CIMB Niaga Genjot Bisnis Bancassurance

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk terus menggenjot bisnis perbankan asuransi (bancassurance) seiring potensi pasar yang masih terbuka lebar di Indonesia. Hingga akhir September 2012, bisnis bancassurance berhasil mencatat peningkatan fee based income dan jumlah polis baru asuransi jiwa, masing-masing sebesar 43% dan 20%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Akhiz Nasution, Head of Insurance Business CIMB Niaga mengungkapkan, saat ini terus terjadi peningkatan kerjasama antara industri asuransi jiwa dengan sektor perbankan dalam memasarkan produk asuransi (bancassurance).

Dari opini yang berkembang saat ini, lanjut Akhiz, bisnis bancassurance cenderung lebih stabil. Selain itu, bancassurance mempunyai keuntungan, yaitu layanan one stop service yang memungkinkan nasabah memperoleh pelayanan produk ataupun jasa perbankan dan asuransi di satu tempat di seluruh cabang bank.

“Hal itu yang menjadi faktor pendorong pesatnya bisnis bancasssurance saat ini, selain dukungan tren pasar yang cenderung positif, kesadaran akan pentingnya asuransi serta daya beli masyarakat yang relatif meningkat,” kata Akhiz di Jakarta, Kamis (29/11).

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang dipublikasikan pada 28 September 2012, menunjukkan kerjasama antara industri asuransi jiwa dengan sektor perbankan, berpengaruh pada besaran distribusi premi.

Di kuartal II-2012, dari total pendapatan premi sebesar Rp49,65 triliun, kontribusi bancassurance mencapai Rp20,1 triliun, lebih tinggi dibandingkan dengan kontribusi yang berasal dari premi agency yang mencapai Rp19,5 triliun. Sementara, sisanya berasal dari jalur telemarketing sebesar Rp1 triliun, dan jalur distribusi lainnya sebesar Rp9 triliun.

Menurut Akhiz, sebagai upaya memenuhi kebutuhan nasabah di tahun 2012, selain produk Regular Premium Unit Link, CIMB Niaga telah mengembangkan beragam produk bekerjasama dengan mitra asuransi ternama. Antara lain, produk unit link, X-Tra Premier Investa, dan produk asuransi umum, X-Tra Shield, yang ditawarkan melalui jalur distribusi kantor cabang.

Selain itu, ada juga produk asuransi kesehatan X-Tra Care yang ditawarkan melalui jalur distribusi telemarketing, dan satu produk asuransi jiwa (termasuk kecelakaan) yang ditawarkan melalui jalur distribusi Personal Loan. Keanekaragaman produk bancassurance ini semakin melengkapi produk perbankan yang dimiliki CIMB Niaga. [rin]

BERITA TERKAIT

Gaet JCB, CIMB Niaga Luncurkan Precious Card

      NERACA   Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bekerjasama dengan PT JCB International Indonesia…

UOB Kay Hian Holding Beli 5% Saham YELO - Miliki Prospek Bisnis Bagus

NERACA Jakarta –Keyakinan memiliki prospek pasar bisnis yang cukup menjanjikan, perdagangan saham PT Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO) banyak aktif…

DEAL Perkuat Bisnis Energi Lewat Proyek IPP - Beri Modal Anak Usaha Rp 16 Miliar

NERACA Jakarta – Resmi mencatatkan sahamnya di pasar modal dan menjadi emiten ke-50 di tahun 2018, PT Dewata Freightinternational Tbk…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

OJK "Lepas Tangan" Bunga P2P Lending

      NERACA   Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan bahwa regulator tidak mengatur secara spesifik besaran bunga…

Generasi Milenial Potensial Pasar Asuransi

    NERACA   Jakarta - Perusahaan asuransi dan manajemen aset AXA Indonesia (AXA Group) menyatakan generasi milenial (penduduk Indonesia…

The Fed akan Naikkan Bunga Bertahap

      NERACA   Jakarta - Bank Sentral Amerika Serikat (AS) akan terus menaikkan suku bunga secara bertahap. Hal…