Pertarungan Dua Smart TV dengan Layar Lebar - Samsung ES9000 VS LG LW9500

Kini tidak hanya handphone saja yang memiliki julukan smart, televisi pun kini menyandang julukan serupa yakni smart. lantas, apa saja kelebihan smart tv ini.

NERACA

Rasanya, kini kita sudah sering melihat iklannya ataupun orang-orang membicarakan tentang smart tv ini. Smart TV atau TV pintar adalah sebuah perkembangan dalam teknologi televisi yang menggabungkan antara fungsi TV dan internet. Smart TV memungkinkan pemirsa dapat mengakses Youtube, Facebook atau situs populer lainnya sambil menonton TV sehingga fungsi TV menjadi lebih maksimal yaitu sebagai sarana hiburan, informasi dan edukasi. Dengan kata lain, smat tv ini adalah penggabungan antara televisi dan internet.

Fungsi memang mirip-mirip dengan computer, namun bila diperhatikan smart tv ini memiliki fasilitas untuk menonton yang sangat beragam dan tentunya sangat pintar. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa produsen televisi yang mengeluarkan produk Smart TV di antaranya LG, Samsung, Sony, Panasonic dan Toshiba. Masing-masing merek menawarkan berbagai fitur yang menarik.Hal inilah yang seringkali membuat bingung calon konsumen yang akan membeli Smart TV. Sebagai pengguna tentunya kita harus teliti dan cerdas dalam memilih juga menggunakannya.

Salah satu merek yang merajai pasar smart tv di Indonesia ialah Samsung dan Lg, dua pabrikan besar ini cukup kompetitif dalam pasar smart tv di Indonesia ini. Yaitu Samsung Smart TV ES9000 dan LG Smart TV LW9500. Secara bentuk keduanya hampir serupa hanya saja Samsung ES9000 memiliki desain yang lebih stylish dibanding LG LM9500.Namun kita harus tetap memperhatikan lebih dalam lagi apa saja kelebihan dari kedua televisi pintar berlayar besar ini.

Kalau dilihat dari sisi ukurannya, kedua pabrikan ini memang menghadirkan televisi yang sangat besar. Samsung Smart TV ES9000 dan LG Smart TV LM9500, kedua televisi pintar ini tercatat menghadirkan layar seluas 75 inci pada Samsung dan 72 inci pada LG. Jelas dengan ukuran layar yang sangat lebar seperti ini, setiap penggunanya akan dimanjakan oleh layarnya yang cukup luas. Tidak hanya itu, Samsung Smart TV ES9000 dilengkapi fitur-fitur canggih seperti Samsung Smart Interaction. Fitur-fitur itu antara lain fitur kontrol gerak, kontrol suara, pengenalan wajah dan dapat terhubung antar perangkat Samsung.

Sedangkan dari LG Smart TV LM9500, LG menghadirkan teknologi 3D yang juga hadir di perangkat-perangkat TV 3D LG lainnya. Teknologi yang dimaksud adalah Film Patterned Retarder. Teknologi tersebut hanya memerlukan kacamata berlensa terpolarisasi yang memungkinkan kedua mata bersamaan menangkap sinya layar TV. Sedangkan TV 3D pada umumnya menggunakan teknologi yang membutuhkan kacamata Liquid Crystal. Kacamata tersebut akan menangkap sinyal layar TV secara bergantian pada ritme tertentu. Proses ini menimbulkan efekflickeryang sering kali membuat mata letih. Sedangkan dengan adanya teknologi FPR, mata tidak akan cepat letih.

Pada smart tv Samsung juga ditanamkan panel Precision Black Samsung terbaru untuk meningkatkan ketajaman dan tingkat hitam sebesar 30 persen dengan tingkat kecerahan hingga 60 persen dibandingan dengan pendahulunya. Tidak hanya itu, Samsung juga menyematkan fitur teknologi Micro Dimming Ultimate untuk membagi dan menganalisis layar piksel sehingga meningkatkan rasio kontras, mengoptimalkan warna detail dan mengontrol kebisingan. Tentunya dengan ini, kualitas gambar yang dihasilkan akan lebih tajam dan lebih baik.

Namun untuk memiliki produk ini, kita diharuskan mengeluarkan uang yang sangat banyak. Selain karena fungsinya yang sangat cerdas ini, smart tv juga memiliki gengsi yang sangat besar bagi pemiliknya. Pembelinya akan sangat dimanjakan oleh fungsi-fungsinya yang sangat mewah ini, kebanyakan smart tv pun sudah dilengkapi oleh kamera dan bahkan bisa menggunggah fotonya langsung ke internet, videocall atau merekam tayangan televisi yang kita tonton. Sangat menarik bukan?

Soal harga, LG LM9500 sendiri dikabarkan akan dibanderol dengan harga sekitar Rp100 juta, sedangkan pada Samsung Smart TV ES9000 dibandrol seharga Rp99,9 juta.

BERITA TERKAIT

Penilaian IGJ - Dua Aspek Lemahkan Indonesia Dalam Perdagangan Internasional

NERACA Jakarta – Peneliti senior Indonesia for Global Justice (IGJ) Olisias Gultom menilai, terdapat dua aspek yang membuat lemah Indonesia…

Kinerja Memburuk, Dua Komisaris Minta RUPS Ganti Dirut Garuda

NERACA   Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, rencananya akan digelar akhir bulan ini,…

AMMDes Bisa Diaplikasikan dengan Alat Pembuat Es Serpihan

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian secara konsisten dan berkelanjutan terus mendorong pemanfaatan dan pengembangan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) untuk…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

HTSnet Sediakan layanan Internet Murah Untuk UKM

PT Hawk Teknologi Solusi (HTSnet)  menyediakan layanan internet Turbo Fiber yang ditujukan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat membantu…

Software Bajakan Disebut Sulit Dibrantas di Indonesia

Maraknya penggunaan software tidak berlisensi atau bajakan untuk kebutuhan bisnis maupun perorangan sudah semakin meresahkan. Berdasarkan data dari BSA I…

Jelang Pilpres, 771 Konten Hoax Warnai Dunia Maya

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)mengidentifikasi 771 hoax pada periode Agustus 2018 hingga Februari 2019 di jagat maya, paling banyak berkaitan…