Akuisisi Tol Bakrie, Grup MNC Cari Mitra Strategis

NERACA

Jakarta – Keseriusan Hary Tanoesoedibjo berbisnis jalan tol dibuktikan dengan menunjuk PT Bhakti Investama Tbk (BHIT) untuk membeli seluruh ruas tol milik Grup Bakrie. Nantinya, dalam aksi korporasi tersebut anak usaha Grup MNC itu menggandeng mitra strategis.

Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (21/11). Kata Direktur BHIT Darma Putra, perseroan melalui salah satu anak usahanya yang bekerja sama dengan pihak ketiga sedang dalam tahap negosiasi untuk mengakuisisi kepemilikan atas ruas tol milik PT Bakrie Toll Road.

Sayangnya, perseroan tidak menyebutkan identitas mitranya tersebut. Alasannya, rencana akuisisi tersebut belum terealisasi dan perlu dilaporkan secara tertulis. Jalan tol yang dibeli tersebut antara lain tol Kanci-Pejagan (telah beroperasi), ataupun Pejagan-Pemalang, Pasuruan-Probolinggo, Batang-Semarang, Cimanggis-Cibitung, serta Ciawi-Sukabumi.

Khusus pada ruas tol Ciawi-Sukabumi, grup MNC makin bersemangat karena terjadi transaksi tambahan. Yakni pengalihan lahan 1.000 ha di Lido yang sebelumnya akan dibangun taman bermain (theme park) oleh Bakrie.

Sebagai informasi, rencana PT Bhakti Investama Tbk mengakuisisi bisnis tol Bakrie menelan mencapai Rp 5 triliun. Nantinyam perseroan menyerahkan urusan teknis pengelolaan jalan tol hasil pembelian dari PT Bakrieland Development Tbk (ELTY), kepada salah satu anak usahanya PT Indonesia Air Transport Tbk (IATA). Khusus pada ruas tol Ciawi-Sukabumi, grup MNC makin bersemangat karena terjadi transaksi tambahan. Yakni pengalihan lahan 1.000 ha di Lido yang sebelumnya akan dibangun taman bermain (theme park) oleh Bakrie.

Asal tahu saja, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) juga berniat mengakuisisi bisnis tol Bakrie dan rencana ini telah dibicarakan perseroan dengan Bakrieland sejak Oktober lalu dan untuk mengakuisisi salah satu ruas tol milik Bakrieland, yakni ruas Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 kilometer.

Namun sayangnya, rencana ini sudah lebih awal direbut oleh MNC Grup yang juga bakal mengakuisisi bisnis Bakrie Tol Road baik yang beroperasi dan belum beroperasi, salah satunya ruas tol incaran Jasa Marga Ciawi-Sukabumi.

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman pernah bilang, dirinya legowo saat tol incarannya diambil grup MNC pimpinan Hary Tanoesoedibjo, “Ya memang kita incar, tapi beritanya diambil MNC,"ujarnya. (bani)

BERITA TERKAIT

Tol Trans Jawa Diklaim Dapat Tingkatkan Daya Saing Ekonomi

    NERACA   Jakarta - Ketersambungan ruas tol Trans Jawa yang akan terealisasi pada 2019 dinilai berdampak positif bagi…

PP Properti Kuras Dana Rp 40,83 Miliar - Akuisisi Grahaprima Realtindo

NERACA Jakarta – Dalam rangka pengembangan bisnis, PT PP Properti Tbk (PPRO) pada tanggal 2 November 2018 melakukan pengambilalihan 100%…

MDKA Akuisisi 68,93% Saham Pani Jaya - Investasikan Dana Rp 864,1 Miliar

NERACA Jakarta –Genjot produksi tambang emas, PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) membeli 68,93% saham PT Pani Bersama Jaya (PBJ)…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Investor Pasar Modal di Kalsel Capai 22,26%

Direktur Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 9 Kalimantan, M Nurdin Subandi mengatakan, jumlah investor pasar modal di Kalimantan Selatan…

BEI Catatkan Rekor Baru Emiten Terbanyak

NERACA Jakarta – Tahun 2018 menjadi catatan sejarah bagi PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Pasalnya, sepanjang tahun ini ada 50…

Pendapatan Toba Bara Tumbuh 43,95%

Di kuartal tiga 2018, PT Toba Bara Sejahtra Tbk (TOBA) membukukan pendapatan sebesar US$ 304,10 juta, naik 43,95% dari periode…