Pilihlah Perawatan yang Tepat - Antara Salon dan Klinik Kecantikan

Sore itu, Nita tengah bersiap mengunjungi klinik kecantikan langganannya di salah satu mal besar di bilangan Permata Hijau Jakarta Selatan. Setibanya di mal, dia bertemu dengan teman semasa kuliah dulu, Vina. Keduanya pun segera larut dalam percakapan seru, maklum saja keduanya sudah lama tak bertemu.

Di tengah percakapan, Vina berujar, “Kamu makin cantik aja ya Nit. Pasti sering ke salon kecantikan yak,“ ujar dia pada Nita. Mendapat sanjungan, Nita lantas membalasnya, “Ah, kamu bisa saja. Sebenarnya aku tidak rajin ke salon kecantikan, tetapi ke klinik kecantikan,” jelas Nita.

Mendapat jawaban seperti itu, lantas membuat Vina keheranan, maklum saja, menurutnya tidak ada perbedaan antara salon kecantikan dan klinik kecantikan. Maklum, yang terlihat dari luar nampak tak ada perbedaan berarti antara keduanya. “Memang beda ya salon kecantikan dengan klinik kecantikan?“ tanya Vina.

Dengan tersenyum Vina pun menjawab pertanyaan kawan lamanya itu, menurut Vina terdapat perbedaan mendasar antara salon dan klinik kecantikan. “Salon kecantikan itu biasanya lebih ke perawatan rambut dan luluran. Sementara, klinik kecantikan lebih lengkap pelayannya dan biasanya untuk perawatan yang terspesialisasi,” jawab Vina

Kemudian, Vina pun mengajak kawannya itu untuk ikut bersamanya merasakan perbedaan perawatan yang diberikan di klinik kecantikan. “Ayo, ikut ke klinik kecantikan langgananku di mal ini. kebetulan aku mau melakukan perawatan hari ini, nanti kamu bisa tahu perbedaannya,” ujar Nita.

Akhirnya, atas saran Nita, Vina pun berencana mencoba melakukan perawatan di klinik kecantikan agar mendapatkan kulit yang sehat dan berseri. Kemudian, dua sahabat itu akhirnya memutuskan menuju klinik kecantikan langganan Vina.

Nampaknya, itu semua memang simpel. Tetapi pada kenyataannya memang seperti itu, banyak orang yang belum bisa membedakan antara salon kecantikan dengan klinik kecantikan. Seperti dilansir Yahoo.com, Yvi Brooke, pakar kecantikan dari Victoria’s Beuty Center, Connecticut, Amerika Serikat menyatakan perbedaan antara salon kecantikan dengan klinik kecantikan.

Klinik kecantikaan hadir karena adanya tuntutan konsumen akan pelayanan kecantikan yang terspesialisai, ditunjang dengan peralatan perawatan yang lebih modern, plus adanya konsultan atau dokter kecantikan.

Nah, di Indonesia sendiri, trend klinik kecantikan mulai terasa di berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan serta beberapa kota lainnya. Jakarta sendiri, tentunya menjadi barometer pertumbuhan industri penyedia layanan jasa kecantikan. Dalam empat tahun belakangan ini beberapa gerai klinik kecantikan baru mulai menjamur di Ibukota Indonesia.

Perawatan yang ditawarkan pun bermacam-macam jenisnya, mulai dariperawatan kulit wajah hingga ke perawatan tubuh lainnya. Menariknya lagi para penyedia bisnis ini mencoba menarik pelanggan sebanyak mungkin dengan memberikan paket-paket perawatan hemat. Benar saja, itu terbukti menjadi strategi ampuh para pengusaha klinik kecantikan. Buktinya, banyak pelanggan yang tertarik dengan paket yang ditawarkan.

Sementara itu, para pemain di bidang usaha ini mulai banyak menawarkan brand lokal hingga brand internasional dengan sistem franchise. Akibatnya, bisnis ini terus berkembang dengan pesat. Tengok saja kawasan Jakarta. Di beberapa pemukiman elitnya kini banyak terdapat klinik kecantikan dengan segala paket menarik yang ditawarkan.

Memang, seiring dengan tuntutan gaya hidup dan kebutuhan perawatan kecantikan, klinik kecantikan menjadi bisnis yang menjanjikan, karena memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan. “Bisnis ini sangat menguntungkan, apalagi bisnis ini baru tumbuh. Terlebih untuk daerah Jakarta, dimana masyarakatnya merupakan kalangan menengah atas, segmen yang cocok untuk disasar oleh bisnis ini,” jelas Maureen salah seorang pemilik klinik kecantikan.

BERITA TERKAIT

Diversifikasi Pasar Ekspor untuk RI yang Sejahtera

  Oleh: Nurul Karuniawati, Peneliti Universitas Udayana               Setiap peluang perdagangan akan menentukan pertumbuhan ekonomi sebuah bangsa. Karena itu,…

Berikan Payung Hukum Khusus - Pemerintah Kritik Unicorn Yang Belum IPO

NERACA Jakarta – Desakan pemerintah lewat Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara agar empat perusahaan starup…

Wakil Ketua MPR - Perpecahan dan Korupsi Tantangan Terbesar Bangsa

Mahyudin Wakil Ketua MPR Perpecahan dan Korupsi Tantangan Terbesar Bangsa Palangkaraya - Wakil Ketua MPR Mahyudin mengatakan isu perpecahan dan…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…

Sruput Dinginnya Usaha Minuman Bubble

Meski tidak seheboh dulu minuman bubble . Tapi usaha ini masih menyimpan potensi. Pemain baru usaha ini juga masih muncul…

Jajaki Gurihnya Usaha Jajan Martabak

Jajanan Martabak merupakan salah satu kudapan yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Disajikan dengan berbagai varian rasa, martabak tak…