Akuisisi Tol Bakrie, Grup MNC Cari Mitra Strategis

NERACA

Jakarta – Keseriusan Hary Tanoesoedibjo berbisnis jalan tol dibuktikan dengan menunjuk PT Bhakti Investama Tbk (BHIT) untuk membeli seluruh ruas tol milik Grup Bakrie. Nantinya, dalam aksi korporasi tersebut anak usaha Grup MNC itu menggandeng mitra strategis.

Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (21/11). Kata Direktur BHIT Darma Putra, perseroan melalui salah satu anak usahanya yang bekerja sama dengan pihak ketiga sedang dalam tahap negosiasi untuk mengakuisisi kepemilikan atas ruas tol milik PT Bakrie Toll Road.

Sayangnya, perseroan tidak menyebutkan identitas mitranya tersebut. Alasannya, rencana akuisisi tersebut belum terealisasi dan perlu dilaporkan secara tertulis. Jalan tol yang dibeli tersebut antara lain tol Kanci-Pejagan (telah beroperasi), ataupun Pejagan-Pemalang, Pasuruan-Probolinggo, Batang-Semarang, Cimanggis-Cibitung, serta Ciawi-Sukabumi.

Khusus pada ruas tol Ciawi-Sukabumi, grup MNC makin bersemangat karena terjadi transaksi tambahan. Yakni pengalihan lahan 1.000 ha di Lido yang sebelumnya akan dibangun taman bermain (theme park) oleh Bakrie.

Sebagai informasi, rencana PT Bhakti Investama Tbk mengakuisisi bisnis tol Bakrie menelan mencapai Rp 5 triliun. Nantinyam perseroan menyerahkan urusan teknis pengelolaan jalan tol hasil pembelian dari PT Bakrieland Development Tbk (ELTY), kepada salah satu anak usahanya PT Indonesia Air Transport Tbk (IATA). Khusus pada ruas tol Ciawi-Sukabumi, grup MNC makin bersemangat karena terjadi transaksi tambahan. Yakni pengalihan lahan 1.000 ha di Lido yang sebelumnya akan dibangun taman bermain (theme park) oleh Bakrie.

Asal tahu saja, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) juga berniat mengakuisisi bisnis tol Bakrie dan rencana ini telah dibicarakan perseroan dengan Bakrieland sejak Oktober lalu dan untuk mengakuisisi salah satu ruas tol milik Bakrieland, yakni ruas Ciawi-Sukabumi sepanjang 54 kilometer.

Namun sayangnya, rencana ini sudah lebih awal direbut oleh MNC Grup yang juga bakal mengakuisisi bisnis Bakrie Tol Road baik yang beroperasi dan belum beroperasi, salah satunya ruas tol incaran Jasa Marga Ciawi-Sukabumi.

Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman pernah bilang, dirinya legowo saat tol incarannya diambil grup MNC pimpinan Hary Tanoesoedibjo, “Ya memang kita incar, tapi beritanya diambil MNC,"ujarnya. (bani)

BERITA TERKAIT

Enam Mitra LPDB Dapat Penghargaan Koperasi Berprestasi

Enam Mitra LPDB Dapat Penghargaan Koperasi Berprestasi NERACA Tangerang - Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)…

Macet di Jalan Tol JORR

Kondisi di jalan Tol JORR di persimpangan dengan tol Jakarta-Cikampek selalu macet. Penyebab adalah kendaraan yang mau ke arah cikampek…

Pemprov DKI : 6 Proyek Tol Diambil Pemerintah Pusat

    NERACA  Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan enam proyek tol dalam kota telah diambil alih oleh…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Rencana Perubahan Lot Saham - APEI: Perlu Ada Kesiapan Anggota Bursa

NERACA Jakarta – Rencana direktur utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Inarno Djajadi bersama tim menurunkan jumlah satu lot jadi…

Pacu Nilai Tambah di Sektor Hilir - MGRO Bangun Pabrik Senilai Rp 330 Miliar

NERACA Jakarta – Mengantungi dana segar dari IPO, PT Mahkota Group Tbk (MGRO) akan berinvetasi sebesar Rp 330 miliar membangun…

Kembangkan Ekspansi Bisnis - NFC Indonesia Buka Peluang Untuk Akuisisi

NERACA Jakarta – Debut perdana di pasar modal, harga saham PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) langsung dibuka menguat 49,73% pada…