free hit counter

Prestasi Pasar Modal Gambarkan Perekonomian Negara

Jumat, 30/11/2012

NERACA

Manado – Industri pasar modal alam negeri dituntut untuk meningkatkan daya saing dengan negara tetangga. Pasalnya, baik buruknya industri pasar modal menjadi cerminan suatu negara.

Analis PT BNI Securities, Akhmad Nurcahyadi mengatakan, pasar modal sangat penting bagi suatu negara karena menjadi cerminan suatu negara, “Kehadiran pasar saham merupakan cerminan suatu negara terlihat dari outlook ekonomi yang menggambarkan seberapa besar tingkat pertumbuhannya," katanya di Manado kemarin.

Menurutnya, alasan pasar modal menjadi cerminan suatu negara lantaran berbagai emiten besar dari seluruh dunia hadir di tempat itu, “Para emiten besar dan emiten lainnya nantinya juga memanfaatkan pasar modal sebagai ajang berkomunikasi karena itu peran pasar modal begitu signifikan bagi suatu negara,"ungkapnya.

Dia menilai, industri pasar modal dalam negeri tahun depan masih sangat baik. Pasalnya, Indonesia memiliki year to date(YTD) return yang menarik pada periode Januari hingga November 2012 sebesar 12,5%. Kendati bursa saham Indonesia sudah tidak murah lagi, tetapi bila dibandingkan dengan bursa regional masih dalam taraf belum terlalu mahal.Next