Promosikan Industri Pasar Modal, BEI Gelar Investor Summit

NERACA

Jakarta – Dalam rangka meningkatkan jumlah investor pasar modal, Otoritas pasar modal dan Self Regulatory Organization (SRO) kembali bakal menyelenggarakan Investor Summit pada 28 Oktober 2012. Nantinya, event tahunan ini akan diikuti 24 emiten.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Ito Warsito mengatakan, investor summit diharapkan dapat memantapkan posisi dan peran pasar modal di tengah masyarakat Indonesia untuk mendorong perekonomian Indonesia, “BEI menargetkan 1.500 peserta untuk Jakarta,dan 500 peserta untuk Surabaya dengan sasaran investor ritel, domestik, akademisi, profesional, eksekutif dan umum,”katanya di Jakarta, Senin (26/11).

Dirinya mengungkapkan, saat ini jumlah investor saham di pasar modal Indonesia baru sekitar 400 ribu rekening dengan jumlah total keseluruhan investor di pasar modal Indonesia baik di saham, obligasi, reksa dana dan pemegang saham berbentuk warkat sebanyak 1,2 juta rekening.

Kedepannya, otoritas Bursa Efek Indonesia akan terus meningkatkan jumlah investor di pasar modal Indonesia. Kata Ito, jumlah investor saham saat ini memang masih terbilang minim jika dibandingkan dengan jumlah masyarakat Indonesia sekitar 230 juta investor.

Meski demikian, lanjutnya, jumlah investor saat ini sudah bertambah signifikan dibandingkan tiga tahun lalu yang baru sebanyakr 160 ribu investor, “Ke depannya yang menjadi perhatian kami adalah meningkatkan jumlah investor saham karena investor yang lain lebih bersifat pasif. Untuk investor pemula mungkin diajarkan bagaimana cara berinvestasi mulai dari produk 'fixed income' juga ke reksadana sebelum secara natural beralih ke investor saham," ungkapnya.

Kata Ito, event tahunan investor summit juga dimaksudkan untuk terus menggalakkan kegiatan investasi di pasar modal sehingga kegiatan investasi dapat menjadi sebuah budaya yang berakar di masyarakat.

Nantinya, dalam penyelenggaraan investor summit 2012 ini juga diharapkan dapat menjadi sarana bagi investor untuk bertatap muka dan bertanya langsung kepada manajemen emiten mengenai prospek perusahaan ke depan. Penyelenggaraan acara ini juga akan diluncurkan program Gemilang Investasi Bursa, yaitu suatu program undian berharga bagi investor perorangan dan sales yang ada di anggota bursa BEI.

Sementara untuk investor summit di Surabaya, nantinya akan diikuti sebanyak 12 emiten untuk memaparkan pencapaian kinerja perusahaan tersebut kepada masyarakat.

Kepala Bursa Efek Indonesia Surabaya, Nur Harjantie, mengatakan seluruh emiten tersebut akan hadir untuk mempertemukan masing-masing manajemen perusahaan dengan para pemegang saham mereka, “Belasan emiten itu di antaranya Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk, PT Salim Ivomas Tbk, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, PT Pakuwon Jatim Tbk, dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk," ujarnya. Selanjutnya akan diteruskan emiten PT Indomobil Sukses International Tbk, PT Surya Semesta Internusa Tbk, PT Martina Berto Tbk, dan PT MNC Sky Vison Tbk. Lalu ada PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Gozco Plantation Tbk, dan PT Medco Energi International Tbk. (bani)

BERITA TERKAIT

Debut Perdana di Pasar Modal - IPO Nusantara Properti Oversubscribed

NERACA Jakarta – Pada perdagangan Jum’at (18/1), saham perdana PT Nusantara Properti Internasional Tbk (NATO) akan resmi dicatatkan di Bursa…

E-Bookbuilding Rampung Tengah Tahun - Peran BEI Masih Menunggu Arahan OJK

NERACA Jakarta – Mendorong percepatan modernisasi pelayanan pasar modal di era digital saat ini, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama…

Pendidikan Vokasi Industri Wilayah Sulawesi Diluncurkan

NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian kembali meluncurkan program pendidikan vokasi yang link and match antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Tiga Anak Usaha BUMN Bakal IPO di 2019

Menyadari masih sedikitnya perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang go public atau tercatat di pasar modal, mendorong Kementerian Badan…

Impack Pratama Beri Pinjaman Anak Usaha

Dukung pengembangan bisnis anak usaha, PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) melakukan perjanjian hutang piutang dengan anak usahanya PT Impack…

Layani Pasien BPJS Kesehatan - Siloam Tambah Tujuh Rumah Sakit Baru

NERACA Jakarta – Tidak hanya sekedar mencari bisnis semata di industri health care, PT Siloam International Hospital Tbk (SILO) terus…