CIMB Niaga Genjot Bisnis Bancassurance

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk terus menggenjot bisnis perbankan asuransi (bancassurance) seiring potensi pasar yang masih terbuka lebar di Indonesia. Hingga akhir September 2012, bisnis bancassurance berhasil mencatat peningkatan fee based income dan jumlah polis baru asuransi jiwa, masing-masing sebesar 43% dan 20%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Akhiz Nasution, Head of Insurance Business CIMB Niaga mengungkapkan, saat ini terus terjadi peningkatan kerjasama antara industri asuransi jiwa dengan sektor perbankan dalam memasarkan produk asuransi (bancassurance).

Dari opini yang berkembang saat ini, lanjut Akhiz, bisnis bancassurance cenderung lebih stabil. Selain itu, bancassurance mempunyai keuntungan, yaitu layanan one stop service yang memungkinkan nasabah memperoleh pelayanan produk ataupun jasa perbankan dan asuransi di satu tempat di seluruh cabang bank.

“Hal itu yang menjadi faktor pendorong pesatnya bisnis bancasssurance saat ini, selain dukungan tren pasar yang cenderung positif, kesadaran akan pentingnya asuransi serta daya beli masyarakat yang relatif meningkat,” kata Akhiz di Jakarta, Kamis (29/11).

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang dipublikasikan pada 28 September 2012, menunjukkan kerjasama antara industri asuransi jiwa dengan sektor perbankan, berpengaruh pada besaran distribusi premi.

Di kuartal II-2012, dari total pendapatan premi sebesar Rp49,65 triliun, kontribusi bancassurance mencapai Rp20,1 triliun, lebih tinggi dibandingkan dengan kontribusi yang berasal dari premi agency yang mencapai Rp19,5 triliun. Sementara, sisanya berasal dari jalur telemarketing sebesar Rp1 triliun, dan jalur distribusi lainnya sebesar Rp9 triliun.

Menurut Akhiz, sebagai upaya memenuhi kebutuhan nasabah di tahun 2012, selain produk Regular Premium Unit Link, CIMB Niaga telah mengembangkan beragam produk bekerjasama dengan mitra asuransi ternama. Antara lain, produk unit link, X-Tra Premier Investa, dan produk asuransi umum, X-Tra Shield, yang ditawarkan melalui jalur distribusi kantor cabang.

Selain itu, ada juga produk asuransi kesehatan X-Tra Care yang ditawarkan melalui jalur distribusi telemarketing, dan satu produk asuransi jiwa (termasuk kecelakaan) yang ditawarkan melalui jalur distribusi Personal Loan. Keanekaragaman produk bancassurance ini semakin melengkapi produk perbankan yang dimiliki CIMB Niaga. [rin]

BERITA TERKAIT

Investasi Ilegal di Bali, Bukan Koperasi

Investasi Ilegal di Bali, Bukan Koperasi NERACA Denpasar - Sebanyak 12 lembaga keuangan yang menghimpun dana masyarakat secara ilegal di…

Farad Cryptoken Merambah Pasar Indonesia

  NERACA Jakarta-Sebuah mata uang digital baru (kriptografi) yang dikenal dengan Farad Cryptoken (“FRD”) mulai diperkenalkan ke masyarakat Indonesia melalui…

OJK: Kewenangan Satgas Waspada Iinvestasi Diperkuat

NERACA Bogor-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengharapkan Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi dapat diperkuat kewenangannya dalam melaksanakan tugas pengawasan, dengan payung…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Bank DKI Bagikan Kartu Bagi Pedagang Beras Cipinang

      NERACA   Jakarta - Bank DKI membagi-bagikan Kartu Pedagang kepada pedagang beras Cipinang sebagai bentuk dukungan terhadap…

LinkAja Sediakan Layanan Nontunai di Pasar Peterongan Semarang

    NERACA   Jakarta - Revitalisasi pasar tradisional sebagai bagian penting dari ekonomi kerakyatan penting dilakukan untuk menjaga eksistensi…

Tahan Suku Bunga, BI Pilih Turunkan GWM

P { margin-bottom: 0.08in; }A:link { }     NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) melalui Rapat Dewan Gubernur…