Akhir Tahun, SMF Terbitkan Obligasi Rp 750 Miliar

PT Sarana Multigriya Finansial (SMF Persero) bakal menerbitkan obligasi sebesar Rp750 miliar dari total obligasi berkelanjutan sebesar Rp5 triliun, “Rencana penerbitan obligasi sedang dalam proses, diharapkan Desember nanti dapat selesai," kata Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto di Bogor kemarin.

Dia menuturkan, penerbitan obligasi senilai Rp750 miliar tersebut merupakan bagian dari penerbitan obligasi tahap kedua sebesar Rp5 triliun. Dimana penerbitan ini merupakan tahap pertama sehingga masih ada Rp4,25 triliun yang akan menyusul.

Untuk aksi korporasi ini, SMF telah menunjuk PT CIMB Niaga Securities dan PT Danareksa Securities sebagai penjamin emisi (underwriter). Dana obligasi untuk membiayai lembaga penyalur kredit pemilikan rumah (KPR).

BUMN pembiayaan sekunder perumahan itu pada kuartal III-2012 telah menerbitkan obligasi dan medium term note (MTN) sebesar Rp2,61 triliun atau naik 84,95% dibanding periode yang sama 2011.

Mengacu Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2012 yang menetapkan penerbitan obligasi dan MTN sebesar Rp3,45 triliun, maka realisasi akhir September 2012 mencapai 75,72%.

Mengenai program sekuritisasi atas tagihan KPR, Raharjo menjelaskan, perseroan optimis bisa mencapai target Rp1 triliun di 2012 atau meningkat 42 persen dibanding 2011 sebesar Rp703 miliar, “Kami sedang melakukan sekuritisasi tagihan KPR tahap V di Bank Tabungan Negara (BTN) dan diharapkan target Rp1 triliun dapat lengkap hingga akhir tahun,"paparnya.

Raharjo juga mengungkapkan, prospek pasar properti di Indonesia termasuk rumah sederhana masih terus berkembang,”Ratio KPR terhadap produk domestik bruto (PDB) kita masih 2,7 persen dibanding dengan Malaysia dan Thailand yang sudah di atas 20%,"ungkapnya.

Penyaluran KPR di Indonesia masih didominasi perbankan (99%), sementara oleh perusahaan pembiayaan baru satu persen. (novi)

BERITA TERKAIT

Pemerintah Terbitkan Sukuk US$ 2 miliar

      NERACA   Jakarta - Pemerintah menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau sukuk wakalah global senilai dua…

IHSG Akhir Pekan Lanjutkan Penguatan

NERACA Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (14/2) ditutup menguat sebesar 0,9 poin atau 0,01% menjadi…

Optimisme di Tahun Politik - Mandiri Investasi Bidik AUM Tumbuh 10%

NERACA Jakarta – Di tengah khawatiran pasar global soal perang dagang antara Amerika dan China bakal berdampak terhadap negara berkembang,…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Laba Adira Finance Terkoreksi 28,81%

Sepanjang tahun 2018 kemarin, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) mencatatkan laba bersih Rp1,815 triliun atau turun 28,81% dibanding periode…

Optimisme Ekonomi Tumbuh Positif - Pendapatan Emiten Diperkirakan Tumbuh 9%

NERACA Jakarta – Mempertimbangkan keyakinan masih positifnya pertumbuhan ekonomi dalam negeri menjadi alasan bagi BNP Paribas IP bila pasar saham…

MNC Sekuritas Kantungi Mandat Tiga IPO

Keyakinan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bila tahun politik tidak mempengaruhi minat perusahaan untuk go publik, dirasakan betul oleh PT…