CIMB Niaga Genjot Bisnis Bancassurance

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk terus menggenjot bisnis perbankan asuransi (bancassurance) seiring potensi pasar yang masih terbuka lebar di Indonesia. Hingga akhir September 2012, bisnis bancassurance berhasil mencatat peningkatan fee based income dan jumlah polis baru asuransi jiwa, masing-masing sebesar 43% dan 20%, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Akhiz Nasution, Head of Insurance Business CIMB Niaga mengungkapkan, saat ini terus terjadi peningkatan kerjasama antara industri asuransi jiwa dengan sektor perbankan dalam memasarkan produk asuransi (bancassurance).

Dari opini yang berkembang saat ini, lanjut Akhiz, bisnis bancassurance cenderung lebih stabil. Selain itu, bancassurance mempunyai keuntungan, yaitu layanan one stop service yang memungkinkan nasabah memperoleh pelayanan produk ataupun jasa perbankan dan asuransi di satu tempat di seluruh cabang bank.

“Hal itu yang menjadi faktor pendorong pesatnya bisnis bancasssurance saat ini, selain dukungan tren pasar yang cenderung positif, kesadaran akan pentingnya asuransi serta daya beli masyarakat yang relatif meningkat,” kata Akhiz di Jakarta, Kamis (29/11).

Data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang dipublikasikan pada 28 September 2012, menunjukkan kerjasama antara industri asuransi jiwa dengan sektor perbankan, berpengaruh pada besaran distribusi premi.

Di kuartal II-2012, dari total pendapatan premi sebesar Rp49,65 triliun, kontribusi bancassurance mencapai Rp20,1 triliun, lebih tinggi dibandingkan dengan kontribusi yang berasal dari premi agency yang mencapai Rp19,5 triliun. Sementara, sisanya berasal dari jalur telemarketing sebesar Rp1 triliun, dan jalur distribusi lainnya sebesar Rp9 triliun.

Menurut Akhiz, sebagai upaya memenuhi kebutuhan nasabah di tahun 2012, selain produk Regular Premium Unit Link, CIMB Niaga telah mengembangkan beragam produk bekerjasama dengan mitra asuransi ternama. Antara lain, produk unit link, X-Tra Premier Investa, dan produk asuransi umum, X-Tra Shield, yang ditawarkan melalui jalur distribusi kantor cabang.

Selain itu, ada juga produk asuransi kesehatan X-Tra Care yang ditawarkan melalui jalur distribusi telemarketing, dan satu produk asuransi jiwa (termasuk kecelakaan) yang ditawarkan melalui jalur distribusi Personal Loan. Keanekaragaman produk bancassurance ini semakin melengkapi produk perbankan yang dimiliki CIMB Niaga. [rin]

BERITA TERKAIT

Optimalkan Tiga Lini Bisnis Baru - Mitra Investindo Siapkan Capex US$ 3 Juta

NERACA Jakarta – Menjaga keberlangsungan usaha pasca bisnis utama terhenti pada akhir tahun lalu, PT Mitra Investindo Tbk (MITI) bakal…

Bukukan Laba Bersih Naik 16,9% - Bank CIMB Niaga Tebar Dividen Rp 696,5 Miliar

NERACA Jakarta – Sukses mencatatkan performance kinerja keuangan yang positif sepanjang tahun 2018, membawa berkah tersendiri bagi pemegang saham PT…

CIMB NIAGA BAGIKAN DIVIDEN

Presiden Komisaris CIMB Niaga Tengku Dato Sri Zafrul Tengku Abdul Aziz (kiri) berbincang dengan Komisaris Independen CIMB Niaga Sri Widowati…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Pemerintah Harusnya Turun Tangan Bikin Bank Syariah

  NERACA   Jakarta – Indonesia yang merupakan penduduk muslim terbesar di dunia mestinya menjadi kiblat ekonomi syariah dunia. Nyatanya…

OJK Komitmen Dukung Pembiayaan Berkelanjutan

    NERACA   Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berkomitmen untuk menjalankan program pengembangan pembiayaan berkelanjutan untuk mendorong kinerja…

BCA Dinobatkan The World's Best Banks 2019

      NERACA   Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dinobatkan sebagai The World’s Best Banks 2019…