Belum Alami Kejenuhan - Industri Kecantikan Indonesia Terus Berkembang

Di tengah carut marutnya ekonomi dunia belakangan ini, tentu membuat orang lebih bijak dalam membelanjakan uangnya. Namun, tidak demikian untuk urusan kecantikan, walaupun kondisi dunia seperti itu, klinik kecantikan tetap begitu diminati.

Semua itu, didasari keinginan para wanita di dunia yang ingin tampil cantik dan sempurna, dan demi mewujudkannya mereka rela untuk membelanjakan uang demi membeli produk kecantikan ataupun melakukan perawatan yang harganya tak murah. Maklum, keinginan tampil cantik dan terawat merupakan kebutuhan yang lahiriah seorang wanita.

Bahkan, perkembangan zaman yang ada tak lagi berkata demikian, karena kini para pria juga seakan tak mau ketinggalan tampil rapih dan memesona. Dengan demikian, kepercayaan diri mereka turut membuncah karenanya.

Kenyataan inilah yang mendorong berbagai perusahaan yang bergerak di bidang beauty and personal care untuk terus berinovasi menciptakan produk berkualitas yang dicari konsumen untuk dapat memenangkan pasar.

Beberapa tahun terakhir ini saja, di Indonesia semakin marak munculnya beragam merek produk kecantikan, terutama produk perawatan kulit, produk perawatan tubuh (body care) dan produk body spa. Sebut saja produk-produk keluaran Mustika Ratu dan Sari Ayu Martha Tilaar sebagai brand lokal, mereka selalu berinovasi untuk terus memanjakan konsumennya.

Sementara itu, tren industri kecantikan tak hanya berkembang pesat di Indonesia tetapi menyeluruh ke berbagai belahan dunia. Apalagi, dewasa ini Indonesia merupakan salah satu penyumbang kekuatan perekonomian di Asia. Industri kecantikan di Indonesia sangatlah luas dan menjanjikan, dengan pertumbuhan pangsa pasar yang juga begitu mentereng.

Kini, di Indonesia, jumlah usaha kecantikan sudah mencapai ratusan ribu. Jenis usaha ini pun makin beragam. Bukan hanya salon kecantikan dan pasar produk perawatan kulit, tetapi juga spa serta perawatan tubuh lainnya. Makanya, banyak pihak memprediksi bisnis kecantikan ini akan mengalami pertumbuhan yang stabil.

Selain itu, belakangan ini banyak bermuculan tren baru mengenai produk perawatan kulit maupun spa yang menawarkan perawatan lebih baik. Tak heran kondisi ini semakin membuat cerah industri kecantikan di Indonesia.

Akibatnya, ya seperti itu pertumbuhan industri kecantikan begitu pesat. Namun, dibalik pertumbuhan pesatnya. Ternyata terdapat sisi negatifnya. Seperti banyak klinik yang beroperasi sebetulnya tidak memiliki izin usaha sebagaimana mestinya, ujung-ujungnya malah itu akan memberikan kerugian pada pengguna sebuah jasa kecantikan.

Tak heran jika banyak pengguna jasa kecantikan yang justru mengeluhkan akan jasa yang didapatnyan dari suatu klinik kecantikan. Untuk itu, pemerintah sebaiknya juga tak tinggal diam menyaksikan banyaknya penyedia jasa kecantikan yang bertaburan. Itu semua semata untuk melindungi konsumen atas aksi “nakal” salon atau klinik kecantikan.

Ya, pemerintah memang sudah sepantasnya berlaku seperti itu. Mereka harus lebih ketat lagi mengawasi salon atau knilik kecantikan yang beroperasi. Nah, kalau sudah demikian, pertumbuhan industri kecantikan ini tak akan merugikan pekanggan salon atau klinik kecantikan.  

BERITA TERKAIT

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Data Analitik Strategi Bisnis Skala Kecil Pacu Penjualan

Berdasarkan studi Georgia Small Business Development Center (SBDC) mengungkapkan bisnis yang memanfaatkan analisis data, rata-rata mengalami peningkatan penjualan sebesar 15%…

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…