjadi salah satu magnet bagi perusahaan otomotif dunia untuk menawarkan portofolio kendaraannya di tanah air, termasuk jenama…

Bawaslu Temukan 25 Kasus Politik Uang Selama Masa Tenang

Bawaslu Temukan 25 Kasus Politik Uang Selama Masa Tenang NERACA Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menemukan 25 kasus…

Perlonggar Likuiditas, Jika Ingin Memacu Pertumbuhan

Oleh: Piter Abdullah R, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Untuk pembenahan sektor manufaktur, kuncinya adalah bagaimana…

BERITA LAINNYA DI KESEHATAN

Angka Harapan Hidup Global Meningkat

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat peningkatan angka harapan hidup global sebesar 5,5 tahun dalam rentang 2000 hingga 2016. Wanita diprediksi…

Olahraga Secara Rutin Bisa Cegah Cacat Saat Tua

Kehilangan kemampuan bergerak melakukan aktivitas sehari-hari merupakan masalah yang banyak dialami orang tua. Untuk mencegah masalah kemampuan gerak ini, peneliti…

Makanan Ini Bisa Mencegah Penyakit Jantung dan Darah Tinggi

Menjaga kesehatan jantung tak hanya dengan menghindari makanan cepat saji dan makanan yang diproses berlebihan. Beberapa makanan bahkan baik dikonsumsi…