Menyiapkan Peralatan Perawat Mobil di Rumah

Banyak para pemilik mobil merasa sayang untuk menyerahkan mobilnya ke salon mobil. Sebab, selain tak bersih, pengerjaannya selalu buru-buru karena mobil lain sudah menunggu. Perawatan mobil cukup banyak jenisnya. Sekadar mencuci , mengkilapkan bodi, membersihkan kolom mesin, menyemir ban, hingga membersihkan ruang dalam.

Kalau ada sopir, dialah yang melakukan pekerjaan tersebut. Sekadar membersihkan bodi luar dan dalam, yang diperlukan sekurangnya dua alat, yaitu steem dan vacuum cleaner. Keduanya diperlukan untuk mencuci body luar dan menghisap debu dan kotoran yang ada. Biasanya remah-remah makanan, bungkus makanan, juga bercak minuman.

Perkakas lainnya adalah sampo, sikat, ember, kanebo, cairan khusus pembersih body, daspor, mesin dan velg. Peralatan dan perlengkapan itu disimpan dalam almari khusus atau rak di dalam garasi. Bisa jadi rak-rak itu menempel di tembok pinggir carport. Sebaiknya rak dalam keadaan tertutup untuk menghindari tangan jail atau agar perkakas itu tidak berceceran di banyak tempat.

Steem dan Vacum

Sejumlah orang bengkel menyarankan beberapa hal. Cucilah mobil saat mesin dalam keadaan dingin dan hindari terik matahari, kecuali di tempat yang memang terlindung. Jika terkena terik matahari, dikhawatirkan muncul bercak air yang membekas di permukaan mobil. Lama-kelamaan, bercak air itu akan menjadi jamur.

Untuk mencuci, yang harus dipersiapkan adalah alat steem, ember, sampo mobil, busa atau spon untuk ban, serta kanebo. Lap kulit juga bagus. Untuk dasbor, perlu cairan pengilap. Cairan semir untuk mengkilapkan ban.

Jangan lupa membersihkan bagian bawah atau dalam bemper, dek, spakbor, maupun velg. Sebab, bagian itu sangat sering menyimpan kotoran dan lumpur jalanan. Jangan lupa mengeluarkan empat alas kaki, karena bagian itu paling banyak menerima kotoran sepatu atau sandal. Jika musim hujan, ada baiknya, di atas pijakan kaki kita beri kertas atau koran bekas yang besarnya seluas alas kaki untuk menjaga alas kaki tetap bersih. Mengapa koran atau kertas, karena bisa menyerap lumpur di sepatu.

Untuk membersihkannya menggunakan semprotan iar bertekanan tinggi agar kotoran cepat mengelupas. Khusus alas kaki, perlu dibantu dengan sikat plastik jika kotoran tak kunjung hilang.

Setelah itu baru mulai membersihkan bagian atas, mulai dari atap. Biarkan guyuran air membasahi seluruh body. Ember diperlukan untuk membuat busa sampo. Jika menggunakan stem, sudah ada tabung khusus untuk menyemprotkan sampo ke seluruh bagian. Pembilasan dilakukan dua kali agar busa dari sampo benar-benar bersih. Setelah itu dilap dengan kanebo atau lap kulit yang halus. Terkadang kotoran burung di body dan kaca tak bersih hanya dengan sampo dan sempotan. Ada cairan khusus yang dapat dipakai untuk membersihkannya agar di bekas kotoran itu tak meninggalkan goresan.

Pembersihan tahap kedua adalah di bagian interior dalam. Vacum cleaner banyak berperan di sana, terutama untuk menyedot debu baik di setiap jok, maupun kolong. Yang terakhir adalah kolom mesin. Ada cairan khusus untuk membersihkan bagian mesin. Saat membersihkan klom mesin, sekalian cek air aki, air radiator. (saksono)

BERITA TERKAIT

OUE Lippo Healthcare Bangun Rumah Sakit Internasional di Shenzhen

OUE Lippo Healthcare Bangun Rumah Sakit Internasional di Shenzhen NERACA  Jakarta - Grup Lippo terus melebarkan ekspansi usaha. Tak lama…

Pangkas Aset KPR Tidak Produktif - BTN Lelang 986 Unit Rumah Senilai Rp 216 Miliar

NERACA Bogor - Sebagai salah satu upaya perseroan untuk memperbaiki kualitas kredit, Bank BTN melaunching produk baru yang dibandrol nama…

Petani Depok Butuh Peralatan Pertanian

Petani Depok Butuh Peralatan Pertanian NERACA Depok - Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Depok, Rudi Murodi menyatakan para…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Pilpres 2019, Pasar Properti Nasional Diprediksi Tetap Stabil

Pilpres 2019, Pasar Properti Nasional Diprediksi Tetap Stabil NERACA Jakarta - Pasar properti nasional pada tahun 2019 mendatang diprediksi bakal…

Rusun Berbasis TOD Bantu Warga Komuter Perkotaan

Rusun Berbasis TOD Bantu Warga Komuter Perkotaan NERACA Jakarta - Rumah susun (Rusun) berbasis "Transit Oriented Development" (TOD) atau yang…

Rumah Subsidi Tidak Goyah Diterpa Badai Ekonomi

Rumah Subsidi Tidak Goyah Diterpa Badai Ekonomi NERACA Jakarta - Ketua Umum DPP Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan (Himperra) Endang…